Film Eat Pray Love diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Kisah ini menceritakan seorang perempuan patus cinta bernama Elizabeth, atau akrab disapa Liz (Julia Roberts). Liz merasakan stress yang luar biasa karena mendapati ikatan pernikahannya harus berakhir. Untuk menangani masalah peasaan terpuruk akibat perceraian itu, Liz memutuskan pergi mengunjungi tiga negara. Ketiga negara yang dituju adalah Itali, India, dan Indonesia (Bali).

Dalam perjalanannya Liz bertemu dengan bermacam-macam orang dan mendapatkan insight tentang sisi positif kehidupan. Secara umum, dapat dikatakan bahwa novel ini menceritakan "perjalanan patah hati".

1. "Ruin is a gift. Ruin is the road to transformation."

Bukan ingin sok bijak atau sok kuat, namun datangnya masalah yang membuat hubungan kalian hancur adalah jalan pembuka untuk hal lain yang Tuhan sudah siapkan buatmu.

2. "This is a good sign, having a broken heart. It means we have tried for something. "

eat pray love

eat pray love via http://www.filmofilia.com

Patah hati membuatmu tahu apa yang berharga dari hubungan kalian hingga kamu berkorban banyak. Berjuang dari patah hati membuatmu belajar banyak hal. Salah satunya, patah hati memang sakit pada awalnya, namun seiring berjalannya waktu kamu bisa merasakan bagaimana luka hati itu pelan-pelan sembuh.

3. "You need to learn how to select your thoughts the same way you select your clothes every day"

liz di India

liz di India via http://img01.ibnlive.in

Advertisement

Kamu yang sedang patah hati perlu melindungi dirimu sendiri dari jahatnya pikiran-pikiran irrasionalmu. Pikiran buruk bisa tidak disaring membuatmu merasa minder, hidup tidak ada gunanya, dan mengasihani diri dengan berkepanjangan. Tanpa kamu bisa melihat hal baik apa yang mungkin kamu kerjakan saat itu.

4. "When I get lonely these days, I think: so be lonely. Learn your way around loneliness."

lis di Italy

lis di Italy via http://www.filmapia.com

Perlawanan pada sebuah perasaan buruk hanya membuatnya menetap lebih lama. Rasa kesepian hadir bukan untuk ditolak, ya cukup dirasakan saja. Perlahan tapi pasti, rasa kesepian itu bukan jadi penderitaan buatmu. Kamu bisa merasakan ketenangan, lewat cara itulah kepalamu bisa berpikir lebih jernih.

5. "I think I deserve something beautiful"

lis di Bali

lis di Bali via http://terraceatkuta.com

Pada saat kita terpukul karena sebuah masalah, kita kerap berlaku tidak adil untuk diri sendiri. Perasaan itu menutupi jalan terbukanya rezeki lain yang sedang menuju kepadamu. Untuk itu, dalam keadaan patah hati ingatlah bahwa sesuatu yang baru, lain, dan lebih berharga sangat pantas kamu dapatkan. Buruknya sebuah hubungan belum tentu karena kesalahanmu, tidak menutup kemungkinan bukan kalau dia yang jadi trouble maker.

6. "do not apologize for crying. Without this emotion, we are only robots."

Liz dan Ketut Liyer

Liz dan Ketut Liyer via http://terraceatkuta.com

Advertisement

Manusia dianugerahi emosi positif dan negatif. Keluhan terbesar adalah kesulitan mengelola emosi negatif. Meski demikian, pengalaman emosi positif maupun negatif perlu sama-sama dialami agar bisa mendapatkan kematangan emosi.

7. "With all your heart forgive him, forgive yourself and let him go."

Memaafkan adalah mengikhlaskan, bukan melupakan. Di suatu titik move on mu nanti berhasil jika, kamu ingat pelajarannya namun mengikhlaskan peristiwanya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya