Yang Baik Nggak Cuman Reyhan! 5 Ramuan Detoks Ini Juga Baik untuk Tubuh

Berat bada ideal, tubuh yang langsing masih menjadi cita-cita bagi setiap orang. Akhirnya segala upaya dilakukan demi menurunkan berat badan termasuk memusuhi makanan dan minuman favorit. Bila kamu salah satu orang yang memusuhi makanan favoritmu, kamu salah besar. Bukan salah makanan ataupun minuman favoritmu, pola makan dan gaya hidup yang perlu kembali ditata. Kamu dapat memulainya dengan cara mendetoks tubuh. Detoks artinya upaya kita untuk dapat membersihkan tubuh dari racun yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Salah satu cara mendetoks tubuh adalah dengan mengkonsumi ramuan detoks alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Tak perlu khawatir dengan rasa yang tidak enak seperti pada umumnya. Resep ramuan detoks di bawah ini dijamin enak dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Penasaran? Kuuyy simak resepnya dan jangan lupa praktikkan ya!

Advertisement

1. Honey Lemonade

Honey Lemonade with Apple Cider Vinegar

Honey Lemonade with Apple Cider Vinegar via https://www.freepik.com

Ramuan detoks yang pertama adalah honey lemonade. Walaupun termasuk ramuan detoks, kamu tak perlu khawatir ketika mencoba meminumnya karena ramuan detoks ini memiliki rasa yang enak dan nggak bakal menyiksa. Ini nih bahan-bahan untuk membuatnya :

2 sdm cuka apel (brand bebas)

Advertisement

2 sdm air perasan jeruk lemon

1 sdm madu

Advertisement

1 sdt bubuk kayu manis

1 cup air hangat

2. Lemongrass Tea

Lemongrass Tea

Lemongrass Tea via https://www.freepik.com

Serai biasanya digunakan pada resep-resep makanan dan minuman untuk memberikan aroma khas pada resep tersebut. Namun, tahukah kamu, serai memiliki manfaat anti kanker dan dapat membantu mencegah penyakit diabetes. Nah, ramuan detoks kali ini adalah teh serai yang bisa kamu praktikkin di rumah. Berikut bahan-bahannya:

1 cup air panas/ hangat (digunakan untuk menyeduh teh)

3 batang serai yang sudah digeprek dan diiris

1 buah lemon (ambil airnya saja)

1 kantung teh

2 sdt madu

3. Ginger Tea

Ginger Tea

Ginger Tea via https://www.freepik.com

Di berbagai belahan dunia, jahe memang dikenal sebagai salah satu obat tradisional sejak ribuan tahun lamanya. Mulai dari Negara Cina, Yunani, Roma hingga Arab menjadikan jahe sebagai ramuan kesehatan mereka. Tak hanya berfungsi sebagai penghangat tubuh di kala cuaca dingin seperti sekarang ini. Jahe juga dipercaya memiliki kemampuan dalam penurunan berat badan. Berikut bahan-bahan ramuan detoks ketiga kita :

2 cup air

1 sdm parutan jahe segar

1 sdm madu

1/2 jeruk lemon (ambil airnya saja)

4. Lemon Ginger Tea

Lemon Ginger Turmeric Tea

Lemon Ginger Turmeric Tea via https://www.istockphoto.com

Di Indonesia, kunyit menjadi salah satu bumbu dapur yang wajib dimiliki. Ketika kamu berkunjung ke Rumah Makan Padang, dengan mudah kamu akan menjumpai masakan yang menggunakan kunyit sebagai bumbunya. Di Negara India, kunyit sering digunakan sebagai bahan membuat minuman kesehatan karena manfaatnya dalam menjaga daya tahan tubuh. Berikut ini bahan-bahan untuk membuat ramuan detox Lemon Ginger Turmeric :

2 cup air

1 sdt bubuk kunyit

1 sdt bubuk kayu manis

2 sdt perasan jahe

1 sdt madu

5. Chia Seeds Lemon Water

Chia Seeds Lemon Water

Chia Seeds Lemon Water via https://www.istockphoto.com

Jika resep di atas sudah memberi kehangatan, sekarang giliran yang seger-seger nih. Kali ini kita akan membuat Chia Seeds Lemon Water yaitu perpaduan air lemon, cuka apel dan chia seeds atau biji chia. Untuk kamu pecinta minuman dingin, kamu bisa menikmatinya dengan es batu. Untuk membuat ramuan detoks ini sangat mudah dan cepat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain : 

1 sdm chia seeds

1/2 buah lemon (ambil airnya saja)

1 sdm cuka apel

1 1/2 cup air hangat

es batu secukupnya

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE