5 Rekomendasi Film Legendaris Indonesia yang Bisa Menemanimu Selama Berada di Rumah Aja

rekomendasi film legendaris indonesia

Film Indonesia memiliki perkembangan yang sangat besar di dua dekade terakhir. Banyak sekali film-film baru hadir membawa wajah-wajah baru yang selalu patut kita apresiasi. Dari mulai jalan cerita, pemilihan lokasi, setting gambar, pemilihan aktor, hingga cara promosi yang menarik sangat pantas untuk kita acungi jempol. Nah, spesial di peringatan Hari Film Nasional ini, yuk mari kita tonton ulang film-film legendaris Indonesia yang sangat populer pada masanya. 

Advertisement

1. Petualangan Sherina

Petualangan Sherina

Petualangan Sherina via https://en.wikipedia.org

Petualangan Sherina adalah Film Musikal Indonesia yang dirilis pada tahun 2000. Film ini dibintangi oleh Sherina Munaf, Derby Romero, alm. Didi Petet, Mathias Muchus, Ratna Riantiarno, dan Butet Kertaradjasa. Film ini menceritakan tentang gadis cilik pintar dan pemberani bernama Sherina yang baru pindah ke Lembang. Di sana ia bertemu dengan Sadam (Derby Romero) yang awalnya sering mengolok-oloknya.

Cerita kemudian berkembang pada petualangan Sherina dan Sadam yang kabur dari sekelompok penculik. Jalan cerita yang menarik yang diiringi dengan soundtrack yang sangat booming pada masanya, akan membawamu terjebak nostalgia masa kecil yang kamu kangenin pasti.

Advertisement

2. Ada Apa dengan Cinta

Ada Apa dengan Cinta

Ada Apa dengan Cinta via https://en.wikipedia.org

Film Ada Apa Dengan Cinta adalah film paling laris ditahun 2000an. Film garapan Rudy Soedjarwo ini dibintangi oleh Dian Sastro dan juga Nicholas Saputra sebagai pemeran utama. Mengusung cerita tentang kehidupan percintaan remaja yang dekat dengan realita rupanya membawa film ini pada sukses yang besar. Keberhasilannya membawa para pemainnya memiliki nama besar di dunia perfilm-an di Indonesia.

Karena sering dirindukan bahkan di tahun 2014, Line (Aplikasi chatting dari Jepang) membuat promosi film pendek yang sangat populer dengan mengangkat cerita kelanjutan antara Cinta dan Rangga setelah bertahun-tahun tidak bertemu. Mendapat respon yang luar biasa, film ini pun dibuat sekuelnya pada tahun 2016, AADC 2, yang menceritakan 'ending' cerita dari Rangga dan Cinta.

3. Catatan Akhir Sekolah

Catatan Akhir Sekolah (CAS)

Catatan Akhir Sekolah (CAS) via https://id.wikipedia.org

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini juga sangat populer saat diluncurkan. Film ini bercerita tentang 3 anak SMA yang ingin membuat film dokumenter tentang sekolahnya yang diperuntukkan pada pentas seni akhir tahun. 3 anak SMA ini dibintangi oleh Vino Bastian, Ramon Y Tungka, dan Marcel Chandrawinata.

Advertisement

4. Janji Joni

Janji Joni adalah sebuah film yang diluncurkan pada tahun 2005. Film bergenre komedi romantis ini digagas oleh Joko Anwar dan dibintangi oleh Nicholas Saputra, Mariana Renata, dan Rachel Maryam. Cerita yang diangkat adalah mengenai Joni (Nicholas Saputra) yang ingin berkenalan dengan gadis cantik (Mariana Renata).

Jika ingin mendapatkan namanya, Joni harus berhasil melaksanakan pekerjaannya dengan baik, yaitu sebagai pengantar roll film. Sisi menarik dari film ini adalah alur cerita dan fun fact yang terselip di dalamnya. Yuk nonton Janji Joni Lagi!

5. The Raid

The Raid adalah film aksi seni bela diri dari Indonesia yang disutradarai oleh Gareth Evans dan dibintangi oleh Iko Uwais. Film ini pertama kali ditayangkan pada Festival Film Internasional Toronto 2022 sebagai film pembuka untuk kategori Midnight Madness. Film ini mendapatkan banyak pujian dan kritik positif dari para penonton dan kritikus film. Bahkan The Raid juga disebut-sebut sebagai salah satu film aksi terbaik dan mendapatkan penghargaan The Cadillac People’s Choice Midnight Madness Award.

Setelah penghargaan tersebut, film ini kemudian berulang kali mendapatkan penghargaan dari berbagai negara laing seperti Festival Film Internasional Dublin Jameson (Irlandia), Festival Film Glasgow (Skotlandia), Festival Film Sundance (Utah, Amerika Serikat), South by Southwest Film (SXSW, di Austin, Texas, Amerika Serikat), dan Festival Film Busan (Korea Selatan). Film ini menjadi film komersial produksi Indonesia pertama yang paling berhasil di tingkat dunia.

Nah, itulah tadi 5 rekomendasi film legendaris Indonesia yang cocok banget untuk kamu nikmati di perayaan Hari Film Nasional ini. Selamat menonton!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Menulis karena hobi. Menulis karena ingin berbagi.

Editor

une femme libre

CLOSE