Sebagai perempuan yang aktif, travelling tentu dapat menyegarkan pikiran, bertemu hal-hal dan orang-orang baru, serta mengistirahatkan diri dari rutinitas, tapi jangan sampai setelah travelling kulit kita malah jadi rusak karena kita lupa atau malas untuk merawat kulit! Kemanapun destinasi yang dituju dan dengan cuaca apapun, kulit tetap butuh perlindungan.

Tapi ribet banget gak sih kalau kita harus bawa berbagai macam perawatan kulit yang cukup memakan banyak tempat? Terutama kalau kita backpacker, hmmm rasanya tidak akan sempat untuk merawat kulit. Tapi tunggu dulu, hal itu bisa disiasati kok! Ini dia beberapa tips dan trik yang bisa diterapkan untuk kalian yang siap travelling tanpa meninggalkan perawatan kulit!

1. Sebelum Pergi, Tuangkan Toner ke Kapas

Toner dan kapas

Toner dan kapas via https://www.google.co.id

Saat travelling di tengah panasnya matahari, apa yang lebih menyenangkan dibanding menyegarkan kulit dengan toner? Tidak perlu repot-repot membawa satu botol toner dan kapas kemanapun kita pergi, sebelum pergi traveling kita hanya perlu menuangkan toner ke beberapa kapas lalu bungkus mereka ke dalam ziplock bag.

Ini akan membuat kapas tersebut tetap lembab dan segar, membuat isi tas lebih ringan, serta memudahkan kita untuk mnyegarkan wajah kapanpun tanpa ribet.

2. Agar Praktis, Campurkan Serum Dengan Pelembab

Mix serum dan pelembab

Mix serum dan pelembab via https://www.google.co.id

Advertisement

Mencampur serum dengan krim pelembab adalah trik yang biasa digunakan oleh orang-orang dengan kulit sensitif, terutama apabila itu acid serum. Tapi trik ini bisa banget kita tiru saat travelling! Trik ini bisa kita lakukan dengan cara menuangkan beberapa tetes serum ke dalam krim pelembab lalu aduk rata. Dengan cara ini akan membuat kita lebih efisien waktu dan meminimalisir barang yang dibawa.

3. Masukan Krim Mata ke Dalam Wadah Contact Lense

Wadah contact lense

Wadah contact lense via https://www.google.co.id

Dari mata turun ke hati, hmmm saat travelling tentunya kita bisa bertemu dengan orang-orang baru, dan saat mengobrol tentunya mata memiliki peran yang penting untuk membuat lawan bicara tertarik! Nggak mau dong saat sedang ngobrol lawan bicara malah lebih fokus ke keriput di sekitar mata dan lingkar hitam di bawah mata?

Soooo walaupun sedang traveling bukan berarti bagian kecil seperti mata pun terabaikan oleh kita. Krim mata hanya perlu dipakai sedikit, kira-kira seukuran kacang polong untuk setiap mata. Sehingga daripada kita membawa satu botol krim mata, lebih baik kita memindahkannya ke dalam wadah contact lense. Lebih hemat tempat dan tetap mudah ketika hendak dipakai.

Advertisement

4. Agar Tidak Takut Pecah, Pindahkan Facial Oil ke Dalam Botol Tetes Mata

Botol tetes mata

Botol tetes mata via https://www.google.co.id

Agar kulit tetap lembut, lembab, dan kenyal, tentunya kita tidak boleh meninggalkan facial oil. Kebanyakan facial oil kaya akan antioksidan vitamin D dan C yang melawan radikal bebas dan memulihkan kerusakan kulit dari cahaya matahari. Namun kebanyakan facial oil memiliki packaging yang terbuat dari bahan yang mudah pecah, jadi akan lebih mudah bila kita memindahkan sebagian facial oil ke dalam botol bekas obat tetes mata atau bisa pula membeli botol baru.

Selain ringan dan aman karena terbuat dari plastik, botol obat tetes mata juga bisa diaplikasikan dengan cara tetes sehingga facial oil tetap bisa dipakai sesuai takaran.

5. Sheetmask di Akhir Hari

Variasi Sheetmask

Variasi Sheetmask via https://www.google.co.id

Di akhir hari kamu beraktivitas, sheetmask adalah solusi praktis untuk menyegarkan kembali kulitmu yang lelah. Beberapa sheetmask aman dipakai setiap hari karena tidak akan membuat kulit kering serta packaging-nya pun ringan dan tidak memakan banyak tempat.

6. Sunscreen Setiap Beberapa Jam Sekali

Idealnya waktu dimana sinar UV sudah mulai tidak sehat ialah sejak jam 9 pagi sampai jam 4 sore, paparan sinar matahari ini yang menyebabkan kulit kita menjadi keriput, bintik hitam, bahkan penipisan kulit, hal-hal tersebut menyebabkan kulit akan tampak lebih tua.

Well, sunscreen menurutku adalah hal terpenting yang harus dibawa kemanapun ketika travelling, bahkan sekalipun kita berada di dalam ruangan dan merasa aman karena tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Karena sunscreen akan sering banget dipakai setiap beberapa jam sekali, maka pastikan untuk membeli kemasan yang tidak terlalu besar dan akan lebih baik memilih sunscreen yang waterproof dan minimal SPF 30 agar kulit tetap terlindung dan tidak terbakar.

Nah itu tadi beberapa trik yang bisa dicoba untuk perawatan kulit ketika travelling, kulit yang sehat membuat kita lebih percaya diri dan travelling pun terasa semakin menyenangkan, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kulit agar kulit tampak cerah dan sehat saat liburan terutama saat selfie!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya