Penikmat Warung Burjo Garis Keras Pasti Paham 5 Menu Favorit Ini.

BURJO alias Bubur Kacang Ijo, jika dilihat dari namanya seharusnya warung BURJO itu menjual bubur kacang ijo saja, namun lain hal nya jika mahasiswa/i mendengar kata burjo. Ya! burjo adalah warung andalan mahasiswa yang menjamur di sekitaran kampus, kota-kota seperti Yogyakarta dan Semarang contohnya, warung burjo menjamur dimana-mana. Hal ini karena di burjo itu sendiri menawarkan berbagai menu yang murah,praktis dan tentu nya mengenyangkan perut, berikut adalah menu-menu yang pastinya sudah sangat familiar dilidah mahasiswa ataupun mahasiswi.

1. Nasi telor yang nikmat maksimal

Nasi telor, bikin lapar eh… via http://www.opensnap.com

Advertisement

Yak, menu satu ini memang banyak digemari oleh kaum burjois, nasi telor di burjo sebenarnya tidaknya hanya nasi dan telur, melainkan ada potongan tempe, kuah opor atau kadang kuah sop dan sayuran . Menu satu ini digemari bukan hanya karena harganya yang cukup murah, tapi juga mengenyangkan bagi mereka yang kelaparan dan mencari menu murah namun komplit plus mengenyangkan.

2. Mie goreng atau rebus telor

mie rebus enak loh buat menemani kala hujan via http://jakartakita.com

Nama lain dari Mie Goreng Telor adalah INTEL (Ind*mie Telor) Goreng/Rebus, kebanyakan mahasiswa memesan menu ini karena praktis untuk dimakan dan rasanya yang jelas nikmat. Diprediksikan bahwa penjualan INTEL goreng/rebus ini akan meningkat pada masa penghabisan uang mahasiswa alias akhir bulan. Menu ini dipilih dikarenakan rasa yang lezat plus harga yang murah. Akan lebih nikmat menikmati menu ini ketika hujan tiba dan malam minggu

3. Nasi sarden

aih,,,kelihatan menggoda sekalii… via http://www.kerjanya.net

Nasi Sarden, seperti hal nya nasi telor, nasi sarden juga kebanyakan tidak hanya nasi dan daging sarden kalengan beserta kuahnya, namun juga ditambahi beberapa sayur sebagai lauk nya. Ternyata nasi sarden merupakan salah satu menu favorit mahasiswa sepanjang adanya burjo ini loh. Lagi pula, tidak perlu menunggu lama untuk menyajikan menu ini yang tentu nya menjadi ciri khas burjo.

Advertisement

4. Magelangan

Magelangan via http://food.detik.com

Magelangan bukan nama kota di Jawa Tengah, yaitu Magelang, masih menjadi misteri dari mana makanan ini berasal. Magelangan adalah kombinasi nasi dan bakmi jawa kemudian dimasak dengan bumbu nasi goreng dan bakmi itu sendiri sehingga menghasilkan makanan yang luar biasa enak, penyajian makanan ini tergolong agak lama dibanding makanan lain seperti nasi sarden, mie goreng telor ataupun nasi telor, yakni sekitar 10 menit saja.

5. Mie dok-dok

Menu andalan burjo yang super lezat via http://www.umiresep.com

Salah satu menu andalan burjo yang mungkin tidak ditemukan ditempat lain adalah, MIE DOK-DOK. Mie dok-dok pada dasarnya menggunakan mie instan biasa yang dimasakan dengan bumbu yakni, garam, gula, merica ubuk, saos sambal, saus tomat, kecap dan telur orak-arik.

Dimasak dengan air yang membuat kuah dari mie dok-dok ini begitu terasa lezat. Penyajian ini tergolong lebih lama daripada magelangan namun rasanya cukup enak dan mengenyangkan. Makanan ini adalah salah satu makanan favorit ketika hujan mendera dan kesepian karena jomblo mulai terasa.

6. Minuman hangat disertai kebersamaan

Advertisement

Kopi hangat dan teman itu sesuatu yang berharga via http://blog-liputanterbaru.blogspot.sg

Yang sering terlihat di burjo adalah banyaknya orang yang nongkrong disana, yak! Mereka ditemani dengan kopi instan ataupun es teh bersama teman-teman mereka, ngobrol tentang banyak hal hingga kadang mereka tak sadar akan waktu, kebersamaan ini kebanyakan muncul ide-ide dan gagasan tentang masa depan mereka atau pun hanya ngerumpi saja, tapi yang jelas burjo selalu menjadi salah satu kenangan dibenak mahasiswa-mahasiswi di masa perkuliahan mereka.

so…. menu favorit kamu yang mana gaes ?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

a man with ambition and desire to encourage others people to do good things. instagram : @adli_hazmi

18 Comments

  1. Dita berkata:

    hehheeh,,intel rebus, kopi item, nasi sarden sma gorengan,,makan brg tmn2 seruuuu jdinya

  2. poin 1 salah tulis tuh, deskripsi dan gambarnya nasi telor tapi judulnya Nasi goreng atau magelangan
    nih ya Mas Adli Hazmi, aku ceritain asal-usul menu magelangan biar gak jadi misteri (sebenernya udah bukan misteri, tapi masnya aja yg kurang update). Jadi kalo mas Adli pesen nasi goreng di warung-warung di Magelang, Jawa Tengah, secara default mereka akan menyajikan nasi goreng yang dicampur mie (biasa disebut nasi mawut kalau di surabaya atau jatim, dan oplosan kalo di banyumas, purwokerto, dsk). Nasi goreng campur mie ini sangat lumrah di Magelang dan hal inilah yang diangkat oleh pemilik warung burjo sebagai menu di warung mereka. Penambahan akhiran “-an” pada kata magelang memberi arti nasi goreng tersebut disajikan/dimasak dengan gaya/style khas Magelang (dengan penambahan mie). Kebetulan saya sendiri lahir dan besar di magelang dan walaupun sekarang tinggal di Bandung, saya mengenal beberapa kuliner Jogja, termasuk favoritnya mahasiswa macam warung-warung burjo gini.

  3. Adli Hazmi berkata:

    iyak mas anjar dwi kurniawan, yang point 1 sebenarnya udah bener nulis nasi telor ..tapi entah ketika di review oleh siapa juga ga tau tiba tiba jeng jeng jeng…ganti gini yak…trus juga udah di edit tapi masih blm muncul juga Nasi Telor nya (jadi laper)..

    dan makasih banget pencerahan tentang magelangan yang akhirnya bukan misteri lagi ahhahaha

  4. Ifah Latifah berkata:

    warung burjo murni belakang hyyat

CLOSE