Pengaruh Pikiran Negatif Terhadap Psikologis Manusia

Pikiran negatif sangat mempengaruhi kondisi psikologis seseorang, baik remaja maupun dewasa, bahkan beberapa orang sering mengkhawatirkan dirinya, masa depan dan pekerjaannya secara berlebihan, dimana hal ini menyebabkan berbagai pikiran negatif akan mempengaruhi diri anda. Pada dasarnya pikiran negatif dapat menyerang siapa saja, Oleh karenanya, mari kita kenali apa itu pikiran negatif?

Pengertian Pikiran Negatif

Dalam sebuah artikel greatmind.id yang berjudul “Belenggu Pikiran Negatif” menyatakan bahwa pikiran negatif umumnya berasal dari perlindungan diri kita sendiri. Ketika individu dihadapi dengan permasalahan rumit dan hanya mengeluh tanpa berusaha menyelesaikan permasalahan tersebut, seringkali berbagai pikiran tentang kegagalan, dipermalukan dan merasa tidak berdaya berdatangan begitu saja, tanpa kita sadari sebenarnya permasalahan yang dianggap begitu rumit, ternyata tidak serumit yang dipikirkan. Biasanya hal ini terjadi pada  individu kurang mengenal dirinya sendiri.

Namun, jika tidak segera dikendalikan, maka pikiran negatif tersebut akan menahan potensi sesungguhnya yang kita miliki. Pikiran negatif yang tidak terkendali atau berlebihan, dapat mengganggu kondisi mental individu serta akan menghambatnya dalam kehidupan sosial. Lantas apa saja pengaruh pikiran negatif terhadap kondisi psikologis manusia? 

Advertisement

1. Munculnya rasa tidak percaya diri

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Pribadi yang tidak percaya diri lebih berpotensi dipengaruhi oleh pikiran negatif, di mana individu ini belum mampu untuk menghadapi berbagai permasalahan baik dalam dirinya maupun permasalahan lingkungan.

Pribadi yang seperti ini akan cenderung percaya dengan omongan orang lain daripada mendengarkan isi hatinya.

Advertisement

2. Hidup menjadi tidak bahagia

Photo by Alex Green from Pexels

Photo by Alex Green from Pexels via https://www.pexels.com

Setiap individu tentunya menginginkan kehidupan yang bahagia. Namun, dengan adanya ketidakpercayaan dan pikiran negatif membuat kita cenderung tertutup dan merasa lelah dengan berbagai persoalan.

3. Cemas terhadap apa yang akan terjadi

Photo by Pavel Danilyuk from Pexels

Photo by Pavel Danilyuk from Pexels via https://www.pexels.com

Dengan berpikir negatif, kita akan mencemaskan apapun yang akan terjadi, sehingga membuat kita lama kelamaan adanya ketakutan dalam menjalani hidup. Namun, kecemasan yang berlebihan akan menjadi gangguan kecemasan.

4. Kesehatan fisik terganggu

Photo by Pavel Danilyuk from Pexels

Photo by Pavel Danilyuk from Pexels via https://www.pexels.com

Pikiran negatif berpengaruh kepada psikologis kita akan membuat kesehatan fisik kita terganggu. Contohnya, orang yang mengalami gangguan kecemasan akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan fisik, seperti mengganggu sistem ekskresi dan pencernaan, menurunkan kualitas tidur, mengganggu saluran reproduksi dan mempercepat detak jantung.

 

Setelah mengetahui pengaruh pikiran negatif bagi psikologis kita yang ternyata bisa berefek pula pada fisik kita. Lalu, bagaimana cara kita mengatasi pikiran negatif ini?

5. Berikut cara mengatasi pikiran negatif yang dapat Anda lakukan.

Photo by Liza Summer from Pexels

Photo by Liza Summer from Pexels via https://www.pexels.com

  1. Ketika Anda mulai berpikir negatif, segeralah untuk mengalihkan pikiran Anda menjadi positif.
  2. Jika Anda merasa terbebani dengan pikiran negatif, cobalah untuk bercerita kepada orang tua, teman-teman yang Anda percayai dan guru/dosen.
  3. Belajar untuk menerima kekurangan diri Anda.
  4. Melakukan kegiatan yang positif, seperti membaca buku, bercocok tanam, olahraga, memasak dan masih banyak hal lainnya yang dapat Anda lakukan..
  5. Berdiskusi dengan teman-teman atau kerabat  Anda mengenai hal-hal yang positif. Seperti berdiskusi tentang hobi, pengalaman, pelajaran dan lainnya.
  6. Sering berdoa kepada Allah, agar terhindar dari berpikiran yang negatif.

Sudah ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan pikiran tersebut. Apabila cara yang telah disebutkan kurang ampuh, Anda dapat berkonsultasi dengan psikolog. Oleh karenanya, marilah kita menjaga kesehatan mental dan pikiran dengan membiasakan pola hidup sehat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE