'Ibook, angkat kita jadi anak, dong!'

Retno Hening Palupi, sosok ibu muda dengan dua anak yang lebih dikenal dengan 'Ibook' Retno Hening. Putri kecil pertamanya, Kirana, adalah sosok jenaka nan pintar yang berhasil menyita perhatian publik, khususnya khalayak Instagram. Hampir semua tingkah Kirana ini mengundang decak kagum sambil berkata, "GEMAAAAS!" dari banyak netizen. Belum lagi, Kirana telah memiliki adik perempuan yang nggak kalah lucunya, Rumaisya. Dari sini makin bertambahlah jumlah penggemar keluarga kecil ini. Oh ya, ayah Kirana juga nggak luput dari perhatian netizen karena memiliki pola asuh yang sama dengan Ibook, meski penampilannya di Instagram nggak sesering Kirana.

Dan kali ini, Hipwee Community berkesempatan untuk menuliskan beberapa kebaikan dari Ibook dan keluarganya untuk kemudian dijadikan inspirasi olehmu. Penasaran apa saja? Yuk, simak!

1. Nggak sedikit ajakan untuk berpartisipasi dalam aksi-aksi kemanusiaan yang diposting Ibook di akun Instagramnya

aksi kemanusiaan

aksi kemanusiaan via https://www.instagram.com

Siapa bilang akun Instagram hanya bisa dimanfaatkan untuk posting foto selfie saja? Nyatanya, Ibook Retno memanfaatkan akun sosial medianya ini untuk menggerakkan hati nurani para followernya demi aksi-aksi kemanusiaan. Bahkan, Ibook nggak segan untuk mempostingnya lebih dari sekali, entah di Instagram Story atau postingan biasa. Wiiih, pantas saja ya follower Ibook makin bertambah tiap harinya :)

Nah, hal-hal semacam ini bisa kamu jadikan motivasi untuk menjadikan akun sosial mediamu khususnya Instagram untuk memposting sesuatu bernilai positif, bukan malah sebaliknya. Mumpung kamu masih muda, nggak ada salahnya dicoba!

2. Ibook banyak menampilkan kesehariannya sebagai ibu rumah tangga dan ibu dari dua anak yang lucu, Kirana dan Rumaisya

lovely family :)

lovely family 🙂 via https://www.instagram.com

Advertisement

Jauh dari kesan glamor apalagi neko-neko, Ibook lebih banyak menampilkan foto-foto atau video kesehariannya sebagai ibu rumah tangga. Seolah mengajak para followers-nya untuk tetap menjadi diri sendiri entah di dunia maya atau nyata, kebiasaan Ibook yang satu ini memang patut diacungi jempol. Buatmu yang belum menikah pun, hal-hal seperti ini bisa kamu jadikan tolok ukur untuk lebih bijak lagi menggunakan akun Instagram.

3. Bukan menggurui, pola asuh Ibook ke Kirana dan Rumaisya lebih mudah dimengerti dan menginspirasi

lucu, ya :)

lucu, ya 🙂 via https://www.instagram.com

Khususnya buatmu yang baru punya anak atau sedang belajar mengenai pola asuh, stalking Instagram Ibook Retno memang pilihan yang tepat. Di banyak kesempatan, Ibook seringkali mengajak ngobrol Kirana yang baru pulang sekolah, setelah mengaji atau ketika bangun tidur dengan topik-topik sederhana namun mampu mengasah kemampuan komunikasi anak sejak dini. Bahkan buatmu yang belum menikah pun, pola asuh super sederhana semacam ini bisa jadi pembelajaran berarti ketika sudah berumah tangga nanti.


"Kirana tadi di sekolah belajar apa? Susah ndak belajarnya?"


4. Dan demi berbagi kepada banyak orang lewat jalur yang lebih nyata, Ibook telah menerbitkan buku terbaru 'Kirana and Happy Little World' yang berbeda dari seri sebelumnya!

Happy Little Soul

Happy Little Soul via https://hipwee.com

Advertisement


Siap-siap nih yang mau beli biar nggak kehabisan!


Tahun lalu, Ibook sempat membuat buku yang berjudul 'Happy Little Soul' bertajuk #TemanMainKirana yang berisi 'fun parenting'. Nah, buku terbaru berjudul 'Kirana and Happy Little World' yang berkolaborasi dengan Inina-Komikus Muda Indonesia ini agak berbeda karena berbentuk cerita bergambar sehingga nggak hanya dinikmati orang dewasa, tapi anak-anak juga.


"Kirana and Happy Little World ini BUKAN buku "Happy Little Soul" yang dibukukan. Buku ini berisi cerita-cerita baru di dalamnya. Cerita Kirana yang sudah lebih besar, yang sudah akan memiliki adek dan lebih banyak bertanya kepada saya"

Ibook Retno Hening


Oh ya, di dalam buku ini juga terdapat beberapa hadist tentang kehidupan sehari-hari yang mungkin saja orang dewasa sering lupa. Jadi kebayang kan gimana lengkapnya buku ini? Plus-nya, kita yang membaca bisa ikut belajar menjadi orangtua yang baik bagi anak-anak kita kini maupun di masa depan.


"Udah bacaaa! Bagusss ini banyak ilmunya bukan cuma parenting bahkan ada sunnah yg sering kita lupain. Lafff!"

Testimoni dari @sarahazaleaa, salah seorang pembaca buku Happy Little Soul


5. Membiasakan kata "maaf", "terimakasih" dan "tolong" masih diajarkan Ibook kepada Kirana dan Rumaisya, sehingga para followers-nya pun ikut terbiasa

maaf, terimakasih dan tolong :)

maaf, terimakasih dan tolong 🙂 via https://www.instagram.com

Salah satu keunikan dari pola asuh Ibook ini adalah membiasakan Kirana dan Rumaisya sejak kecil untuk mengucapkan "maaf", "terimakasih" dan "tolong". Mungkin kedengarannya memang sederhana, tapi imbasnya untuk mendewasakan anak sungguh luar biasa. Ini nih poin yang paling penting dan bisa kamu jadikan acuan untuk menjadi orang dewasa dengan kebijaksanaan dan kerendahan hati.


"Karena sejatinya, kita bisa belajar banyak hal dari anak-anak, sosok yang sering kita sepelekan kemampuan dan intuisinya…"


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya