5 Alasan Sebaiknya Kamu Tinggal Terpisah dari Orang Tua Maupun Mertua Setelah Menikah

Pisah dari orang tua setelah menikah

Perubahan status dari lajang ke menikah merupakan sesuatu yang sangat diidam-idamkan oleh sebagian besar orang, baik wanita maupun pria. Bagaimana tidak? Kehidupan setelah menikah akan merasakan enak-enak dengan cara halal dan tidak akan merasa kesepian karena sudah ada teman bobok.

Eits, jangan salah, menikah ada nggak enaknya juga. Ketika kalian menikah, maka kalian harus siap dengan perubahan-perubahan yang ditunjukkan oleh pasangan. Misalnya, dulu pasanganmu pendiam, eh setelah menikah dia menjadi pribadi yang sangat cerewet. Selain itu, masalah finansial juga menjadi hal yang sangat sensitif dan masalah tinggal dimana setelah menikah menjadi hal yang penting. Nah, artikel berikut akan membahas alasan kenapa kamu sebaiknya tidak tinggal bersama orang tua atau mertua setelah menikah.

Advertisement

1. Mandiri, satu kata yang sederhana tapi kamu harus belajar mulai dari sekarang

Alasan pertama adalah mandiri, cukup singkat, padat, dan jelas. Sebab ketika kalian memilih untuk menikah berarti sudah siap secara fisik, mental, dan finansial. Meskipun belum mapan, tapi kemandirian kalian akan diuji saat tinggal berdua saja dengan pasangan di rumah kontrakan. Kalian berdua akan belajar mengatur emosi, mengatur keuangan, dan mengatur rumah tanpa ada orang lain yang tahu.

2. Manajemen konflik, akan tumbuh saat kalian intens dengan pasangan

Manajemen konflik yang tumbuh

Manajemen konflik yang tumbuh via https://cdn.idntimes.com

Manajemen konflik merupakan hal yang sangat penting bagi pasangan karena pasangan akan menampakkan wujud aslinya tanpa harus ditutup-tutupi. Nah, mungkin selama pacaran, mereka selalu menjaga image-nya dihadapanmu, maka sekarang mereka akan blak-blakan dihadapanmu. Cara seseorang menghadapi pasangan itu beda-beda, kalian dapat mengetahui polanya saat kalian sering dekat dengan pasanganmu.

Advertisement

3. Saat bertengkar, kalian bisa menyelesaikan tanpa harus pihak ketiga kompor di antara kalian

Penyelesaian berdua saja

Penyelesaian berdua saja via https://asset.kompas.com

Kehidupan rumah tangga tentu tidak lepas dari pertengkaran akibat perbedaan pendapat. Pada saat pertengkaran tersebut, pasangan membutuhkan ketenangan dan tidak membutuhkan 'kompor' dari orang lain. Nah, kalau kalian tinggal bersama orang tua atau mertua, pertengkaran kalian akan semakin parah karena pada saat emosi, kalian akan menjadi manusia yang sangat sensitif.

4. Quality time lebih berkualitas jika hanya berdua saja

Kualitas waktu akan terjaga

Kualitas waktu akan terjaga via https://akcdn.detik.net.id

Yups, quality time lebih berkualitas jika dilakukan berdua karena dapat mengenal pasangan lebih dekat dan mengetahui apa keinginan pasangan lebih detail.

5. Pasangan yang mandiri dapat menjadikan anak mandiri juga

Mandiri mulai dari kecil

Mandiri mulai dari kecil via https://woop.sgp1.cdn.digitaloceanspaces.com

Terakhir, menjadi pasangan yang mandiri secara tidak langsung dapat membentuk karakter kita menjadi sangat mandiri dan dewasa dalam menghadapi kehidupan. Hal ini juga akan menular secara otomatis kepada anak-anak, karena pada dasarnya anak-anak akan mencontoh hal yang dilakukan oleh orang tua melalui panca indera.

Jadi gimana, udah siap untuk tinggal terpisah dan menahkodai kapal ini bersama suami aja?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta Kopi dan Diskusi//Suka Travelling, Musik, dan Kuliner//Orang Trenggalek yang sedang tinggal di Kota Malang

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE