Points dan Badge untuk Kontributor Hipwee: Hal-hal yang SoHib Harus Tahu, Betapa Hipwee Perhatian Banget Sama SoHip

Poin dan badge dalam aktivitas kontributor di Hipwee Community

Saat SoHip ditanya tentang: Apa sih untungnya nulis di Hipwee? 

Mungkin SoHip akan menjawab, menulis di Hipwee bikin skill menulismu semakin terasah atau meningkatkan kreativitas menulismu karena gaya kepenulisan di Hipwee yang cenderung ekspresif dan membebaskan kontributornya untuk menulis tentang apapun. SoHip juga mungkin akan menjawab, menulis di Hipwee bisa memberikan kebebasan dalam mengungkapkan perasaan dan pendapatmu. Atau jawaban-jawaban lain seperti menambah portofolio menulis, pertemanan, jejaring, bahkan kalau pas dapat hadiah kompetisi, baik fisik maupun uang, bisa untuk tambah-tambah uang jajan. 

 

Yapp! Semua yang SoHip bilang itu benar dan valid. 

 

Eittsss… Tapi ternyata, tidak hanya itu loh, SoHip!

 

Keunikan dari Hipwee adalah ia selalu mengapresiasi semua bentuk karya dari kontributornya, dan memberikan reward atas semua usaha yang mereka lakukan. Hipwee paham, untuk menghasilkan sebuah karya tulisan, para SoHip butuh waktu untuk menulis, butuh tenaga, butuh kesempatan, bahkan ide dan daya pikir yang nyaman untuk menulis. Semua karya yang masuk di Hipwee perlu diapresiasi. Bahkan ketika ada satu tulisan yang tidak lolos untuk dipublikasikan, Hipwee memberikan saran dan masukan, apa dan bagaimana perbaikan yang perlu dilakukan. Karena itu apresiasi karya SoHip selalu dikedepankan. 

 

Nah, tahukah SoHip, salah satu bentuk apresiasi yang diberikan Hipwee ke semua kontributor adalah memberikan poin berdasarkan aktivitas mereka dan serunya lagi, poin ini bisa ditukar dengan reward.

Eh, belum tahu? Iya, poin yang didapat dari aktivitas SoHip berkarya bisa ditukar dengan merchandise Hipwee, keanggotaan Hipwee Premium, hingga e-money. Yakin belum tahu? 

Oke, baiklah, biar SoHip makin semangat berkarya, ini dia informasi kenapa SoHip harus semakin giat berkarya di Hipwee!

Advertisement

1. Hipwee poin dan redeem poin

Photo by Nataliya Vaitkevich

Photo by Nataliya Vaitkevich via https://www.pexels.com

Hipwee points merupakan point yang bisa SoHip dapatkan dari setiap konten yang sudah terbit di Hipwee, dihitung berdasarkan total view dan total share. Yapp, proses ini adalah bentuk nyata Hipwee berterima kasih sekaligus memberi semangat SoHip untuk terus menulis dan berkarya. Apresiasi ini diwujudkan dalam bentuk poin, dan setiap aktivitas yang SoHip lakukan ada poin yang didapatkan: artikel publish, jumlah share artikel, berapa artikel yang dihasilkan, semua ada besaran poinnya. Nah, poin-poin inilah yang nantinya ketika sudah terkumpul dalam jumlah tertentu bisa SoHip tukar dengan ‘hadiah’ yang sudah disiapkan, bisa voucher digital, merchandise dari Hipwee, bahkan uang tunai. Namanya tukar poin, atau biasa disebut Redeem Point. 

 

Advertisement

Tidak hanya itu, Hipwee juga sudah menyiapkan gelar-gelar (badge, semacam lencana) tertentu untuk SoHip yang mencapai meraih level-level tertentu, seperti Most Active User (user/ kontributor paling aktif di rentang waktu tertentu), Most Shared Post (user/ kontributor dengan jumlah share keseluruhan dari post/ tulisan yang dimiliki di rentang waktu tertentu), Most Shared User Post (post/ tulisan dengan jumlah share terbanyak di rentang waktu tertentu), Hipwee Reader (pembaca), Hipwee Kontributor (kontributor), dan banyak lagi.

Bingung ya? Tenang, kita jelaskan satu per satu.

2. Hadiah untuk SoHip yang rajin

Photo by Mikhail Nilov:

Photo by Mikhail Nilov: via https://www.pexels.com

Sebagai kontributor, SoHip pasti sering buka dashboard saat akan menulis. Nah di situ ada bagian ‘Reward Saya’. Cobalah cek di bagian itu, dan SoHip akan temukan beberapa item reward yang SoHip bisa dapatkan, mulai dari Voucher Hipwee Premium dengan durasi tertentu, uang tunai dengan nominal tertentu, dan merchandise eksklusif dari Hipwee seperti kaos, buku, tumbler, dan sebagainya. Pastikan berapa poin yang SoHip miliki dan SoHip akan tahu pilihan reward yang bisa SoHip dapatkan.

Advertisement

3. Apresiasi untuk SoHip yang aktif

Photo by Breakingpic:

Photo by Breakingpic: via https://www.pexels.com

Memangnya kalau aku nulis banyak, apa yang aku dapat?

Tenang, tidak hanya jumlah tulisan yang Hipwee perhitungkan, tapi juga seberapa banyak tulisan SoHip telah dibagikan. Karena itu Hipwee sudah menyiapkan tiga kategori khusus untuk SoHip yang nggak hanya rajin nulis tapi juga membagikan tulisannya. Nih simak: 

  • Most Active User

Adalah user dengan jumlah post terbit terbanyak dalam periode tertentu. Untuk Most active user mingguan, Hipwee bakal kasih 50 poin untuk SoHip. Sedangkan untuk Most active user bulanan, Hipwee kasih SoHip 250 poin tambahan. Misalkan dari keseluruhan penulis, SoHip adalah kontributor dengan tulisan terbanyak yang diterbitkan, misalnya 20 tulisan, dan yang lain di bawah jumlah SoHip, SoHip bakal dapat gelar dan tambahan poin itu. Seru kan!

Gimana cara meraih ini? Banyakin tulisan SoHip, dan pastikan tulisan SoHip diterbitkan!

 

  • Most Shared Post

Adalah user dengan total shared post terbanyak dalam periode tertentu.

Punya post gak terlalu banyak? Tenang, SoHip masih punya peluang untuk dapat poin tambahan, dengan memastikan post atau tulisan SoHip dibagikan ke banyak orang. Di gelar ini, kami mengakumulasikan aktivitas share artikel yang SoHip punya di waktu tertentu. Jadi misalkan SoHip punya 3 artikel saja, namun satu artikelnya dishare sebanyak 10 kali, artinya total share nya 30, dan jika total ini adalah total share terbanyak dari semua kontributor, SoHip pantas mendapatkan poin tambahan juga. 

Untuk Most Shared Post mingguan Hipwee kasih 50 poin untuk SoHip, sedangkan untuk yang bulanan Hipwee kasih 250 poin. Makin semangat kan?

 

  • Most Shared User Post

Punya satu artikel yang benar-benar menarik dan telah dibagikan oleh ribuan pembaca? Selamat, SoHip mungkin saja bakal dapat 50 poin tambahan bila SoHip adalah pemilik tulisan dengan jumlah share terbanyak di satu minggu. Dan bila salah satu artikel SoHip adalah artikel dengan jumlah share terbanyak di satu bulan, SoHip juga bisa mendapatkan tambahan 250 poin. Wihhh mantab gak tuh? 

Sekarang coba bayangkan kalau kalian dapat ketiganya? Tunggu apa lagi, tulis karyamu, submit, dan share sebanyak-banyaknya!

4. Level newbie sampai level mastah

Photo by Pixabay:

Photo by Pixabay: via https://www.pexels.com

Bila SoHip rajin cek dashboard, SoHip akan temukan logo mirip tameng dengan nama badge di sana, dan kalau SoHip klik akan muncul list badge yang SoHip punya. Nah Badge ini adalah level dimana SoHip berada, yaa seperti kasta gitu, haha, tapi kasta ini berdasarkan keaktifan SoHip berkarya. Di situ SoHip bisa pilih, SoHip ingin ditampilkan di kasta mana, tentu saja kalau SoHip sudah punya beberapa badge ya. Nih detailnya…

Berdasarkan level produktif SoHip: 

  1. Hipwee reader, adalah kontributor dengan hanya 1 tulisan yang diterbitkan. Kontributor ini akan mendapatkan 10 poin untuk setiap tulisannya
  2. Hipwee Kontributor, adalah kontributor dengan minimal 20 tulisan yang telah diterbitkan. Kontributor ini adakan mendapatkan 500 poin tambahan di luar poin per tulisannya
  3. Hipwee Senior Kontributor, adalah kontributor dengan minimal 50 tulisan yang telah diterbitkan. Kontributor ini akan mendapatkan poin tambahan sebesar 1500
  4. Hipwee Elder Kontributor. Nah ini level masternya. Khusus untuk SoHip yang sudah memiliki minimal 100 artikel yang telah dipublikasikan, Hipwee kasih bonus 2000 poin. 

 

Berdasarkan jumlah share artikel SoHip: 

  1. Hipwee Author, adalah ketika artikel-artikel  telah dibagikan 10 kali. Di sini SoHip bakal dapat 10 poin
  2. Interesting Article, adalah saat jumlah share dari artikel SoHip sudah sebanyak minimal 5000 kali. Saat SoHip di level ini, Hipwee akan kasih SoHip tambahan 500 poin
  3. Nice Article, adalah ketika artikel-artikel SoHip telah dibagikan minimal 25000 kali. Di sini Hipwee bakal kasih tambahan lagi 750 poin. Dan yang terakhir…
  4. Very Good, adalah saat keseluruhan artikel SoHip sudah dibagikan sebanyak 500000 kali. Dan sebagai rewardnya Hipwee akan memberimu 2000 poin tambahan

5. Dapatkan 100 poin pertama SoHip dengan membuat akunmu centang biru!

Photo by Ann H

Photo by Ann H via https://www.pexels.com

Untuk SoHip yang belum ada karya, SoHip masih bisa dapat tambahan poin 100 yang otomatis kami kirimkan ke SoHip saat SoHip buat akunmu centang biru. Cek caranya di sini! Kalau sudah paham, buat centang birumu di sini!

 

Nah, gimana SoHip? Setelah tahu informasi detail soal poin yang akan SoHip peroleh dari aktivitas menulis di Hipwee, pasti udah kepikiran akan nulis apa aja selanjutnya di Hipwee. Dan satu lagi SoHip! Semakin banyak artikel SoHip yang dipublish setiap bulannya dan semakin sering SoHip share artikelnya, SoHip juga bisa berkesempatan menjadi Kreator Terbaik yang akan dipilih oleh Tim Hipwee setiap bulannya.

Wahh, pasti SoHip makin semangat buat berkarya bersama Hipwee. Dan Hipwee akan senantiasa menemani langkahmu berkreasi!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE