Nggak Perlu Mahal, Berikut 7 Rekomendasi Tempat untuk Melakukan Meditasi. Yang Penting Bikin Kamu Nyaman~

rekomendasi tempat melakukan meditasi

Di mana kamu biasanya melakukan meditasi?

Idealnya meditasi memang dilakukan di sebuah meditation center. Namun, bagaimana jika budget yang kita punya tidak mencukupi untuk melakukan meditasi secara rutin di meditation center? Eits, nggak perlu khawatir, dengan menggunakan aplikasi Riliv, kamu bisa melakukan meditasi kapan pun dan di mana pun kamu mau.

Berikut 7 rekomendasi yang dapat kamu jadikan referensi untuk melakukan meditasi.

Advertisement

1. Ruang khusus meditasi

Photo by Anthony Tran on Unsplash

Photo by Anthony Tran on Unsplash via https://images.unsplash.com

Kamu bisa mengatur ulang ruangĀ kosong untuk dijadikan ruang khusus meditasi. Misalnya ruang belajar, sudut ruangan, atau ruang tamu bisa kamu jadikan tempat khusus untuk meditasi.

Pastikan ruangan tersebut bersih. Beri sekat khusus dan rapikan ruangan supaya menjadi lebih nyaman. Usahakan untuk menghindari tempat yang terlalu bising. Pilih warna dan perabotan yang dapat membantumu untuk lebih fokus dan meningkatkan kesadaran.

Advertisement

2. Taman atau halaman belakang rumah

Photo by Marco Xu on Unsplash

Photo by Marco Xu on Unsplash via https://images.unsplash.com

Berdasarkan hasil penelitian, melakukan kontak fisik dengan alam dapat memberikan manfaat yang baik bagi fisik dan mental. Taman dengan banyak tumbuhan hijau akan memberimu lebih banyak oksigen. Hembusan angin yang menyegarkan dapat membantumu bermeditasi dengan nyaman dan rileks.

3. Kamar tidur

Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash

Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash via https://images.unsplash.com

Sebagaimana yang semua orang rasakan, kamar tidur merupakan tempat idealĀ untuk refreshing dan menghindari gangguan dari banyak hal. Kamu dapat menjaga ruang privasimu dengan menambahkan informasi di depan pintu bertuliskan ā€œDo not disturb!ā€.

Selanjutnya, jika kamu ingin menjadikan kamar tidurĀ sebagai tempat bermeditasi secara rutin, kamu bisa mendekorasi kamarmu dengan memberikan hiasan atau wallpaper yang dapat memberikan energi positif.

Advertisement

4. Ruang belajar

Photo by Alexandru Acea on Unsplash

Photo by Alexandru Acea on Unsplash via https://images.unsplash.com

Daripada melamun menghadap dinding, bertanya-tanya tentang soal ujian yang akan keluar atau tugas baru terkait pekerjaan, cobalah untuk lebih mengenal dirimu sendiri. Cobalah untuk bermeditasi sejenak. Mainkan musik yang menenangkan. Pejamkan mata perlahan. Rasakan sensasi yang ada di sekitar.Ā 

FYI, nih, melakukan meditasi dapat melatih fokus agar kamu tidak mudah terganggu sama hal lain ketika lagi belajar atau mengerjakan tugas, lho.

5. Mobil

Photo by Cory Bouthillette on Unsplash

Photo by Cory Bouthillette on Unsplash via https://images.unsplash.com

Buat kamu yang ke mana-mana sering pakai mobil pribadi, pasti sering dong kejebak macet?

Nah, biar nggak gabut, coba lakukan meditasi ketika dihadapkan oleh situasi macet seperti itu. Mainkan musik yang menenangkan biar kamu bisa lebih fokus dan rileks saat melakukan meditasi.

6. Atap, teras, atau balkon

Photo by Adi Constantin on Unsplash

Photo by Adi Constantin on Unsplash via https://images.unsplash.com

Jika kamu ingin mencari suasana baru, atap, teras, atau balkon bisa jadi alternatif untuk tempat bermeditasi. Lakuan di pagi hari sambil merasakan segarnya udara pagi di bawah sinar matahari yang hangat.Ā 

Tidak hanya menciptakan ketenangan, kamu juga bisa meningkatkan asupan vitamin D, lho. Pastikan kamu bawa air minum biar nggak dehidrasi.

7. Alam terbuka

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash via https://images.unsplash.com

Tepi sungai dan aliran air adalah salah satu tempat yang recomended untuk bermeditasi. Suara gemericik air yang mengalir cocok untuk mendampingi kamu bermeditasi. Ketika kamu bermeditasi di dekat air yang mengalir, biarkan aliran pikiran di alam bawah sadar kamu mengalir dengan cara yang sama, secara terus-menerus dan tanpa halangan.

Jangan melawan, menolak, atau berpegang teguh pada pemikiranmu. Rasakan kehadiran setiap hal yang muncul di pikiranmu, biarkan itu semua hadir dan mengalir apa adanya.

Itu dia, 7 tempat terbaik untuk melakukan meditasi. Pasti ada setidaknya satu tempat yang sesuai dengan kamu. Tapi jangan lupa juga pertimbangkan waktu yang tepat untuk melakukan meditasi ya.

Selamat mencoba!

Disadur dari:

  1. https://mindworks.org/
  2. https://www.bookmeditationretreats.com/

Ditulis oleh Safira, si pendengar segala keluh kesahmu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

ā€œ

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

ā€

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

une femme libre

CLOSE