Pandemi Membuatmu Stres? Yuk Simak 8 Cara Ampuh Berikut untuk Mengatasinya!

Cara agar terhindar dari stres

Sudah hampir satu tahun kita semua menjalani hidup di tengah pandemi COVID-19. Rasa khawatir juga masih kerap menyelimuti kita jika hendak bepergian ke luar rumah. Kita semua pasti pernah ada di fase stress karena situasi yang kita hadapi saat ini dan menuntut kita untuk beradaptasi dengan keadaan.

Nah, pikiran yang positif dan tubuh yang sehat juga penting agar kita bisa tetap produktif selama pandemi. Kira-kira bagaimana ya cara agar terhindar dari stress? Yuk, simak ulasan berikut!

Advertisement

1. Kontrol konsumsi berita harian

Foto oleh Kaboompics .com dari Pexels

Foto oleh Kaboompics .com dari Pexels via https://www.pexels.com

Banyak sekali berita seputar COVID-19 yang bermunculan selama pandemi. Tapi, kita juga harus bisa menyaring mana info yang valid dan hoaks. Untuk berita seputar COVID-19 kalian bisa mengunduh aplikasi PeduliLindungi dari Kominfo, ya!

Hal ini penting sekali, karena jika kita mengonsumsi berita yang bukan berasal dari sumber yang terpercaya, akan menimbulkan miskomunikasi. Kita juga harus memiliki batasan dalam membaca berita agar tidak menimbulkan stress karena terlalu banyak menerima informasi.

Advertisement

2. Mencoba melakukan hal baru

Foto oleh Gabby K dari Pexels

Foto oleh Gabby K dari Pexels via https://www.pexels.com

Kasus aktif belum juga menunjukkan tanda-tanda penurunan sehingga kita tetap dianjurkan untuk mengurangi kegiatan di luar rumah guna memutus rantai penyebaran.

Nah, untuk mengisi waktu luang sebagai pengganti hiburan di luar rumah, kalian bisa banget nih mencoba melakukan hal baru seperti, menulis journal, belajar menggambar, belajar bahasa asing. Siapa tahu berawal dari coba-coba kalian bisa memiliki hobi baru ya, ‘kan?

3. Berolahraga agar terhindar dari stress

Advertisement
Foto oleh Valeria Ushakova dari Pexels

Foto oleh Valeria Ushakova dari Pexels via https://www.pexels.com

Kegiatan satu ini juga bisa banget nih untuk kalian coba. Kalau biasanya kalian hanya bisa meluangkan waktu untuk berolahraga saat akhir pekan, pada situasi sekarang, kalian mulai bisa nih untuk rutin olahraga pagi sebelum mulai work from home.

Olahraga sangat ampuh lho untuk mengurangi stress. Apalagi saat ini sudah banyak kelas yoga atau pilates online. Tujuannya agar masyarakat tetap bisa sehat dan jauh dari stres walau di rumah saja. Yuk, rutin berolahraga!

4. Mengonsumsi makanan sehat

Foto oleh Ella Olsson dari Pexels

Foto oleh Ella Olsson dari Pexels via https://www.pexels.com

Sebelum pandemi mungkin sebagian dari kita sangat senang mengonsumsi junk food dan fast food. Tapi, semenjak pandemi, banyak sekali yang mulai mencoba untuk masuk dapur alias memasak sendiri.

Memasak juga bisa membantu kalian agar terhindar dari stress dan keuntungannya pengeluaran untuk makan bisa lebih hemat dan juga lebih sehat karena kita yang mengolahnya sendiri.

5. Terhindar dari stress dengan tidur yang cukup

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Ayo, siapa yang sering segar bugar waktu tengah malam? Tidur yang cukup juga penting lho untuk menjaga suasana mood kita dan pastinya berpengaruh terhadap stamina dan kesehatan tubuh kita.

Selain itu, tidur yang cukup juga membuat produktivitas harian kita terjaga dan bisa lebih produktif dalam beraktivitas sehingga mengurangi risiko terjadinya stress.

6. Membuat jadwal harian

Foto oleh Polina Kovaleva dari Pexels

Foto oleh Polina Kovaleva dari Pexels via https://www.pexels.com

Siapa yang suka membuat to do list harian? Yap, hal ini juga penting nih supaya kita tahu apa saja yang ingin dikerjakan dalam satu hari dan kita bisa mengatur alokasi waktu untuk setiap kegiatan.

Jangan lupa untuk memberikan space untuk istirahat sejenak ya teman-teman, supaya kita tidak stress karena berkegiatan secara terus-menerus.

7. Menjalin komunikasi yang baik dengan orang terdekat

Foto oleh Tracy Le Blanc dari Pexels

Foto oleh Tracy Le Blanc dari Pexels via https://www.pexels.com

Menjaga jarak atau social distancing adalah hal yang harus kita lakukan demi meminimalisir rantai penyebaran. Hal ini membuat kita tidak bisa berkumpul dengan orang dan keluarga terdekat kita secara langsung.

Eits, tapi kan saat ini teknologi sudah canggih, ya. Kita tetap bisa berkomunikasi melalui aplikasi chat yang ada di smartphone kita. Jangan lupa untuk tetap saling menyemangati agar tetap bisa bertahan di kondisi seperti sekarang karena semangat darimu akan menjadi kekuatan bagi orang yang kamu sayangi.

8. Me time

Foto oleh Gabby K dari Pexels

Foto oleh Gabby K dari Pexels via https://www.pexels.com

Last but not least, me time. Hal satu ini juga penting sekali agar kita bisa terhindar dari stress. Luangkan setidaknya satu hari dalam satu minggu untuk dirimu sendiri.

Kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu senangi misal, menonton drama korea sembari makan popcorn dan ice boba, atau bisa juga dengan melakukan hibernasi.

Nah, itu dia sobat Hipwee hal-hal yang bisa kamu lakukan agar tetap happy dan terhindar dari stress. Selamat mencoba!

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Aquarian girl who loves read and write.

CLOSE