5 Inspirasi Menu Praktis dan Irit untuk Menemanimu Selama #RamadandiPerantauan. Cobain Yuk!

inspirasi menu praktis dan irit ramadan

Bulan suci Ramadhan kali ini sungguh sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dari yang nggak adanya kegiatan di masjid sampai nggak adanya orang-orang yang ngebangunin sahur. Apalagi khusus bagi yang terpaksa harus menjalankan ibadah puasanya sendirian di kota perantauan, aduh… beneran kerasa banget tantangannya lebih banyak dari bulan puasa tahun sebelumnya.

Kalau masih bekerja dan ada pemasukan gaji, lumayan masih bisa tertolong. Lah kalau yang udah di-PHK atau dirumahkan sementara tanpa gaji gimana coba untuk tetap bertahan dengan uang pas-pasan selama bulan puasa ini? Nggak kebayang kan makin susahnya puasa tahun ini?

Nah, di sini saya ingin berbagi beberapa menu makanan praktis dan irit andalan teman-teman perantauan yang bisa kamu coba juga selama bulan puasa. Dijamin simpel buatnya! Cocok buat kamu anak kostan dan yg pasti nggak nguras dompet kamu juga.

 

Advertisement

1. Puding Cokelat Pisang Tabur Choco Crunch praktis dan sehat untuk berbuka puasa

Pudding Chocolate Banana Photos

Pudding Chocolate Banana Photos via http://www.AdobeStock.com

Menu buka puasa nya dengan yang manis-manis ya teman, meskipun kadang yang manis belum tentu setia hehe. Tapi yang satu ini dijamin setia kok sama isi dompet kamu! Puding cokelat pisang ini selain menyehatkan, juga simple kok buatnya.

Resep Puding Cokelat Pisang

Advertisement

Bahan-bahan :

  1. Puding dan fla kemasan. Agar lebih praktis dalam pembuatannya kamu bisa beli puding yang sudah ada di kemasan dan tinggal diolah aja nanti, terserah merk apa aja sesuka hati kamu. Untuk variant rasa sesuai selera kamu juga ya!
    ‚ÄúPudding Bubuk Susu Nutrijell Rasa Cokelat‚ÄĚ 145gr harga sekitar Rp.8.500 dan ‚ÄúMy Fla Bubuk Nutrijell Rasa Vanilla‚ÄĚ 60gr harga sekitar Rp.5.500 dan untuk cara memasaknya sudah ada tertera kok dibalik kemasan nya, jadi kamu nggak akan dibuat bingung gimana masaknya, tinggal ikutin step by step nya aja.
     
  2. Choco Crunch. Biasanya kita punya nih stok choco crunch di kemasan dan ini bisa kamu gunakan untuk taburan di puding nantinya. Untuk merk terserah kamu juga ya. Kalau saya sih biasa stok yang kemasan kecil dari ‚ÄúNestle Koko Krunch Sereal Cup‚ÄĚ 32gr. Harganya sekitar Rp.7.800¬†
     
  3. Buah Pisang. Buah yang satu ini kaya akan antioksidan dan vitamin yang baik untuk tubuh. Kalau sedang diet buah ini juga cocok untuk dikonsumsi lho! Pasalnya, buah pisang terbukti membantu membuatmu merasa kenyang dan rendah kalori namun tinggi nutrisi dan serat sehingga mampu melancarkan pencernaan kamu. Biasanya saya beli yang di tukang buah keliling isi 3 biji itu harganya cuman Rp.10.000 aja kok, standar kan untuk kocek kita anak kostan? Buah pisang ini nanti kita potong kecil-kecil, bisa diletakkan di tengah atau di atas pudingnya. Pakai satu biji aja untuk satu porsi puding ini, sisanya kita bisa simpan untuk lain hari.
  4. Mulai memasak 
    Siapkan tempat masaknya yah. Bisa menggunakan panci kecil atau jika kamu nggak punya panci dan kompor untuk memasak jangan khawatir! Kalian bisa gunakan rice cooker kok, simple kan banyak cara menuju roma kata pepatah mah~
Advertisement

Step by step :

  • Siapkan air sesuai takarannya, sekitar 500ml untuk satu kemasan lalu panaskan airnya.
  • Masukan pudingnya sedikit demi sedikit sambil diaduk yak agar merata dan gak ngegumpal nantinya, sampai mendidih, lalu angkat dan diamkan sekitar 5-10 menit hingga agak dingin baru tuang ke wadah, kalau kamu gak punya cetakan pudingnya, bisa gunakan gelas atau mangkok atau juga tupperware.
  • Hiasi puding dengan potongan pisang dan¬†taburan Koko Krunch di atasnya.
  • Tunggu sampai dingin baru masukan kulkas agar pas¬†buka puasa nanti berasa segar gituh kan, umch kebayang dong enaknya di tenggorokan.
  • Puding siap disajikan tunggu sampai waktu buka puasa yah baru kamu bisa menikmati pudingnya.
  • Masak fla terpisah yah, fla bubuk hanya di campur air panas aja kok lalu aduk hingga mengental adonan flanya, kamu bisa aplikasiin flanya di campur dengan puding jadi satu ataupun untuk krim diatasnya puding saat mau di santap.

Total pengeluaran : Rp.31.800
Masa lama puding didalam kulkas dan habis bisa untuk 3-4 hari.

2. Omellet Mie Sosis Saus Tomat

Photo by Eaters Collective on Unsplash

Photo by Eaters Collective on Unsplash via https://unsplash.com

Anak kost biasanya nyetok telor sama mie instan dong pastinya? Saking seringnya¬†jadi makanan yang wajib ada,¬†kadang kita tuh bosan makan yang menunya biasa-biasa aja, itu-itu aja. Kenapa nggak kita kreasikan aja? Salah satunya dengan membuat ‚ÄúOmellet Telor Sosis Saus Tomat‚ÄĚ.

Bahan-bahan : 

  1. Mie instan. Jenis mienya terserah kamu mau mrek apa dan rasa apa. Yang saya rekomendasiin sih ‚ÄúIndomie Goreng Hype Abis Rasa Ayam Geprek‚Ä̬†85gr harga sekitar Rp.2.500 untuk kamu yang pengin makan ayam geprek tapi masih mikir-mikir karena harganya yang lumayan ini bisa jadi pengobat hahaha. Meskipun bentuknya hanya mie instan dan bukan ayam yang digeprek beneran. Oiya buat kamu yang kalau makan mie instan tapi nggak pernah abis, eit jangan kamu buang dulu, sayang lho! Kamu masih bisa gunain buat bikin omellet asal dengan catatan¬†dibuat langsung yak!
  2. Telor ayam. Nah kalau telor sih nggak ada mereknya jadi nggak usah bingung dan nggak perlu saya rekomendasiin juga kan. Harga telor satu butirnya paling sekitaran Rp.1.500 dan kita hanya butuh 2 butir aja cukup kok untuk satu porsi omellet.
  3. Sosis. Seperti biasa untuk merek dan rasa terserah kamu, biasanya saya gunakan ‚ÄúBelfoods Sosis Rasa Ayam‚ÄĚ isi 15pcs 375gr harga sekitaran Rp.14.000. Tapi yang kita gunakan hanya 2 sosis aja kok, sisanya bisa untuk seminggu. Nanti sosisnya diiris kecil-kecil ya gaes.
  4. Saus tomat botol / sachet. Jika kamu tidak terlalu suka dengan saus tomat bisa gunakan mayonaise atau sambal cabe atau sejenisnya sesuai selera kalian aja.
  5. Minyak goreng atau margarin
  6. Mulai memasak

Cara memasak:

  • Masak mie instan sampai matang lalu tiriskan.¬†
  • Siapkan mangkuk, masukan telor campur bersama mie dan sosis lalu aduk sampai rata dengan bumbu mie. Jika masih dirasa kurang asin bisa ditambahkan sedikit garam atau perasa. Oiya bisa juga tambahkan daun bawang biar makin sedap jika ada.
  • Panaskan minyak, lalu tuang adonan omellet nya, goreng hingga matang kecokelatan, sambil di bolak-balik tentunya.
  • Angkat lalu tiriskan, taburin saus tomat diatasnya, omellet siap untuk disantap gaes.

Total pengeluaran: sekitar Rp.10.000
Lama konsumsi habis bisa 2 kali makan untuk buka puasa dan sahur. Hemat dan yang pastinya nggak ngebosenin menunya.

3. Ice Milk Tea Mix

Photo by Alexander Mils on Unsplash

Photo by Alexander Mils on Unsplash via https://unsplash.com

Yang seger biasa di cari pas menjelang buka puasa, yuk bikin sendiri di rumah ada ‚ÄúIce Milk Tea Mix Fruits‚ÄĚ ala-ala anak kostan. Bahan-bahan:

  1. Teh celup. Saya biasa pakai teh celup Sariwangi isi 25pcs 46gr harga sekitar Rp.6.500 kita hanya memakai 1 kantung teh saja kok untuk satu porsinya, kalau kamu sesuai selera kamu yak.
     
  2. Susu cair segar. Rekomendasi aja pakai susu segar UHT Frisian Flag yang variant Coconut Delight 900ml harga sekitar Rp.14.000 kalau ada sisa bisa dipakai buat lain waktu.
     
  3. Nata De Coco. Pakai KARA Nata De Coco yang rasa Cocopandan 360gr harga sekitar Rp.6.000 
     
  4. Buah-buahan. Terserah sesuai stok yang ada aja bisa apel, melon, anggur atau yg lain.
     
  5. Jika semua bahan sudah siap, tinggal dicampur aja kok sekreatif kamu. Misal teh celupnya dulu diseduh, lalu tuang nata de coconya beserta buahnya, beri es batu kristal baru disiram susu segar. Bisa juga pakai toping seres atau oreo diatasnya, umch yummy kan ngebayanginnya.

Total pengeluaran per porsi sekitar Rp.10.000 dan sisa bahan bisa digunakan untuk esok hari. 

4. Roti Goreng Crunchy

Photo by Louis Hansel @shotsoflouis on Unsplash

Photo by Louis Hansel @shotsoflouis on Unsplash via https://unsplash.com

Punya stok banyak roti tawar di meja, nah biar gak bosen kita bikin menu baru yaitu ‚ÄúRoti Goreng Crunchy‚ÄĚ buat cemilan. Bahan-bahan :

  1. Roti tawar. Kalau saya biasa pakai yang Sari Roti Tawar Kupas 200gr harga sekitar Rp.11.000 pakai seperlunya aja.
  2. Tepung terigu
  3. Selai cokelat atau seres
  4. Mulai memasak

Step by step: 

  • Potong roti tawar berbentuk segitiga lalu oleskan mentega dan selai atau seres cokelat.
  • Bikin adonan tepungnya, campur¬†tepung dengan air dingin secukupnya saja, aduk rata.
  • Panaskan minyak goreng.
  • Masukkan roti kedalam adonan tepung, lalu satu persatu kita goreng rotinya di bolak-balik hingga matang kering dan renyah, angkat dan tiriskan.
  • Sajikan di piring lalu taburi parutan keju dan juga madu jika suka, roti goreng crunchy siap untuk dinikmati.

Total pengeluaran sekitar Rp.10.000 untuk sepiring, murah kan?

5. Tips dan Trick

Bahan Makanan Stock Photos

Bahan Makanan Stock Photos via http://astripujilestari.com

  1. Sediakan stok bahan makanan yang biasa kamu konsumsi 1 untuk seminggu atau sebulan jika perlu, misalnya saja mie instan, telur, dan sembako lainnya.
  2. Jangan lupa untuk mencuci sayuran atau telur dan daging sebelum dimasukan ke kulkas biar bersih dan higienis tentunya.
  3. Siapkan apa saja yang mau di olah agar nanti pas mau dimasak sudah siap tinggal pakai. Misalnya saja daun bawang yang sudah diiris lalu disimpan pakai wadah bisa dimasukkan di freezer agar awet. Atau daging ayam yang sudah dibumbuin dan tinggal digoreng aja nantinya, jadi nggak terlalu repot.
  4. Biar makin praktis pilih menu masakan yang simple cara masaknya yang nggak butuh perlengkapan dan bahan masakan yang banyak dan nggak ribet.

Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

‚ÄĚ

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

perkenalkan sayahanya pengagum alam bukan traveller hanya sebatas hoby baca dan nulis bukan penulis bayaran hanya penyuka view bukan fotografer bukan penyanyi tapi suka nyanyi bukan pemusik tapi suka dengerin musik suka nyimak radio karna saya adalah announcer

Editor

une femme libre

CLOSE