Audien menguap, terkantuk-kantuk, tidak antusias, kemudian terdengar suara krik krik krik, ketika kamu berkata “ada pertanyaan?

Perumpamaan di atas merupakan contoh ekstrem dari reaksi audien ketika melihat presentasi yang tidak menarik dan membosankan. Namun, bukan berarti hal ini tidak mungkin terjadi pada presentasimu. Kamu bisa saja menerima reaksi ini jika penyampaianmu kurang bersemangat, tidak terlalu menguasai topik, ditambah visual (slide) presentasimu “mengerikan”.

Tapi tenang saja! Jika kamu adalah orang yang memiliki inisiatif tinggi dan merupakan seseorang yang mengikuti perkembangan zaman, kamu tidak akan mengalami hal tersebut. Karena saat ini, terdapat banyak sekali situs-situs inspiratif dan aplikatif yang bisa kamu manfaatkan untuk desain presentasi yang menarik. Salah 9-nya adalah situs-situs berikut ini:

1. Slideshare

Kamu, para mahasiswa, pasti tahu kan situs ini? Situs berbasis presentasi online yang memungkinkan penggunanya untuk mencari dan mengunggah file presentasi dalam format PowerPoint, PDF, Keynote, atau OpenDocument.

Saat ini pengguna situs yang pada tahun 2012 diakuisisi oleh LinkedIn ini telah mencapai 70 juta orang dengan konten-konten yang terbagi menjadi 40 kategori. Dengan banyaknya kategori dan jumlah presentasi yang tersedia di sini, kamu bisa mencari inspirasi mengenai topik maupun desain presentasi yang menarik.

2. Pinterest

Advertisement

Siapa sih yang tidak kenal pinterest? Situs berbasis gambar dengan berbagai macam kontennya yang inspiratif dan aplikatif. Kamu bisa menemukan inspirasi apa saja mulai dari fotografi, fashion, seni, olahraga, teknologi, hingga desain, termasuk di dalamnya desain presentasi.

Situs ini sangat cocok untuk kamu yang mungkin kehabisan ide ketika sedang mendesain presentasi, karena di sini terdapat banyak sekali template dan contoh desain presentasi yang menarik.

3. Pexels

Di mana kamu biasanya mencari gambar, terutama untuk presentasimu? Mungkin kebanyakan akan menjawab “Google”. Ya, google memang merupakan situs pencarian terbesar dengan hasil pencarian yang beraneka ragam. Namun, karena hasilnya yang sangat beraneka ragam, terkadang konten yang kita cari justru tenggelam dan jika pun ketemu, belum tentu resolusinya bagus.

Advertisement

Untuk itu, terdapat referensi lain untuk kamu yang ingin mendapatkan gambar beresolusi tinggi secara gratis yang bebas hak cipta serta dapat digunakan untuk keperluan apapun, termasuk presentasi. Situs tersebut adalah Pexels. Selain gambar, kamu juga dapat mengunduh video HD singkat yang dapat kamu sertakan dalam presentasi.

4. Unsplash

Selain Pexels, situs penyedia foto gratis berkualitas tinggi lainnya adalah Unsplash. Gambar yang disediakan oleh Unsplash tidak kalah kualitasnya dengan Pexels. Kamu akan disajikan dengan gambar-gambar HD yang menarik hasil bidikan fotografer-fotografer handal. Namun tidak seperti Pexels, kamu tidak dapat memilih ukuran gambar (jika kamu menginginkan ukuran gambar yang lebih kecil) di Unsplash.

5. Freepik

Bagi desainer grafik, situs ini mungkin bisa disebut sebagai “surga” bagi mereka, karena situs ini menyediakan foto, vektor, file PSD, dan ikon berkualitas tinggi yang dapat diunduh secara gratis (kebanyakan gratis) maupun berbayar. Untuk kamu yang akan membuat presentasi, situs ini tentu tidak boleh dilewatkan, karena saat ini, presentasi yang menarik dan profesional bukanlah presentasi yang hanya berisi tulisan tetapi juga menyertakan elemen visual, seperti foto dan ikon. Situs ini tentu memudahkan dan mempercepat pekerjaanmu karena kamu dapat melakukan pencarian untuk menemukan file yang diinginkan. Selain itu, freepik juga dapat memberikan inspirasi untuk desainmu.

6. Iconmonstr

Iconmonstr

Iconmonstr via https://iconmonstr.com

Jika Freepik adalah situs penyedia desain grafis dengan jenis yang bermacam-macam, Iconmonstr merupakan situs yang khusus menyediakan file berupa ikon dan font ikon. Cara kerjanya sama seperti freepik dan mesin pencarian lainnya, kamu dapat mencari ikon yang kamu inginkan dengan memasukkan kata kunci pada bar pencarian. Terdapat lebih dari 3825 ikon yang bisa kamu manfaatkan untuk mempercantik visual presentasimu dan membuatnya terlihat profesional.

7. 1001 Fonts

Salah satu elemen yang dapat meningkatkan visual presentasimu adalah penggunaan font. Memang saat ini Microsoft maupun Keynote telah menyediakan banyak font, namun font tersebut belum tentu menarik. Sebagai gantinya, kamu bisa keluar, menghirup udara segar, dan mencari font-font yang menarik di sekeliling internet.

Salah satu situs penyedia font gratis adalah 1001 fonts. Terdapat banyak sekali jenis font dalam berbagai kategori yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat visual presentasimu lebih menarik atau profesional.

8. DaFont

Sama seperti 1001 font, Dafont merupakan situs penyedia font yang dapat kamu unduh secara gratis. Selain bisa menguduh font-font menarik, kamu juga dapat mengunggah hasil karya fontmu pada situs ini.

9. Typ.io

Typ.io

Typ.io via http://typ.io

Salah satu tips untuk membuat tampilan presentasimu menarik adalah dengan mengkombinasikan font. Namun, melakukan kombinasi font perlu memperhatikan kepadanannya, apakah font sesuai jika dipasangkan atau justru membuat tampilan presentasimu norak.

Jika kamu bingung dan tidak ahli dalam mengkombinasikan font, kamu dapat langsung menuju ke Typ.io. Typ.io adalah situs yang menyediakan kombinasi font disertai contoh penerapannya. Kamu dapat mengetahui font apa yang cocok dengan font lainnya, sehingga memudahkan, mempercepat, dan membantumu dalam membuat presentasi yang menarik.

Nah gimana sobat, sekarang nggak perlu khawatir lagi kan presentasimu bakal membosankan. Selamat mencoba brother sister!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya