Plastic Surgery (plas·tic sur·ger·y)
atau yang biasa kita sebut dengan operasi plastik adalah sebuah proses rekonstukri ulang atau perbaikan dari bagian tubuh yang rusak atuapun untuk tujuan kecantikan kini sangat marak dilakukan oleh berbagai kalangan terutama pada sektor kecantikan, mulai dari artist atau selebriti terkenal dari luar negeri maupun dalam negeri. 

Operasi plastik pada bidang kecantikan dimaksudkan untuk menambah atau menunjang penampilan yang dirasa kurang dari diri mereka. Meskipun di Indonesia dikenal sebagai operasi plastik, namun bukan berarti bahwa operasi yang dilakukan tersebut mengunakan plastik sungguhan.

Plastik dalam operasi plastik berasal dari bahasa Yunani yaitu plastikos yang artinya membentuk, dan tidak berarti mengunakan plastik. Lalu apa saja sih yang harus kalian ketahui sebelum melakukan plastic surgery atau operasi plastik ini?

1. Bahan yang Digunakan Untuk Implan

Silikon Gel Padat

Silikon Gel Padat via https://tabloidbintang.com

Bahan yang digunakan untuk operasi plastik sendiri berbeda di tiap bagian tubuh yang ingin diubah.

Contohnya adalah jika Anda ingin mengubah bagian pipi, dagu, ataupun hidung, maka bahan yang digunakan untuk mengimplan bagian–bagian tersebut adalah silikon padat. Jika ingin mengubah bagian lain seperti payudara, maka bahan yang digunakan adalah silikon gel dalam wadah silikon padat, biasanya implan ini berisikan garam fisiologis (garam/larutan isotonik yang memiki banyak kegunaan dalam bidang medis, umumnya garam ini sendiri memiliki konsentrasi 0.9% -Wikipedia).

Advertisement

Bahan yang digunakan pertama untuk operasi plastik dibuat oleh seorang pakar operasi plastik yang bernama Alexander Parkes pada tahun 1855, ia mencampurkan selulosa (Senyawa organk atau sebuah polisakarida yang terdiri dari rantai linier) dan asam nitrat yang bertujuan untuk menghasilkan parkesine atau yang sering disebut seluloid.

Setelah itu pada tahun 1987 seorang pakar bedah bernama Leo Hendrik Baekeland menemukan plastik sintesis yang digunakan untuk bahan operasi palstik.

2. Proses/Prosedur Sebelum dan Sesudah Melakukan Operasi Plastik

Prosedur Oplas Stella Lee

Prosedur Oplas Stella Lee via https://wolipop.detik.com

Operasi plastik sendiri tidak segampang anda datang kepada dokter spesialis lalu langsung melakukan proses pembedahan namun untuk mendapatkan hasil yang di harapkan, Anda harus melakuka prosedur – prosedur tertentu.

Advertisement

Yang pertama adalah pemeriksaan pada spesialis kecantikan, hal ini dimaksudkan untuk melihat bawah cocok, siap, aman atau tidaknya kulit serta bagian tubuh Anda untuk melakukan proses operasi, karena tiap manusia memiliki kesensitifan berbeda.

Yang kedua adalah melakukan konsultasi kepada dokter bedah, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui lebih detail tentang bagian yang ingin Anda ubah, maka biasanya proses ini akan memakan banyak waktu.

Yang ketiga adalah proses pembedahan atau eksekusi, berbeda dokter dan tempat maka akan berbeda pula proses pembedahan yang dilakukan, namun pastinya, pasien akan selalu diberikan pilihan untuk menentukan tindakan yang akan dilakukan. Untuk poin ini lebih baik jika dokter yang melakukan pembedahan adalah wanita, karena biasanya dokter wanita akan lebih teliti dalam melakukan pembedahan dan pembentukan ulang bagian yang di operasi.

Yang keempat adalah proses penyembuhan, seperti yang kita ketahui bahwa kegiatan pra operasi maka bekas luka ataupun pembedahan tidak akan instan sembuh ataupun hilang, begitupun pula proses operasi plastik ini, biasanya bagian yang telah selesai dilakukan pembedahan akan mendapatkan efek samping seperti bengkak pada bagian yang telah selesai di operasi.

Yang terakhir adalah perawatan pra operasi, hal ini dimaksudkan agar pasien tidak mengalami efek samping lainnya ketika luka telah sembuh.

3. Manfaat yang Didapatkan

Lee Min Hoo before dan after

Lee Min Hoo before dan after via https://perfectbeauty.id

Kenapa orang ingin melakukan operasi plastik? Pastinya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, bukan?
Lalu manfaat apa saja yang diberikan setelah Anda melakukan operasi plastik?

Pada sektor kecantikan adalah meningkatkan tingkat percaya diri Anda. Dari hasil positif atas keberhasilan Anda melakukan operasi plastik, dengan hal tersebut maka tingkat kepercayaan diri Anda yang tadinya kurang akan meningkat karena penampilan berbeda yang anda miliki saat ini.

Selain itu juga operasi plastik tidak hanya untuk kecantikan, namun juga kesehatan, beberapa operasi plastik dilakukan dengan tujuan agar si pasien mendapatkan kesehatan pada bagian yang dilakukan proses operasi tersebut.

4. Efek Samping yang Didapatkan

Fail Plastic Surgery

Fail Plastic Surgery via https://edition.cnn.com

Tidak hanya efek baik, tiap hal yang dilakukan seperti operasi plastik ini memiliki efek samping atau negatif, seperti hasil yang tidak sesuai dengan keinginan si pasien, banyak pasien yang mengalami kegagalan dan tidak mendapatkan hasil yang tidak sesuai keinginan pasca operasi.

Walaupun si pasien sudah membayar mahal pun tidak menjadi jaminan untuk si pasien dapat kepastian mendapatkan hasil yang diinginkan, selain itu juga operasi plastik pastinya memerlukan biaya yang lumayan mahal untuk membayar proses, perawatan, dan dokter yang melakukan operasi tersebut.

Selain itu juga operasi plastik rentan dengan yang namanya komplikasi, serta bekas luka yang ditimbulkan pasca operasi dapat menyebabkan pendarahan dan sebagainya.

5. Lalu Salahkah Jika Seseorang Ingin Melakukan Operasi Plastik?

Idol plastic surgery issue

Idol plastic surgery issue via https://www.sbs.com.au

Jawabannya : Tidak!

Operasi plastik kadang dianggap suatu hal yang salah karena kegiatan ini diibaratkan tidak mensyukuri anugerah dari Tuhan. Namun sebetulnya setiap orang yang berusaha dan menginginkan dirinya terlihat lebih menarik adalah wajar atau normal terutama bagi para wanita. Memang operasi plastik bukan hal yang dibutuhkan karena manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan.

Jadi bagaimanapun seseorang itu hanya perlu mensyukurinya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya