Siapa sih yang nggak pengen tampil optimal dengan wajah cakep dan kulit sehat? Cowok dan cewek pun sama-sama menginkan dan membutuhkannya. Produk kecantikan dan kesehatan sekarang sudah gampang banget didapat. Apalagi di era lapak online. Nggak harus beli di apotek atau toko kosmetik, tinggal scrool layar HP, produk yang diinginkan datang sendiri. Ada berbagai merek dan berbagai kegunaan yang semua sudah dijelaskan fungsi, kegunaan, hingga cara pakainya oleh suplier. Bentuknya pun macam-macam. Mulai dari cairan, cream, gel, spray, hingga pil dan kapsul.

Nah, tinggal pinter-pinternya kita nih menimbang dan memutuskan suplier yang dapat dipercaya. Jangan lupa, produknya harus yang aman dan sesuai kebutuhan, juga jelas izinnya. Kalaupun ingin perawatan dengan diinfus, diinjek, diroller, dan sebagainya, harus selektif memilih klinik atau salonnya. Nanti niatnya biar cantik dan sehat, malah jadi korban percobaan sampai mati keracunan. Namanya bahan kimia pasti ada efek sampingnya.

Sebelum memutuskan menggunakan produk-produk itu, pastikan langkah-langkah ini sudah kamu lakukan.

1. Menjaga Kebersihan Badan dan Lingkungan

Kamu mau cakep, mau kulit sehat. Mana bisa kalau masih hidup jorok. Mulai sekarang harus rajin membersihkan diri dan tempat tinggal. Kalau kamu masih malas mandi, malas membersihkan sisa make up, membiarkan tempat tinggalmu berdebu, bantalmu kotor, ruangmu lembab, jangan mengeluh kalau punya banyak masalah kesehatan, termasuk kesehatan kulit.


Contoh; seseorang bisa jerawatan karena menggunakan bantal yang dipenuhi kuman, tinggal di tempat berdebu, lupa membersihkan sisa makeup, dll.


Advertisement

Jadi, kamu harus pastikan kemanapun melangkahkan kaki, tempatmu harus steril. Ruangan tidak berdebu. bantal dan kasur rajin dijemur, tidak membiarkan air menggenang, pakaian juga harus dicuci. Mandi, keramas, sikat gigi secara terartur penting sekali. Misalnya terpaksa beraktifitas di luar ruangan, kamu mesti pandai-pandai mengantisipasi polusi semaksimal mungkin. Misalnya menggunakan masker dan segera membersihkan diri setelah melakukan kegiatan.

2. Banyak-Banyak Minum Air Putih

drink water

drink water via http://indianexpress.com

Khasiat cairan yang satu ini tak dapat dikata lagi. Mendapatkannya juga mudah sekali. Kesulitan terbesar bagi kebanyakan orang adalah mengkonsumsinya banyak-banyak. Coba penuhi saja kebutuhan 8 gelas sehari. Kalau bisa lebih tidak ada salahnya kan? Misalnya 8 gelas saja tak bisa ya dilatih perlahan-lahan.


Hari ini hanya bisa tiga gelas, besok tambah seperempat gelas, besoknya lagi tambah setengah gelas, dst. Bukankah semua harus dibiasakan?


3. Mengonsumsi Buah dan Sayur

eat plenty fruit and vegetables

eat plenty fruit and vegetables via http://we-care.co.za

Advertisement

Makanlah buah dan sayur sesuai kebutuhanmu. Jangan terlalu pilih-pilih. Makanan ini jelas lebih minim efek samping ketimbang olahan. Jadi variasikan setiap hari, biar nggak bosan


Emang sih, sebagian orang bilang makanan ini rasanya kurang ngena di lidah. Tapi, siapa yang bisa nandingi khasiat makanan yang langsung dibikin Tuhan?


4. Istirahat yang Cukup

sleeping enaugh

sleeping enaugh via http://www.gazettelive.co.uk

Percuma kamu sudah melakukan tahapan di atas kalau istirahatmu masih kurang. Perawatan mahal-mahal juga akan hilang fungsinya. Kamu akan tetap mudah sakit dan itu pasti berdampak jelek ke penampilanmu. Mukamu kusut, pucat, lesu, dan mata panda. Mengerikan bukan?


Istirahat cukup itu tentang kualitasnya, bukan kuantitasnya.


5. Konsultasikan ke Dokter

dokter consultation

dokter consultation via http://www.dokterdini.com

Kalau semua hal di atas udah dipenuhi, tetap saja kamu nggak boleh gegabah beli produk sesuka hati. Namanya juga produk kimia, harus konsultasi dulu sama ahlinya. Satu keluhan akan beda solusi dan treatment untuk orang yang berbeda.

Semua bergantung dari hasil analisis panjang. Lah kamu yang nggak paham beginian mau sesuka hati aja memutuskan produk yang digunakan? Apa ya gak mengerikan? Syukur kalau kebetulan tepat. Nah kalau kebetulan salah? Minimal kecakepanmu di masa depan dipertaruhkan. Duh, gak kebayang kalau sampai nyawa ikut menghilang.


Sepele sih, tapi crusial. Tenang, dokter gak akan menjerumuskanmu. Kecuali yang gadungan atau abal-abal. Makanya pastikan ada izin prakteknya. Jangan cuma ngikut omongan orang.


Nah, kalau hal di atas sudah kamu lakukan, percaya deh itu akan mempermudah dirimu dalam merawat wajahmu. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya