Buat kalian yang kerja tapi harus rela jauh dari keluarga dan juga jauh dari teman-temanmu, apalagi kalian yang harus kerja di tempat yang jauh dari kota besar. Kamu pasti akan merasakan kesepian karena jauh dari keluarga, teman ataupun hiburan yang biasanya banyak banget ditemuin di kota besar.

Tapi buat kamu surviver yang tetap semangat bekerja walaupun di perantauan, ada beberapa tips agar selama kegiatanmu di perantauan tidak hanya sekedar kerja-rumah. Habiskan waktu kamu dengan hal-hal yang bermanfaat dan juga bisa jadi sarana kamu untuk lebih kenal lingkungan dan masyarakat di sekitarmu

1. Kembangkan Hobi

Membaca Buku

Membaca Buku via https://pixabay.com

Buat kamu yang suka baca buat "membunuh waktu sendirimu" ( ini khusus yang jomblo + introvert kali ya) , kamu bisa baca buku kesenanganmu. Bisa novel, komik, atau buku pelajaran di kampus yang kamu bawa di perantauanmu juga bisa, lumayan refresh ilmu lagi selama di kuliah.

Atau kamu bisa menghias bukumu agar lebih terlihat cantik , bersih, dan rapi dengan memberinya sampul buku. Kamu juga bisa membeli rak buku untuk kamu yang tetap suka mengoleksi buku di perantauan. Jangan lupa luangkan waktu buat baca buku, walaupun kamu sibuk buaangeet sama kerjaanmu.

Advertisement

Kamu yang suka buat tulisan seperti cerpen atau yang lebih berat buat makalah ataupun jurnal masih bisa banget kok kamu lakuin selama bekerja di perantauan. Tulis karya ilmiah seperti jurnal, makalah, bisa jadi cara buat hilangin kejenuhanmu selama bekerja di perantauan yang jauh dari kampung halaman atau jauh dari kota.

Selain itu, juga bisa ningkatin kemampuanmu dalam menulis, menganalisa suatu masalah, membahas suatu masalah di tulisanmu, dan juga bisa menjadi tambahan nilai di pekerjaanmu. Selama hobimu bermanfaat, juga nantinya akan balik ke kamu kok manfaatnya.

2. Jangan lupa telepon keluarga

Jangan Lupa telpon ibumu ya.

Jangan Lupa telpon ibumu ya. via https://i.pinimg.com

Ini yang penting banget. Jangan sampai kesibukanmu di pekerjaan bikin kamu lupa buat hubungin keluargamu di sana. Telepon ibumu yang pastinya selalu khawatir sama kamu yang ada di perantauan, apalagi buat kamu cewek sendiri kerja di perantauan di daerah dan gak ada keluarga di perantauan.

Advertisement

Ibu adalah orang yang paling tau kamu & kalau ada apa- apa dengan kamu pasti ibumu yang paling merasakannya. Jangan sampai bikin ibumu ataupun keluarga yang lain cemas denganmu karena jarang memberi kabar.

Ceritakan semua kegiatanmu selama kamu kerja dengan keluargamu, cerita apa yang sedang kamu kerjakan, kamu sering makan apa sekarang, atau kamu lagi dekat dengan siapa sekarang di perantauan.

Keluarga adalah orang – orang terdekat yang paling kenal dirimu, yang paling ngerti dirimu, jangan sampai kamu mengurangi komunikasi dengan keluargamu dan jangan sampai ada yang kamu tutupi dari keluargamu.

Minta saran dan doa kepada bapak dan ibumu agar selalu dilindungi di tempat perantauan dan jangan lupa doa biar bisa pindah kerja agar bisa dekat dengan keluargamu lagi. Satu lagi, tetap ikuti saran dan nasihat selama di perantauan yang diberikan dari keluargamu.

3. Travelling

Jalan-jalan menikmati alam

Jalan-jalan menikmati alam via http://theplaidzebra.com

Jika tempat kerjamu berada jauh dari kota besar dan ada di sekitar laut ataupun pegunungan, coba sekali kali jalan-jalan ke tempat wisata yang ada di perantauan kerjamu, bisa ke pantai, gunung, ataupun ke tempat festival yang lagi diadain daerahmu seperti festival Bau Nyale di Lombok atau festival Moyo di Sumbawa.

Selain bisa menghilangkan kejenuhan selama bekerja, jalan-jalan ini bisa sarana buat kamu mengenal daerah tempat perantauanmu, mengenal masyarakatnya, masakan khasnya yang ada di tempat wisata, bisa tahu jalan di daerahmu, atau bisa jadi tambahan pengalaman hidupmu yang bisa kamu ceritakan ke anakmu nanti. hehehe..

Buat kamu yang hobi fotografi juga bisa nambah koleksi fotomu dari kegiatan jalan – jalanmu ini.

4. Kegiatan untuk Masyarakat

Sehari Mengajar di Kelas Inspirasi Dompu

Sehari Mengajar di Kelas Inspirasi Dompu via https://www.instagram.com

Kerja di penempatan kerja yang jauh dari kampung halaman selain demi mengabdi kepada negara juga semestinya dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Hal ini juga bisa menjadi sarana kita untuk lebih mengenal masyarakat di sekitar tempat kerjamu di perantauan sana.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan dan salah satunya adalah mengikuti kegiatan mengajar dan pergi ke sekolah dasar bersama teman-teman lainnya dari berbagai profesi serta berbagai daerah. Kegiatan ini dilakukan setiap tahunnya di beberapa daerah di Indonesia.

Kegiatan ini selain mengenalkan berbagai macam profesi kepada siswa-siswi sekolah dasar, juga dapat memberikan pesan-pesan moril kepada anak-anak agar tetap semangat belajar untuk masa depannya nanti. Jadi, dari kegiatan ini selain memberikan inspirasi dan mengajar kepada siswa-siswi sekolah dasar, juga dapat memberikan inspirasi kepada kita yang mengajar mengenai kondisi pendidikan di sekolah yang kita kunjungi.

5. Cari teman

kumpul bersama teman

kumpul bersama teman via https://ak2.picdn.ne

Kamu juga bisa cari teman baru selama merantau bekerja di daerah, bisa teman kantor, teman -temannya orang kantor, ataupun orang luar kantor. Selain nambah teman buat hangout, juga bisa saling berbagi cerita ataupun berbagi pengalaman dengan teman barumu. Tapi tetap harus hati – hati memilih teman baru di perantauan ya, karena setiap daerah ada nilai plus atau minus-nya tersendiri yang menjadi ciri atau karakter penduduk di sana.

Kamu juga bisa pergi ke daerah lain untuk berkunjung ke rumah temanmu, misal kamu bekerja di Sumbawa Besar dan kamu punya teman SMA-mu di Lombok. Coba sesekali mengunjungi temanmu yang ada di Lombok itu. Selain bisa silaturahmi dengan teman sekolah juga bisa sekalian jalan – jalan di daerah temanmu.

Semangat buat kamu semua yang bekerja di perantauan dan jauh dari kampung halamanmu.

InsyaAllah bisa jadi ceritamu buat anakmu dan cucumu nanti . :D

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya