Saat traveling rasanya sebagian besar orang akan merasa bahagia bila sukses mendapat harga tiket yang murah. Dengan menghemat dana tiket transportasi artinya sisa dana yang tersedia dapat dipergunakan untuk kebutuhan lain, misalnya berbelanja buah tangan atau wisata kuliner. Faktanya kamu berkesempatan untuk mendapatkan tiket pesawat murah dengan sedikit jerih payah. Penasaran? Berikut ulasannya.

Agar budget untuk membeli tiket tak membuat kantong Anda terkuras, terapkanlah panduan berikut ini!

1. Pilihlah tiket pesawat yang sekaligus ada promo hotelnya. Lebih hemat jatuhnya!

Cari tiket pesawat plus hotel sekalian!

Cari tiket pesawat plus hotel sekalian! via https://www.pexels.com

Biasanya kalau lagi promo, banyak maskapai penerbangan yang menawarkan tiket beserta kamar hotel sekaligus. Kalau kamu mau menekan biaya, promo seperti ini bisa kamu ambil. Lumayan kan pesan tiket pesawat dan kamar hotel dalam sekali klik?

2. Disarankan untuk membayar dengan mata uang lokal untuk memperoleh harga lebih hemat

Bayar dengan mata uang lokal

Bayar dengan mata uang lokal via https://www.pexels.com

Ini karena komputer tak memandangmu sebagai turis, tetapi saran tersebut hanya dapat diterapkan bila kamu melancong ke luar negeri.

Advertisement

Misalnya kamu berniat melancong ke Korea dan di sana masih harus menggunakan penerbangan antar kota, sebaiknya jangan membeli tiket pesawat saat masih berada di tanah air. Anda bisa membeli tiket saat sudah tiba di Korea dengan mata uang lokal karena tarifnya akan lebih murah.

3. Bila perjalananmu membutuhkan transit, sebaiknya gunakan dua pesawat yang berbeda

Dengan cara ini kamu berkesempatan mendapatkan harga yang lebih murah. Demikian juga untuk penerbangan pulang pergi sebaiknya Anda tak menggunakan maskapai yang sama. Sebelum melakukan reservasi lakukan survey via online untuk membandingkan harga tiket pesawat. Pilihlah yang harganya termurah dan jadwal penerbangannya sesuai dengan keinginan Anda.

4. Hal yang berpengaruh pada harga tiket pesawat adalah kursi yang kamu duduki di dalam pesawat nantinya

Hal yang berpengaruh pada harga tiket pesawat adalah seat yang kamu duduki di dalam pesawat nantinya. Kursi yang berada di dekat ruang mesin harga tiketnya seringkali lebih murah dibandingkan kursi di lokasi yang lain karena penumpang kemungkinan akan merasa kurang nyaman. Misalnya harga tiket dari Jakarta ke Medan adalah 500 ribu per orang untuk kursi di dekat ruang mesin, sementara untuk seat yang lain adalah 600 ribu.

Advertisement

Bila kamu mau bepergian dalam kelompok dengan 5 orang anggota dan tengah berburu tiket murah, sementara harga tiket untuk 5 orang yang 500 ribu tak tersedia, maka hasil pencarian tak akan menampilkan harga 500 ribu melainkan 600 ribu.

Jadi sebaiknya Anda memesan tiket secara perorangan daripada rombongan. Dengan demikian Anda masih mempunyai kemungkinan memperoleh 3 tiket seharga 500 ribu sementara dua orang lainnya masing-masing harus membayar 600 ribu untuk biaya tiketnya. Lebih hemat, kan?

5. Bawa barang seperlunya, biar nggak kena tambahan biaya saat check in nantinya

Bawa barang seperlunya aja!

Bawa barang seperlunya aja! via https://www.pexels.com

Jadi bawalah hanya barang-barang yang benar-benar dibutuhkan dan packing-lah dengan rapi agar tak menjadi beban kamu selama di perjalanan. Perlu diketahui bahwa membawa bagasi dengan berat yang melebihi batas maksimal akan membuat kamu dikenai excess baggage atau biaya tambahan dengan beban yang dihitung per kg.

Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya