#DiIndonesiaAja-Pagar Alam, Definisi Surga Wisata Tersembunyi Sesungguhnya.

Pagar Alam adalah kota serpihan surga dengan keindahan alamnya - Iwan Fals

Kalau kalian mendengar Provinsi Sumatera Selatan pasti yang terbayang adalah kota Palembang dengan Jembatan Ampera dan Sungai Musi-nya. Namun, siapa sangka jauh di pelosok Sumatera Selatan ada sebuah kota yang menyimpan surga wisata yang sangat indah. Kota tersebut adalah Kota Pagar Alam. Untuk sampai di kota tersebut, kita harus menempuh perjalanan selama enam jam dari pusat kota Palembang. Cukup jauh ya? Tapi dijamin, perjalanan yang panjang tersebut tidak akan mengecewakan dengan pemandangannya yang memukau. 

Pagar Alam menyimpan berbagai objek wisata yang sangat beragam mulai dari danau, gunung, taman kreatif, sampai dengan wisata sejarah. Buat kalian yang ingin refreshing dan liburan dengan berbagai objek wisata, berkunjung ke Pagar Alam adalah jawabannya. Apa aja sih objek wisata tersebut? Yuk, simak~ 

Advertisement

1. Tebat Gheban, Tempat terbaik untuk merasakan kedamaian

Tebat Gheban

Tebat Gheban via https://akurat.co

“Tebat” dalam bahasa Pagar Alam artinya danau, jadi Tebat Gheban sama dengan padanan kata Danau Gheban. Danau ini terletak di Dusun Alun Dua atau 7 km dari pusat Kota Pagar Alam. 

Tebat Gheban sangat cocok bagi kamu yang ingin refreshing atau  piknik dan bersantai bersama teman serta keluarga. Suasanya yang sejuk ditambah dengan banyaknya gazebo serta pepohonan hijau membuat siapapun yang datang ke danau ini akan merasakan kedamaian. Ademm, nyaman banget pokoknya. 

Advertisement

2. Kebun Teh Gunung Dempo, hamparan alam yang memukau

Petani sedang memetik daun teh di Gunung Dempo

Petani sedang memetik daun teh di Gunung Dempo via https://wartawisata.id

Kalau kamu datang ke Pagar Alam belum lengkap kalau enggak mengunjungi wisata kebun teh di Gunung Dempo. Hamparan kebun yang hijau ditambah semilir angin benar-benar menyejukan siapapun yang datang ke tempat ini. 

Selain dapat melihat petani memetik teh dan pemandangan yang asri, kamu juga dapat menikmati wahana permainan yang ada di sekitar lokasi seperti flying fox, paralayang, outbond, dan spot-spot foto yang estetik dan instagramable

Waktu terbaik untuk datang ke tempat tersebut adalah pagi hari, sambil menunggu sunrise kamu dapat merasakan suasana pegunungan yang sejuk dan berembun. Suasana yang pasti bikin kangen dan enggak bakal bisa kamu lupakan. Dijamin deh, segerrr poll!

Advertisement

3. Curug Tujuh Kenangan, mengukir kenangan sesungguhnya

Curug Tujuh Kenangan

Curug Tujuh Kenangan via https://brisik.id

Destinasi selanjutnya adalah Curug Tujuh Kenangan. Wah  dari namanya saja sudah jelas kan ya bakal buat kamu betah dan selalu ingin lama-lama di tempat ini. Curug ini terletak di utara kaki Gunung Dempo, aliran air terjunnya pun masih sangat jernih dan alami. Kalau kamu kesini gak lengkap kalau gak nyebur sambil relaksasi di airnya yang asli dari gunung. 

Di tempat tersebut selain berenang kamu juga dapat bermain seluncuran diantara bebatuan atau bermain rock balancing. Selain itu, banyaknya pepohonan dan pondok-pondok di sekitar lokasi dapat kamu manfaatkan untuk piknik bersama keluarga atau orang tersayang. Asik banget kan, pokoknya kamu harus tambahin curug ini ke list travelling kamu!

4. Dempo Park, taman tertinggi di kaki lereng Gunung Dempo

Dempo Park di Lereng Gunung Dempo

Dempo Park di Lereng Gunung Dempo via https://www.swarnanews.co.id

Selain objek wisata alami, Pagar Alam juga memiliki wisata taman kreatif yang terletak di lereng Gunung Dempo. Sesuai dengan lokasinya, taman tersebut dikenal dengan nama 'Dempo Park'. Taman ini berada di ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut sekaligus taman kreatif tertinggi di Sumatera Selatan. 

Ketika kamu berada di taman yang dikelilingi pegunungan teh serta jajaran bukit barisan ini, nuansa sejuk akan langsung kamu rasakan. Banyaknya wahana permainan dan spot hunting foto juga akan membuat kamu betah di taman ini. Biaya masuk pun sangat murah yaitu hanya Rp5000 per orang. 

Recomended banget buat kamu untuk datang ke taman ini!

5. Rumah Baghi, refleksi kekayaan adat dan budaya Pagar Alam

Rumah Baghi (AhmadIbo)

Rumah Baghi (AhmadIbo) via https://www.indonesiakaya.com

Berkunjung ke Ghumah Baghi sama dengan berpetualang ke masa lalu, merawati kebudayaan. Wisata yang satu ini syarat akan pesan-pesan sejarah dan budaya. Kalau kamu berkunjung ke tempat ini, first impression yang akan kamu rasakan adalah rasa heran sekaligus takjub dengan bangunan tersebut. 

Ghumah Baghi terbuat dari batang pulai dan bambu, menariknya kontruksi bangunan sama sekali tidak menggunakan paku tapi tetap kokoh. Selain itu, karena posisinya di tengah persawahan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan serta kesejukan yang memukau.

Itu dia beberapa objek wisata yang akan membuat liburan kamu istimewa di surga wisata tersembunyi, Kota Pagar Alam. Liburan gak usah jauh-jauh, negeri kita ini memukau dengan alam dan kebudayaan “#WonderfulIndonesia”. Jadi, hunting liburan #DiIndonesiaAjakita jelajahi negeri surga wisata yang kaya ini!

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Yandi Chidlir Wildanta lahir di kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. Saat ini sedang menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Budaya, program studi S1 Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

CLOSE