Saat Persedian Uangmu Pas-Pasan, 6 Hal Baik Ini yang Akan Kamu Rasakan

Hikmah punya uang pas-pasan

Punya uang lebih rasanya memang menyenangkan. Kamu bisa melakukan apapun yang dirimu inginkan. Seperti mau makan bisa tinggal beli dan pilih sesuai selera, atau pergi ke kafe-kafe dengan harga kopi selangit pun santai saja. Tapi sayangnya isi dompetmu ini punya masa-masa pasang serta surutnya. Kamu tak selalu dimanjakan dengan uang yang berlebihan. Ada kalanya uangmu pas-pasan sekali, membuatmu harus pikir dua kali saat ingin menggunakannya.

Advertisement

Tak perlu ditanya awal menyesuaikan diri dengan uang yang serba pas-pasan itu bagaimana, sulit pokoknya. Tapi setelah terbiasa ternyata ada hal baiknya juga yang bisa kamu rasa. Hal lain yang lebih luas dari persoalan menghargai uang yang dipunya.

1. Nggak ada lagi yang namanya asal beli ini itu, tapi sekarang harus sesuai daftar yang dibuat olehmu

nggak asal belanja

Nggak asal belanja via www.logancoleblog.com

Saat uangmu ada banyak sisa rasanya membeli apapun mudah sekali. Ingin punya celana kulot yang lagi tren tinggal beli. Merasa harus ganti HP pun tanpa pikir-pikir lagi kalau yang kamu punya sekarang sebenarnya masih bagus. Bahkan saat pergi berbelanja keperluan bulanan seringnya terjadi pembengkakkan anggaran.

Tapi sekarang saat keuanganmu sering pas-pasan, kamu mulai terbiasa berbelanja sesuai daftar yang kamu buat. Setiap bulannya kamu mencatat keperluan yang sudah habis atau memang diperlukan sekali. Nggak ada istilah tambahan beli sesuatu yang kamu sendiri tak terlalu yakin faedahnya apa. Sebab kamu mulai paham, uangmu yang tak banyak ini masih bisa digunakan untuk keperluan yang lain.

Advertisement

2. Belajar masak setiap hari, supaya perutmu bisa terus terisi

masak sendiri

Masak sendiri via www.thestar.com

Nggak ada juga istilah jajan makanan di luar. Sekarang saat ingin memakan sesuatu, kamu memilih mengolahnya sendiri, entah itu makanan pokok atau sekadar camilan. Terkadang kamu pun tak memusingkan mau makan apa. Tapi yang penting masih ada bahan makanan yang layak untuk dimasak dan dimakan. Setidaknya usaha penghematan ini pun buatmu lebih kreatif dalam mengolah makanan. Siapa tahu kan dari kondisi seperti ini tercetus ide untuk bikin usaha kuliner sendiri.

3. Akhirnya kamu belajar kata “tidak” saat temanmu mengajak bersenang-senang atau pinjam uang

Bilang tidak dengan sumringah

Bilang tidak dengan sumringah via unsplash.com

Nis, ikut ke nonton yuk.

Nggak ah, aku di kos aja. Hehehe….

Bukannya kamu nggak asyik atau menutup diri. Tapi kondisi uangmu yang pas-pasan ini pun buatmu sadar diri. Kamu berpikir buat apa memaksakan senang-senang, kalau besok tak ada uang untuk membeli bahan makanan atau mencukupi keperluan lainnya. Jadi mau tak mau kamu harus menegaskan ke dirimu sendiri untuk bisa bilang “tidak”, jika ada sesuatu yang memang tak memungkinkan untuk dilakukan. Tak masalah jika kamu dianggap pelit atau nggak gaul. Karena yang penting sekarang adalah bagaimana bisa bertahan hidup dengan kemandirian.

Advertisement

4. Nggak lagi jadi anak mall atau kafe, kamu akan memilih tempat-tempat yang murah-meriah

Ke pantai murah-meriah dan bisa santai

Ke pantai murah-meriah dan bisa santai via www.logancoleblog.com

Saat generasimu sibuk pergi ke kafe-kafe fancy yang asyik buat minum kopi dan ngobrol. Atau pergi berbelanja keperluan fashion yang tak pernah ada habisnya. Kamu sekarang memilih meninggalkan mall dan kafe demi bisa memutar uang yang ada di dompetmu. Toh untuk urusan refreshing sebenarnya bisa dilakukan dimana saja. Bisa di taman-taman kota yang ternyata banyak yang unik. Bisa ke pantai yang masih dalam jangkauan tempat tinggalmu. Bisa juga sekadar bersepeda atau jalan-jalan santai di daerah sekitar rumahmu.

Bukankah yang penting kamu bahagia, meskipun tempat tujuanmu ini sama sekali tak mewah.

5. Jadi lebih sering menghabiskan waktu libur di rumah, mengerjakan hal-hal yang ternyata jauh lebih bermanfaat

beres-beres rumah

Beres-beres rumah via www.themoptop.com

Karena lebih sering memilih di kos atau di rumah saat liburan. Kamu pun jadi punya banyak waktu untuk kegiatan lain yang selama ini terabaikan. Kamu jadi bisa mencuci pakaian sendiri, membereskan kamar bahkan mengubah dekorasi ruangnya jadi lebih segar dari sebelumnya. Waktu untuk beristirahat dan memanjakan diri pun jadi lebih maksimal. Paling serunya lagi kamu juga bisa melakukan hobi-hobi yang selama ini ditinggalkan.

Setidaknya dari kondisi pas-pasan ini kamu pun mengerti arti rumah sebagai tempat yang juga menyenangkan untuk mengisi waktu liburan.

6. Kamu belajar hidup sederhana yang ternyata lebih santai dan nggak buatmu terus memikirkan materi

rasanya hidup sederhana

Rasanya hidup sederhana via unsplash.com

Kalau dulu kamu berpikir hidup pas-pasan itu pasti sulit dan tak menyenangkan. Tapi setelah mejalani, kamu justru merasakan bagaimana hidup yang tak perlu ngoyo memikirkan materi yang apa adanya. Kamu perlahan belajar hidup sederhana ternyata lebih baik dari gaya hidup yang berlebihan. Kamu tak lagi memikirkan gengsi. Tak perlu juga ada rasa-rasa ingin pamer segala hal yang kamu punya. Sebab hidup sederhana memang harusnya cukup disyukuri dan diambil pelajarannya saja.

Jadi kondisi ini pun tak hanya membuatmu belajar menghargai uang, tapi juga segala hal yang sudah kamu punya dan rasakan.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tukang catat yang sering dilanda rindu dan ragu

12 Comments

  1. Keke Haruka berkata:

    JANGAN DI READ YA… : ) TUH KAN MASIH DI READ AJA… : )
    PASTI NYA BIKIN KALIAN PENASARAN KAN MAU TAU ADA APA YAA ??!
    SEMAKIN DI READ SEMAKIN KAMU PENGEN KEPO IN ISI INFO NYA LOH…??!!

    DAN SUDAH PASTI 100% SAYA YAKIN AKAN BUAT KALIAN JADI SEMAKIN SUGES ( TERTARIK / KEPENGEN ) SETELAH BACA INFO PROMO BONUS DARI IDOLAPOKER.COM : )

    JADI JANGAN BILANG AKU NUMPANG PROMO YAA : )
    TAPI KALIAN YANG MAU READ LOH >>( BACA ) : )

    BURUAN KUMPUL/NONGKRONG DI IDOLAPOKER.NET YAA, TEMPAT GAME ONLINE TERBAEK, TERBESAR & TERPERCAYA DI SELURUH ASIA DAN PASTI NYA AKAN MEMBAWA KEBAHAGIA-AN UNTUK SEMUA ORANG.

    DIJAMIN GAK AKAN RUGI ATAU NYESEL KARENA TEMPAT NONGKRONG TERMURAH >100% REAL GAME > FUN > HAPPY> LUCKY DAN PENDAFTARAN NYA PUN GRATIS TANPA BIAYA APA PUN !!

    MINIMAL DEPOSIT PERMAINAN NYA HANYA RP 15.000 SAJA SUDAH BISA NONGKRONG BER-JAM -JAM DAN KALIAN BISA JADI NEXT MASTER POKER + BAWA PULANG UANG JACKPOT JUTA-AN RUPIAH LOH !!

    1 User ID Bisa Di- mainkan untuk 6 Games ;
    ( Texas Poker, Domino QQ, AduQ, BandarQ, Capsa Susun, dan Bandar Poker )

    INFO PROMO BONUS SAAT INI DI idolapoker.com
    ============================================
    Proses DEPO Dan WITHDRAW yang sangat cepat dan mudah hanya membutuhkan waktu 2-3 menit Saja.
    – Minimal deposit & Withdraw Rp. 15.000,-
    – ( BCA, MANDIRI, BNI, BRI, DANAMON )
    – Bonus Rolingan Turnover 0,5% Setiap Minggu.
    – BOnus Referral 20% seumur hidup.
    – Mega Jackpot Ratusan Juta Rupiah.
    – Costumer Service Siap Melayani 24 jam.
    – Bisa Dimainkan Dari Hp Android > IPAD > IPHONE.

    SUDAH READ KAN ?! SURE 100% GOOD INFO FOR U ALL > NAH WAKTU NYA SEKARANG JOIN N REGISTER YAA : )

    DAN SIAPKAN REKENING ANDA,KARENA IDOLAPOKER.COM BERSEDIA MEMBERIKAN KEBERUNTUNGAN UNTUK PARA MEMBER NYA SETIAP HARI TANPA KOMPROMI !!

    BUKTIKAN SENDIRI YAA FRIEND !!

    LINK ALTERNATIF : IDOLAPOKER.COM / IDOLAPOKER.NET / IDOLAPKR.COM

    Pin BBM : 7AFF4A66
    YM : cs.idolapoker
    Wechat : idolapoker
    Line : cs.idolapoker
    Telepon : 081269903693

  2. Mega Puspita berkata:

    waw banget nih tipsnya hehe

  3. Firda Mawarni berkata:

    iPaymu
    Transaksi Online Lebih Mudah

CLOSE