Profesi Unik dan Tampil beda, Ini Dia 5 Tips Menjadi Astrofotografer

Memotret Galaksi Bima Sakti

Saat ini fotografi menjadi hobi banyak orang. Bahkan dengan handphone saja kamu bisa menghasilkan foto yang sangat bagus dan aesthetic. Kalau kamu adalah orang yang memiliki pekerjaan atau hobi fotografi, cobalah untuk mencoba genre yang unik ini yaitu, Astrofotografi. Astrofotografi merupakan salah satu pecahan dari fotografi landscape, yang mana kamu menjadikan alam semesta dengan keunikannya sebagai objek foto kamu. Objek yang di maksud adalah galaksi bima sakti, komet, nebula dan seluruh benda-benda angkasa lainnya.
 

Advertisement

1. Mempelajari Triangle Exposure

Foto april christian schipflinger dari Photopills Award

Foto april christian schipflinger dari Photopills Award via https://www.photopills.com

Setiap fotografi tidak jauh-jauh dari yang namanya segitiga exposure. Ini adalah salah satu rumus fotografi yang wajib kamu pelajari karena, memotret galaksi sendiri membutuhkan shutter speed yang lumayan lama untuk satu fotonya. Admin akan bagikan exposure setting yang recommended untuk memotret galaksi nih!

  • Gunakan ISO 800 – 1600, agar noise yang di hasilkan tidak terlalu banyak.
  • Atur diafragma ke bukaan yang paling lebar antara f/4 atau f/2.8.
  • Atur Shutter Speed selama 15 detik, agar bintang yang sebagai objek tidak terlihat bergaris. Untuk memotret Star Trail kamu bisa melakukan Stack foto atau menggunakan Shutter Speed Selama 30 Detik atau Lebih.

2. Gunakan Lensa Wide

Foto javier martinez dari Photopills Award

Foto javier martinez dari Photopills Award via https://www.photopills.com

Lensa wide berfungsi untuk mengambil foto agar terlihat lebih luas. Ruang angkasa merupakan tempat yang lebih luas dari bumi, dengan menggunakan lensa wide kamu akan di mudahkan untuk mengatur komposisi pada foto kamu dan lensa wide juga akan membantu kamu menemukan moment-moment unik seperti comet dan sebagainya. Lensa yang sangat direkomendasikan memiliki Focal Length yang luas seperti 14mm, 12mm dan 10mm.

3. Pelajari Geografis dan Cuaca

Foto yuri shtukaturov dari Photopills Award

Foto yuri shtukaturov dari Photopills Award via https://www.photopills.com

Astrofotografi bukan hanya sekedar fotografi, kamu juga harus mengetahui medan seperti apa yang akan kamu tentukan sebagai lokasi kamu mengambil foto. Lokasi yang sesuai ketika kamu ingin memotret galaksi Bima Sakti harus terbebas dari polusi cahaya dan memiliki foreground yang dapat mendukung komposisi kamu. Pastikan juga cuaca di Lokasi tersebut tidak berawan atau mendung, karena dapat membuat Galaksi tersebut ditutupi oleh awan.

4. Cari tahu Center of Galaxy

Photophills augmented reality Feature

Photophills augmented reality Feature via https://www.photopills.com

Galaksi Bima Sakti memiliki titik Tengah (badan) dan Ujung (Ekor). Center of Galaxy yang indah berada di bagian tengah galaksi Bima Sakti. Lalu, bagaimana cara mengetahuinya? Kamu  bisa menggunakan aplikasi Photopills. Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk melakukan planning pemotretan kamu. kamu bisa mengatur Lokasi, Jam dan arah kamu mengambil foto. Aplikasi ini juga sudah di dukung dengan fitur Augmented Reality sehingga kita bisa memiliki bayangan hasil foto kita nantinya. Pastikan juga tidak ada bulan saat kamu melakukan pemotretan karena, cahaya bulan dapat mengganggu visibilitas Galaksi tersebut.

Advertisement

5. Jangan lupa untuk melakukan Post Processing untuk setiap fotomu

foto pablo ruiz garcia dari Photopills Award

foto pablo ruiz garcia dari Photopills Award via https://www.photopills.com

Post Processing adalah editing foto sebelum foto tersebut di posting, kamu boleh melakukan editing pada foto yang kamu tetapi tidak boleh menambahkan unsur di luar foto tersebut seperti manipulasi. kamu bisa menambahkan Tone warna agar Galaksi Bima Sakti tersebut memiliki dimensi dan terlihat nyata

Tips diatas dapat kamu terapkan ketika kamu berencana untuk memotret Galaksi Bima Sakti. Kreasikan fotomu dengan berbagai komposisi unik. Jadilah Fotografer yang mampu memanfaatkan moment di sekitarnya. Selamat mencoba, Semoga Bermanfaat ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Photography and Cinematography Holic | Creativepreneur

CLOSE