Udah kerja keras setiap hari, namun gaji tetap nggak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jangankan untuk membeli baju atau perlengkapan yang menunjang penampilan, untuk bertahan selama satu bulan saja kadang terasa sulit untuk dilakukan. Otak pun juga terasa buntu saat diajak berpikir bagaimana agar gaji bisa dipakai untuk bertahan sebulan dan masa depan bisa terselamatkan.

Beberapa hal ini mungkin bisa membantu kamu menyelamatkan hidup ke depannya. Mungkin akan terasa berat di awal, namun pasti akan ada hasil memuaskan menanti di depan mata.

1. Banyak-banyakin teman deh, walau nggak selalu bisa minjemin duit tapi pasti bisa kasih solusi

numpang makan boleh via favim.com

Punya banyak teman, nggak diragukan lagi banyak manfaatnya. Walau sama-sama punya isi dompet yang segitu-segitu aja, setidaknya bersama teman kian berwarna karena punya kawan senasib dan sepenanggungan. Teman nggak cuma bikin derita yang kamu rasakan berkurang, tapi juga memang selalu bisa diandalkan.

Saat kamu sedang bokek-bokeknya, kamu bisa mengunjungi salah satu teman yang nggak tinggal  di kos. Teman atau orangtua temanmu pasti nggak akan tega melihat kamu yang sudah menahan lapar seharian. Hehe..

2. Makin banyak barang yang nggak terpakai? Kenapa nggak dijual lagi?

Advertisement

jualin barang bekas via www.realtor.com

Punya banyak barang yang masih bagus tapi kamu udah bosan buat pakai lagi? Jangan ragu buat menjual lagi barang-barang tersebut. Memang harga jualnya nggak akan sesuai dengan saat kamu beli barang tersebut. Tapi paling tidak, kamu bisa menambah pundi-pundi rupiah dari sana.

Hasil penjualannya pun bisa kamu tabung atau untuk membeli lagi kebutuhan pokok. Tapi ingat ya, kebutuhan pokok! Bukan kebutuhan yang sebenarnya nggak begitu kamu butuhin tapi kamu cuma pengen aja.

3. Tapi bagaimanapun, menabung wajib hukumnya. Meski gaji harus pas-pasan

Biasakan menabung walau gaji yang kamu terima cenderung pas-pasan bahkan buat hidup satu bulan. Nggak perlu banyak, asal konsisten. Nggak masalah kalau kamu hanya mampu menabung sebulan Rp 20.000. Jika itu dilakukan secara berkala dan setiap bulan, saat ada keperluan mendesak, kamu nggak akan kelimpungan.

Ada baiknya kamu mulai menabung saat awal bulan atau saat gajimu diterima. Langsung sisihkan uang tersebut dan masukkan ke tempat yang nggak bisa kamu otak-atik lagi. Dan bisa nggak bisa, kamu harus hidup sebulan dengan sisa uang yang ada.

4. Mending diam di kos aja saat musim diskonan. Sebagai antisipasi kalau-kalau lapar mata

cuci mata aja via www.markodjuric.com

Kalau kamu adalah tipikal orang yang gampang kalap saat ada diskonan, mending kamu diam di kos atau di rumah, daripada gaji per bulan kamu habis karena hobimu yang satu ini.

Kamu perlu irit dengan gajimu sendiri, bukannya nggak boleh menikmati hasil jerih payahmu sendiri. Tapi segala pengeluaran harus ada perhitungannya. Dan lagi coba kamu mulai berbelanja saat ada barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan. Bukan barang yang hanya sekadar kamu inginkan saja tanpa ada manfaatnya.

5. Memulai bisnis kecil-kecilan juga wajib kamu coba. Biar masa depan nggak bergantung sama gaji saja

bisnis kecil-kecilan via babyccinokids.com

Langkah tepat untuk menyelamatkan masa depanmu walau gaji suka bikin terharu di akhir bulan adalah memulai bisnis sendiri. Kalau gaji dan tabunganmu belum terlalu banyak untuk memulai bisnis yang besar, mulailah dari bisnis kecil-kecilan dulu.

Contoh bisnis kecil-kecilan pun kini mulai banyak. Seperti misalnya menjadi reseller atau bisnis kuliner rumahan. Tak ada salahnya kamu coba ‘kan?

6. Jangan ragu buat ambil kerja sampingan. Selain pemasukan, kamu juga bisa menambah pengalaman

Kerja sampingan via www.pinterest.com

Nggak yakin bisa bertahan dengan gajimu? Mungkin ada baiknya kamu mulai cari pekerjaan sambilan. Nggak usah gengsi karena terlihat begitu ngoyo cari uang. Toh kamu masih muda. Energi yang masih berlebih harus disalurkan pada kegiatan yang bermanfaat.

Misal jam kerjamu memang nggak memungkinkan buat bekerja di tempat lain, masih banyak jalan yang bisa kamu tempuh. Kalau kamu cukup lihai mendesain, keahlianmu itu bisa kamu andalkan dengan mempromosikan bahwa kamu menerima permintaan graphic design. Atau kamu boleh jadi dropship untuk beberapa online shop. Asal ada niat, kamu pasti bisa..

Memang udah bukan saatnya lagi kamu mengandalkan gaji yang datangnya satu bulan sekali. Harus ada langkah tepat yang harus kamu ambil kalau kamu mau hidup dengan tenang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya