Nggak Kalah Karismatik, Begini 7 Sifat Orang Introvert di Kantor

Kamu orang yang kaya gini nggak di kantor?

Ngomongin soal tipe kepribadian, sebenarnya tidak ada hitam maupun putih. Sifat dan perilaku yang ditunjukkan seseorang sangat bergantung pada lingkungan, suasana hati, dan faktor-faktor lainnya. Namun, seseorang memang lebih condong pada spektrum tertentu, apakah ia introvert atau ekstrovert. Sifat orang introvert atau ekstrovert ini ditentukan oleh bagaimana seseorang memperoleh dan mengarahkan energinya.

Orang ekstrovert seringkali digambarkan sebagai sosok yang sangat energik dan punya banyak teman. Sementara, sifat orang introvert cenderung lebih pasif, lebih banyak mendengar, dan berpikir panjang sebelum bertindak. Nah sayangnya, orang introvert sering disalahpahami dalam banyak situasi, terutama di tempat kerja. Banyak yang gagal mengenali dan menghargai karakteristik tersebut.

Padahal sebenarnya, introvert adalah kontributor besar dalam perihal inovasi dan produktivitas. Itu karena, secara umum mereka memiliki keterampilan memecahkan masalah yang baik, juga kemampuan untuk berpikir secara kreatif. Kamu tahu nggak, kalau orang introvert punya kelebihan yang membuat mereka lebih unggul dibandingkan tipe lainnya? Penasaran? Simak 7 sifat orang introvert berikut ini yuk! Dijamin kamu akan terkesima!

Advertisement

1. Selalu mempersiapkan diri dengan baik

Photo by picjumbo.com from Pexels

Photo by picjumbo.com from Pexels via https://www.pexels.com

Orang introvert lebih suka mempersiapkan segala sesuatunya dibandingkan hanya dengan membayangkannya. Itu sebabnya, jangan heran kalau di setiap presentasi mereka selalu tampak lebih siap.

Ini menunjukkan bahwa mereka benar-benar peduli dan serius melakukan pekerjaan. Selain itu, mereka juga lebih ter-organisir karena sudah mengumpulkan fakta-fakta dan ide-ide yang akan disampaikan sehingga bisa mengidentifikasi potensi masalah sekaligus mengusulkan solusinya. Wih, keren kan?

Advertisement

2. Bicara tanpa berpikir? Kayanya bukan sifat orang introvert banget!

Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Photo by Startup Stock Photos from Pexels via https://www.pexels.com

Kalau kebanyakan orang ekstrovert tidak segan memotong pembicaraan di tengah diskusi, orang-orang introvert justru lebih suka menunggu giliran mereka bicara.

Bukan masalah menunggu giliran mereka membuka mulut, justru mereka bisa mendengarkan dan mempertimbangkan ide orang lain dengan tenang. Dan ketika tiba kesempatan untuk bicara, mereka bisa membuat kalimat-kalimatnya terasa lebih tertata dan terarah.

3. Mereka tidak butuh menjadi pusat perhatian

Advertisement
Photo by CoWomen from Pexels

Photo by CoWomen from Pexels via https://www.pexels.com

Bagi para introvert, kontes popularitas bukanlah urursan mereka. Mereka justru lebih suka melakukannya sendirian dan tidak terlalu menyukai perhatian. Ini sangat kontras dengan apa yang umumnya disukai ekstrovert.

Orang ekstrovert biasanya lebih suka terlibat dengan orang banyak, dan mencari perhatian serta menunjukkan antusiasme untuk mendapatkan pengakuan dan atau penghargaan dari orang lain. Tidak heran kalau orang introvert sering diabaikan untuk peran kepemimpinan, meskipun sebenarnya mereka berpotensi untuk menjadi pemimpin yang bijaksana.

4. Umumnya, introvert tidak akan ngomporin orang lain

Photo by Lukas from Pexels

Photo by Lukas from Pexels via https://www.pexels.com

Studi menunjukkan bahwa ekstrovert merasakan lebih banyak emosi positif daripada introvert. Namun, ternyata ekstrovert tidak selalu menyebabkan orang lain merasakan emosi positif yang sama.

Bahkan, ada studi yang menunjukkan bahwa ekstrovert sebenarnya berpotensi menimbulkan lebih banyak emosi negatif pada rekan kerjanya, dibandingkan dengan introvert.

5. Mereka tidak akan tinggal diam ketika membahas topik yang mereka sukai

Photo by Christina Morillo from Pexels

Photo by Christina Morillo from Pexels via https://www.pexels.com

Stereotip yang berlaku di banyak tempat kerja adalah bahwa ekstrovert adalah sosok yang karismatik dan tidak malu berbicara, sementara introvert adalah orang yang pemalu dan tidak pernah berbicara. Faktanya, introvert memang tidak suka banyak bicara kecuali mereka memiliki sesuatu yang penting untuk dikatakan, dan atau sangat bersemangat tentang suatu topik.

Mereka cenderung tidak menyukai obrolan ringan, tetapi sangat menikmati diskusi yang bermakna tentang hal-hal yang mereka sukai. Adalah PR bagi orang-orang introvert untuk menemukan orang lain yang memiliki minat yang sama sebagai batu loncatan.

6. Tenang dan tidak gegabah adalah sifat orang introvert yang menonjol

Photo by Martine Savard from Pexels

Photo by Martine Savard from Pexels via https://www.pexels.com

Orang introvert cenderung tertutup dan tenang. Di era ketika segala sesuatunya bergerak dengan cepat, kemampuan untuk tetap tenang adalah hal yang luar biasa. Ini bisa meyakinkan orang lain, bahwa kamu mampu menangani setiap tantangan dengan baik.

Selain itu, dengan tidak bertindak gegabah, kamu bisa punya “waktu lebih” untuk mempelajari dan menganalisis situasi, sehingga tindakan yang kamu ambil adalah tindakan yang masuk akal dan lebih jangka panjang. Sebaliknya, ekstrovert cenderung lebih spontan dan segera merespons. Bertindak dengan tergesa-gesa tidak selalu buruk, tetapi seringkali berbahaya. Hmm…

7. Biarpun tidak punya banyak teman, tapi semuanya orang pilihan

Photo by Jopwell from Pexels

Photo by Jopwell from Pexels via https://www.pexels.com

Introvert cenderung takut kalau harus datang ke acara yang “memaksa” mereka bersosialisasi dengan banyak orang. Bagi mereka, membaca buku atau nonton film lebih menyenangkan.

Tapi, kamu juga harus belajar memperluas jaringanmu ya, Dear. Memang tidak mudah buatmu, tapi berhentilah membandingkan dirimu dengan teman-teman ekstrovert-mu yang pesona dan karismanya bisa membius banyak orang.

Ingatlah, bahwa yang penting adalah kualitas, bukan kuantitas.

Nah keren juga ya, Dear orang introvert ini. Sedikit bicara, banyak kerjanya. Wih, mantap! Tapi ingat ya, setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan ada baiknya,  kalau kita semua berfokus pada kebaikan yang kita miliki. Kamu setuju? Kalau punya pengalaman unik di tempat kerjamu, bagikan ceritamu dengan Riliv yuk!

 

Referensi:

  1. https://www.psychologytoday.com/us/blog/culture-shrink/201803/ten-strategies-introverts-excel-in-the-workplace
  2. https://www.forbes.com/sites/christinapark/2014/10/03/eight-ways-for-introverts-to-shine-at-work/#7d1fbd0e43fd
  3. https://www.huffpost.com/entry/introvert-work-tips_n_5b7c6f44e4b0cd327df78c13
  4. https://www.lifehack.org/articles/work/15-things-introverts-dont-work-that-makes-them-excel.html

Ditulis oleh Ayu Yuni Afifah dari Riliv.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE