Pilihan Profesi Kekinian di Bidang Kuliner yang Disebut Sandiaga Uno sebagai Salah Satu Sektor Potensial

Sandiaga Uno menyebut sektor kuliner berpotensi besar dan menyerap banyak tenaga kerja, peluang karir terbuka lebar.

Industri kuliner emang nggak ada matinya. Sebagai salah satu kebutuhan pokok, keberadaan makanan selalu dicari-cari, mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Kuliner ini menjadi salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan positif dan berperan terhadap pemulihan ekonomi Indonesia di era normal baru.

Lewat pernyataan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno di acara TopKarir Virtual Jobfest 2021, sektor kuliner berhasil menyumbang 9,5 juta lapangan kerja. Artinya peluang pekerjaan di sektor ini masih terbilang besar lho. Buat kamu pecinta kuliner dan mau terjun berkarir di ranah ini ada beberapa pilihan profesi kekinian yang bisa kamu jajaki, berikut ulasannya.

Advertisement

1. Manfaatkan pengalaman dan wawasanmu di dunia kuliner dengan menjadi Chef atau Koki

Photo by wirestock via freepik

Photo by wirestock via freepik via http://freepik.com

Nggak sah rasanya kalau ngomongin pekerjaan di bidang kuliner tanpa menyebut chef/koki. Eh, tapi udah tau belum? Ternyata koki dan chef itu beda lho. Kalau kamu punya gelar sarjana kuliner atau dilatih oleh chef ternama, tersertifikasi, serta meniti karir di bidang ini, kamu bisa disebut sebagai chef. Tapi kalau hanya dibekali pengalaman masak di rumah atau berada di tingkat bawah jenjang karir restoran, biasanya dipanggil koki.

Untuk berkarir di bidang ini setidaknya kamu harus punya kemampuan mengenal dan mengolah bahan masakan. Kamu juga bisa mengikuti pendidikan formal di bidang tata boga, pelatihan online, atau sertifikasi khusus yang akan menambah keterampilanmu di dunia kuliner.

Advertisement

2. Punya kemampuan menulis atau pede tampil di depan kamera? Food blogger bisa jadi pilihan profesimu di dunia kuliner

Photo by master1305 via freepik

Photo by master1305 via freepik via http://freepik.com

Profesi yang satu ini sangat lekat dengan milenial dan gen z, apalagi kalau bukan food blogger. Sebagai salah satu kebutuhan hidup, makanan selalu menarik buat semua orang. Kamu bisa membuat konten kuliner dalam bentuk tulisan maupun audio-visual.

Untuk merintis profesi ini setidaknya kamu harus punya kemampuan menulis, berbicara di hadapan kamera, sampai editing. Kamu juga harus terus update tren kuliner terbaru, makanan viral, dan tempat makan yang menarik untuk audiens yang kamu tuju.

3. Menyulap tampilan makanan jadi lebih menggugah selera, food stylist ahlinya

Photo by rawpixel.com via freepik

Photo by rawpixel.com via freepik via http://freepik.com

Pertumbuhan usaha di bidang kuliner membuka banyak peluang karir untuk para food stylist. Pasalnya para pengusaha ini juga butuh foto menu dan masakan yang mampu menarik perhatian pelanggan. Sebagai seorang food stylist kamu perlu menentukan tema, mengatur angle kamera, juga menata makanan yang akan dipotret agar lebih menggugah selera.

Advertisement

4. Punya kapasitas dapur yang besar dan kemampuan mengolah beragam jenis masakan, pengusaha katering bisa jadi profesi menjanjikan

Photo by freepik via freepik

Photo by freepik via freepik via http://freepik.com

Bagaimanapun juga masak membutuhkan waktu dan proses, mulai dari mencari ide memasak, membeli bahan-bahan, berkutik dengan kompor dan wajan di dapur, sampai masakan siap dihidangkan. Tapi nggak semua orang punya waktu buat melakukan semua itu, apalagi menyiapkan makanan untuk partai besar.

Karena itu katering hadir sebagai solusi. Mulai dari perkantoran, acara pernikahan, sampai seminar membutuhkan jasa dan makanan katering. Di masa pandemi sekarang ini banyak lho pengusaha katering yang berinovasi menyediakan paket makanan untuk mereka yang lagi isolasi mandiri.

5. Barista

Photo by jcomp via freepik

Photo by jcomp via freepik via http://freepik.com

Menjamurnya bisnis coffee shop di Indonesia juga membuka banyak peluang karir di bidang ini. Posisi yang banyak dibutuhkan salah satunya barista. Profesi yang satu ini juga nggak kalah populer di kalangan milenial, selain terlihat keren, minat anak muda untuk mendalami dunia perkopian juga tinggi. Apalagi sejak kemunculan film Filosofi Kopi, bekerja sebagai barista jadi punya nilai tersendiri.

 

Di era adaptasi sekarang ini, skill kerja harus terus ditingkatkan. Untuk membantumu mengembangkan skill, TopEdu punya berbagai pelatihan online bersertifikasi yang bisa kamu ikuti, temukan materi pelatihan yang #KamuBanget di sini.

Dapatkan juga informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE