Insomnia jelas bukan hal yang menyenangkan. Di saat kita ingin tidur, mata ini malah nggak mau terpejam. Giliran keesokan paginya, malah sulit banget untuk bangun tidur.

Duuh, nggak mungkin kan seperti itu terus setiap hari? Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan sebelum tidur untuk mencegah insomnia. Ayo disimak~

1. Stop scrolling timeline media sosial sebelum tidur MESKI hanya sebentar

Main hp sebelum tidur

Main hp sebelum tidur via https://unsplash.com

Advertisement

Sebelum tidur, jauhilah barang elektronik seperti laptop, hand phone, menonton televisi dan lain-lain yang dapat memancarkan sinar blue light. Sinar inilah yang mengganggu kemampuanmu untuk tidur sekaligus dapat merusak matamu. 

2. Olahraga ringan

Olahraga ringan

Olahraga ringan via https://unsplash.com

Olahraga ringan dapat membantu tubuh menjadi lebih cepat lelah sehingga kita bisa tidur lebih awal. Tapi ingat, cukup olahraga ringan dan jangan lupa cooling down setelah berolahraga, ya.

3. Jangan biasakan tidur terlalu larut

Walaupun terpaksa, jangan biasakan dirimu untuk tidur terlalu larut malam. Tidur terlalu larut, selain buruk untuk kesehatan juga membuat jam tidurmu terganggu. Yang tadinya kamu butuh 8 jam untuk tidur, jadi berkurang, deh.

4. Usahakan hindari minum kafein beberapa jam sebelum tidur

Jangan Minum Kopi

Jangan Minum Kopi via https://unsplash.com

Advertisement

Jangan minum kopi terlalu banyak sebelum tidur atau minimal 6 jam sebelum tidur. Kopi akan membuat kamu terjaga sepanjang malam dan membuat jam tidurmu berantakan.

5. Latihan relaksasi demi pikiran yang lebih rileks lagi

Latihan Relaksasi

Latihan Relaksasi via https://unsplash.com

Latihan relaksasi itu penting untuk kesehatan juga kenyamanan sebelum tidur. Kamu bisa melakukan teknik relaksasi sederhana seperti menarik napas dari hidung, tahan lima detik, lalu menghela napas hingga kamu merasa tenang dan mulai mengantuk.

6. Baca buku

Baca buku

Baca buku via https://unsplash.com

Membaca buku sebelum tidur juga bisa membuatmu mengantuk lebih mudah, lho! Coba, deh, selain menambah ilmu, kamu juga bisa mengantuk lebih cepat.

Nah, itu dia yang bisa kamu lakukan sebelum tidur untuk mencegah insomnia. Semoga kamu bisa tidur nyenyak malam ini, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya