"Sedih banget gue, Sis. SNMPTN gak lolos. SBMPTN gak lolos. Apa boleh buat gue harus masuk jalur mandiri. Tapi kalo biayanya mahal banget gimana ??? kasian banget gue ama bokap nyokap gue."

Selepas perebutan kursi perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, masih banyak anak yang masih tertinggal dan belum mendapatkan sekolah. Maka satu-satunya solusi adalah masuk melalui jalur mandiri. Jalur mandiri bagi sebagian orang merupakan jalur yang memelintir mereka dengan biaya yang sangat mahal. Ya walaupun enggak semua universitas punya jalur mandiri yang mahalnya amit-amit. Tapi memang kebanyakan perguruan tinggi mematok biaya yang cukup tinggi di jalur ini. Mungkin bagi anak yang berketurunan tajir, jalur ini enggak masalah-masalah amat. Tapi, bagi anak yang berada di keluarga yang menengah ke bawah, ini sama saja dengan mencekik kedua orang tuanya. Tapi, karena keinginanmu untuk melanjutkan pendidikan maka merekapun rela tercekik demi dirimu. Namun, tenang bro, sis. Jangan terlalu bersedih! Ini mengapa tulisan gue hadir ke kalian. Gue bakal nge-share berbagai cara untuk supaya kalian bisa menebus dosa tersebut. Apa saja? check these out!

1. Karena kamu dah tahu biaya kuliah sangat mahal, seriuslah dengan study mu!

IPK tetep nomor satu! via http://www.theatlantic.com

Kamu telah gagal melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Pikirkanlah apa yang membuatmu bisa tidak lolos. Kurang belajarkah? terlalu malas? suka menunda waktu? mulai sekarang tebuslah semua kesalahanmu hari ini juga. Ingat! gara-gara kegagalanmu itu, orang tuamu harus memiliki beban menyekolahkanmu dengan biaya yang sangat tinggi. Renungkanlah setiap bagaimana mereka harus kerja keras menanggung biaya hidupmu. Belum lagi kalau kamu masih punya saudara yang juga harus dibiayai. Bayangkanlah bagaimana susahnya kedua orang tuamu!

Maka, ayo mulai perbaiki dirimu hari ini. Berjanjilah untuk menjadi mahasiswa yang tidak malas-malasan lagi. Perbaiki nilaimu! Rajinlah untuk selalu mendoakan kedua orang tuamu! Berikanlah mereka hasil belajarmu dengan nilai yang benar-benar bisa membuat mereka bangga dengan kalian!

2. Mulailah untuk hidup hemat uang bulanan dari ortumu!

Sandiago Uno dan puasa daudnya via http://www.liputan6.com

Advertisement

Mengingat uang kuliahmu saja sudah ngeri, maka persiapkanlah dirimu untuk selalu berhemat. Jajanlah sesuai kebutuhan, jangan mudah terpengaruh lingkungan sehingga pengeluaranmu jadi wer gak karu-karuan. Saran gue sih, kalo kalian punya badan yang gemuk, coba aja program diet OCD nya si Dedi Corbuzier. Makan sehari cuman satu kali, lumayan tuh ngirit duit plus bikin badan langsing, terus jadi cakep tiba-tiba. Atau, kalo lebih niat, coba aja puasa daud, satu hari puasa besoknya enggak, terus lusa puasa lagi. Selang seling gitu puasanya. Memang sih agak berat. Tapi metode yang ini gak cuman ngirit uang dan bikin cakep tiba-tiba, tapi bisa pula nambah pahala. Bahkan metode puasa daud dikabarkan menjadi rahasia kesuksesan Sandiaga Uno, pengusaha besar asal Pekanbaru.

3. Cobalah buat hidup sendiri dengan penghasilanmu sendiri!

Nulis artikel dibayar. via http://www.photl.com

Untuk mengurangi beban ortu dalam membiayai kuliahmu, mungkin ada baiknya kalau kalian mencoba mencari penghasilan sendiri. Paling tidak untuk biaya kebutuhan sehari-hari. Di era serba canggih ini banyak sekali cara kita supaya dapet uang. Alah enggak usah jauh-jauh. Mulai dari menulis, semua orang bisa bikin artikel, dan banyak sekali situs yang menjanjikan bayaran jika kalian bisa menulis artikel yang menarik. Udah deh bisa dapet uang. Apalagi kalo artikel bahasa inggris, bisa banyak tuh bayaran kalian. Selain itu kalo kalian bisa utek-utek Corel Draw atau Photoshop, maka kalianpun dapat menjual karya kalian di internet. Atau kalau kalian pinter bahasa inggris, jadi aja penerjemah secara freelance. Atau kalau kalian jago dalam fotografi, jual saja karya jepretan kalian di web-web tertentu. Terus kalau kalian seneng nulis cerita yang panjang, coba aja nulis novel atau skenario, yang mungkin saja bisa di-approve ama tim disana. See? banyak sekali peluang kalian untuk menghasilkan uang. Tinggal kalian mantabkan niat untuk berpenghasilan supaya enggak memberatkan biaya orang tuamu.Tapi, ingat tetap imbangkan pekerjaan kalian dengan study di kampus! Pilihlah penghasilan yang flexibel dan simple! Itu kenapa gue tadi memberikan saran pekerjaan-pekerjaan yang lebih banyak menggunakan internet dan komputer, karena dengan kedua piranti itu memberikan banyak peluang pekerjaan yang dapat dikerjakan di segala waktu dan dengan bayaran yang lumayan. Jadi enggak mengganggu amat terhadap pelajaranmu.

4. Berburu Beasiswa!

Tanoto Foundation, salah satu sumber beasiswa. via http://www.tanotofoundation.org

Penebusan dosa paling mutakhir adalah kalo kamu bisa mendapatkan beasiswa yang bisa mengcover uang kuliah. Tapi untuk mendapatkan barang berharga ini tidak semudah kayak menurunkan resleting. Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah batas IPK minimal. Itu mengapa pada poin pertama gue menekankan kalian untuk selalu memperjuangkan IPK. Selain IPK, biasanya pihak beasiswa juga mengisyaratkan keaktifan kalian dalam berorganisasi. Maka dari sekarang, mulailah aktif di club atau organisasi yang bisa menampung bakat dan minat kalian. Tapi, yang tak kalah penting dalam mendapatkan beasiswa, jangan pernah lelah melengkapi dokumennya. Semakin rumit persyaratan berkasnya ada kecendurungan sainganmu makin sedikit, karena orang pasti akan malas duluan kalau melihat berkasnya saja dah njlimet. Nah, pada saat melihat ada beasiswa yang butuh berkas rumit, inilah kesempatan emasmu.

5. Ikutilah kompetisi dan lomba!

Lomba debat via http://www.unib.ac.id

Lomba-lomba dan kompetisi sangat sayang untuk dilewatkan loh. Pertama, bisa memoles bakat kalian. Kedua, kalian bisa mendapatakan sertifikat tertentu jika memenangkannya. (Dengan sertifikat itu, bisa memperbesar peluang kalian dalam penerimaan beasiswa, sekolah ataupun pelatihan yang ada proses penyeleksiannya). Ketiga, hadiah dari lomba dan kompetisi itu. Yah, siapa sih yang gak seneng uang ataupun hadiah ? inilah mengapa banyak sekali keuntungan dari ikut lomba.

Itulah solusi-solusi buat kalian yang merasa bersalah masuk kuliah melalui jalur mandiri dengan membebani orang tua. Cerialah dan buktikanlah kepada mereka bahwa kalian bisa menjadi seseorang yang bisa dibanggakan. Cukup lakukan kelima list gue tersebut, dan pasti orang tua kalian tidak rugi menguliahkan kalian dengan sepenuh tenaga dan pikiran. SEMANGAT!