Pernah kehilangan, ya semua pernah kehilangan. Kehilangan harta, benda, atau seseorang. Apapun itu yang hilang selalu menimbulkan rasa sakit dan galau. Sungguh memang berat tapi orang lain cuma bilang relakan ,relakan saja. Jika kamu pikir merelakan itu mudah, itu sudah kulakukan sejak dulu. Merelakan berarti kamu hilangkan seluruh ingatan dan kenangan tentang hal itu.

Ya berat rasanya merelakan. Bahkan beberapa orang menjadi hilang ingatan saat merelakan, tapi hidup harus terus berjalan, tidak melulu harus memikirkan sesuatu yang sama. Kita butuh hal berbeda untuk tetap bertahan dan ada.

1. Jangan menyerah, selama masih ada Tuhan, kamu pasti bisa merelakan

Let go picture

Let go picture via http://68.media.tumblr.com

Tuhan selalu berikan pengganti untuk tiap sesuatu yang hilang, dan tidak jarang pengganti nya sangat berbeda. Yah mungkin hampir sama, tapi itu berbeda. Jauh lebih baik jauh lebih unggul, dan jauh lebih sempurna. Setidaknya kamu tidak perlu bersedih lagi atas kehilangan itu, relakan, karena penggantinya jauh lebih elegan.

2. Merelakan memang tidak mudah, tapi selalu mengingat justru menyakitkan

Google

Google via http://pexel.com

Mungkin merelakan tidak semudah mengatakan, tapi apa salahnya mencoba. Terkadang sesuatu tidak akan tampak hasilnya sebelum dicoba. Merelakan berarti engkau membiarkan hidupmu untuk tetap maju. Untuk sesuatu yang baru tanpa sedikitpun rasa ragu.

3. Bantuan teman dan keluarga selalu berhasil

Advertisement

Jika tidak mampu sendiri untuk menghadapi rasa kehilangan, keluarga dan temanlah yang akan setia membantu. Mereka tidak peduli betapa sulitnya merelakan sesuatu, mereka akan selalu membantu. Karena mereka tahu kamu berharga dari apapun di dunia.

Cobalah berbicara dengan ayah, ibu atau sahabat, memang terkadang cara mereka bertentangan, tapi itulah yang bisa kamu lakukan agar terbiasa dan bisa untuk merelakan.

4. Memang sangat tidak mungkin untuk merelakan, tapi dengan kemauan, kamu pasti bisa

Hanya dengan niatanlah semua yang akan kita lakukan akan berhasil di akhir, tidak peduli seberapa sulit rintangan yang muncul tapi jika kita awali dengan niat, semua akan mudah terlewat. Niat itu ibarat surat, jika salah tulis alamat akan berakhir salah tempat. Jadi untuk berhasil merelakan cobalah untuk awali dengan niatan.

5. Kamu berhasil dan kamu bisa

Bahagia

Bahagia via http://kamalsy.com

Advertisement

Bukan hal mudah untuk merelakan, tapi kamu tetap berusaha dan pada akhirnya kamu berhasil. Penggantinya sudah ada, rasa dan aromanya berbeda, dan hatimu sekarang merasa lega. Memang pada akhirnya berakhir bahagia, berhasil merelakan bukan berarti benar-benar menghilangkan dia dari ingatan, tapi jadikan dia sebagai pelajaran bahwa yang sudah tiada tetap bisa berubah menjadi bahagia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya