Stress merupakan gangguan mental yang diakibatkan oleh tekanan dari dunia luar yang dirasa mengangggu dan mengancam diri kita. Pada umumnya stress menjadi hal yang negative. Namun, stress bisa menjadi positive jika kita bisa menegelolanya dengan baik.

Stress dapat digolongkan menjadi stress hambatan dan stress tantangan. Tentu jika stress berupa hambatan maka segala sesuatu yang kita kerjakan pasti akan terhambat dan tidak sesuai dengan waktunya. Sedangkan stress tantangan itulah yang bisa memacu setiap pekerja maupun mahasiswa untuk tetap go on dan bisa lebih produktive saat berada dalam waktu yang singkat. Jika kamu merasa bahwa kamu sedang mengalami stress,  lakukan hal berikut ini :

1. Prioritas

prioritas

prioritas via https://google.com

Membuat priotas merupkan langkah pertama untuk mencegah stress. Buat skala prioritas agar kita bisa tau dan faham hal apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu agar tidak menumpuk dikemudian hari.

2. To do list

to do list

to do list via https://google.com

Advertisement

To do list merupakan daftar kegiatan yang akan kita lakukan dalam satu hari. To do list dirancang satu hari sebelum to do list dilakukan. Fungsinya adalah seluruh kegiatan akan tercatat dan dapat dilaksanakan secara baik dan terstruktur. Dengan cara inilah stress dapat diatasi.

3. Tidak menunda pekerjaan

menunda pekerjaan

menunda pekerjaan via https://google.com

Ini yang biasa dilakukan oleh sebagian besar orang yaitu menunda pekerjaan. Sebenarnya dampaknya sangat riskan sekali karena saat kita telah menunda pekerjaan sekali saja maka pekerjaan-pekerjaan lainnya akan turut tertunda dan akhirnya membuat penumpukann dan hasil yang telah dikerjakan tidak bisa maximal.

4. Quality time dengan diri sendiri

me time

me time via https://google.com

Saat sedang dilanda stress, cobalah untuk memberikan waktu luang kepada diri sendiri. Tujuannya adalah untuk memperbaiki hubungan antara jiwa dan raga yang tidak bisa berkompromi beberapa waktu yang lalu. Sepele namun penting untuk rutin melakukan hal ini. bisa dilakukan dengan cara minum teh saat sore hari atau mungkin liburan dengan melihat pemandangan yang dapat menenangkan hati.

5. Istirahat

Istirahat

Istirahat via https://google.com

Advertisement

Istirahat yang cukup sangat bermanfaat sekali bagi tubuh kita. Dengan istirahat kita juga bisa memperbaiki hormon agar lebih produktive dan segar kembali serta dapat menghilangkan stress. Saat kita merasa bahwa kita sedang stress yang menimbulkan beberapa gejala seperti cemas, mudah marah dan moody maka sebaiknya kita berangkat untuk istirahat dan menenangkan fikiran kita.

6. Hindari media sosial beberapa saat

hindari media sosial beberapa saat

hindari media sosial beberapa saat via https://google.com

Jika kamu sangat bergantung kepada smartphone, maka cobalah untuk melepas ketergantungan tersebut beberapa saat saja. itu akan lebih baik saat kamu mencoba quality time dengan diri sendiri. Karena benar atau tidak, media sosial juga dapat berdampak pada gangguan psoikologi bagi beberapa orang yang merasa terganggu.

Stress bisa terjadi kepada semua orang. Namun tidak semua orang dapat mengelola stress dengan baik dan benar. Seperti kata pepatah orang terdahulu "lebih baik mencegah daripada mengobati" yang jika diartikan disini adalah lebih baik mencegah terjadinya stress dari pada mengobatinya sebelum terlambat. Jika memang sudah terlanjur terjadi maka hadapilah dengan beberapa cara diatas, bukan lari dan meninggalkan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya