Car Free Day atau yang biasa disingkat CFD ini merupakan kegiatan rutin setiap hari minggu pagi yang dilaksanakan beberapa jam saja. Sekitar pukul 6 hingga 10 pagi sesuai ketentuan waktu setiap daerah masing-masing. kegiatan ini biasanya dilaksanakan di alun-alun kota atau taman kota atau jalan raya yang menjadi pusat kota. Biasanya lalu lintas akan ditutup sementara untuk pengadaan CFD ini.

Fungsinya CFD adalah fasilitas yang diberikan untuk masyarakat yang ingin berolahraga dan bersantai pagi di bebrapa tempat tertentu, maka dari itu lalu lintas ditutup sementara untuk kenyamanan masyarakat.

Nah, tentu bagi kamu orang yang super sibuk atau yang biasa saja, hehehehe. Kamu perlu tau nih kalau ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat CFD agar manfaatnya bisa kamu rasakan. Langsung saja, ini dia!

1. Bangun Pagi

Bangun Pagi

Bangun Pagi via https://www.google.co.id

Usahakan untuk bangun pagi. Karena selain menyehatkan, kamu juga bisa mempersiapkan diri lebih awal. Agar kamu semakin siap untuk kegiatan selanjutnya.

Jika kamu bisa bangun pagi lalu berangkat ke CFD lebih awal, kamu bisa merasakan suasana yang lebih tenang. Karena jika sudah agak siangan pasti masyarakat yang berdatangan akan lebih banyak.

2. Berpakaian Nyaman

Advertisement

Saat CFD lebih baik kamu menggunakan pakaian santai saja, bisa juga dengan trening dan kaos atau pakaian khusus olahraga atau pakaian lain yang kamu rasa nyaman.

Tapi, usahakan untuk tidak memakai pakaian yang ribet dan berat, karena disana pasti kamu banyak bergerak dan terkena paparan sinar matahari. Jangan sampai ketidaknyamanan pakaian bisa membuat acara CFD mu berantakan, ya!

3. Sarapan Ringan

Sebelum beraktifitas, sangat disarankan untuk sarapan terlebih dahulu. Tidak perlu makanan yang langsung berat namun, cukup isi perut dengan sereal, beberapa potong roti, dan susu. Hanya untuk mengganjal perut dan menambah semangat kamu. Karena saat tidur tubuh kamu seperti puasa.

Advertisement

Jangan sampai saat kamu berolahraga kamu merasa lemas dan akhirnya sakit.

4. Mantapkan Niat

Mantapkan niat kamu saat CFD. Kamu kesana dengan tujuan apa.
Apakah berolahraga? Apakah bersantai saja? Berkumpul dengan komunitas? Atau berburu belanjaan?

Kembali lagi dari fungsi CFD, yaa!
Setidaknya gunakan waktu mu untuk hal yang bermanfaat. Okay!

5. Bawa Uang Secukupnya

Karena di sana pasti ada banyak penggoda yang menjual berbagai macam barang dan makanan. Lebih baik kamu bawa uang secukupnya saja untuk membeli minuman atau makanan.

Jangan sampai kamu boros dalam pengeluaran di sini.
Bisa-bisa jika kamu membawa uang banyak. Bukannya olahraga malah jajan. Hmm…

6. Manfaatkan Fasilitas yang Ada

Olahraga Ringan

Olahraga Ringan via https://www.google.co.id

Biasanya beberapa tempat di CFD menyediakan fasilitas untuk olahraga. Seperti alat gym yang terbuat dari besi yang simple, dan juga ada alat terapi kaki yang biasanya berbentuk jajaran batu dan masih banyak lagi. Nah, manfaatkan lah itu. Mumpung ada di CFD kamu bisa menggunakannya dengan leluasa dan gratis pula.

7. Jangan Terlalu Siang untuk Pulang

Di beberapa daerah, berakhirnya CFD bisa sampai pukul 11 siang lho. Nah, usahakan untuk pulang lebih awal ya. Kalau bisa jam 10 sudah perjalanan pulang. Karena setelah kamu berolahraga tentu kamu akan merasa lelah, sehingga jika kamu pulang terlalu siang dan terkena panasnya sinar matahari langsung, bisa-bisa kamu dehidrasi. Atau kalau memang kamu masih ingin bersantai, carilah tempat yang teduh. Jadi perhatikan waktu juga, ya!

Nah, itulah 7 tips CFD yang bisa kamu lakukan untuk menikamati akhir pekanmu dengan seru namun tetap bermanfaat. Bagaimana? Kamu pasti sering juga kan ke CFD?

Apakah kamu sudah benar-benar mendapatkan manfaatnya?
Jika belum, kamu bisa mulai mencoba 7 tips diatas agar CFD an makin seru dan rasakan manfaatnya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya