Selamat Hari Pendidikan Nasional! Ini Dia 5 Seniman Muda Indonesia yang Peduli Pendidikan, Menginspirasi Banget!

Masih muda tapi kontribusinya untuk dunia pendidikan patut diapresiasi!

Selamat Hari Pendidikan Nasional! Di hari yang bersejarah ini, yuk kita bahas 4 seniman muda Indonesia yang peduli sama pendidikan. Kisah mereka menginspirasi kita semua nih, karena mereka gak hanya peduli dengan pendidikan mereka sendiri tapi juga untuk orang lain. Siapa aja mereka? Ini dia ulasannya dari youngontop.com:

Advertisement

1. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo via https://instagram.com

Sebagai wujud dari gagasan dan kontribusi nyata tanggung jawab sosial dirinya yang merupakan pekerja seni, Dian mendirikan Yayasan Dian Sastrowardoyo (YDS). Dian sendiri emang dikenal concern banget dalam dunia pendidikan, seni kebudayaan dan pemberdayaan perempuan Indonesia.

Lewat Instagram @yayasandian, dijelaskan kalo kegiatan Yayasan dimulai pada tahun 2009 dengan program ‘Berbagi Buku Berbagi Ilmu’ untuk menghidupkan taman bacaan dan membantu teman-teman sekolah dasar yang membutuhkan sumber ilmu pengetahuan. Masih banyak program lain yang diinisiasi YDS untuk membantu dunia pendidikan.

Advertisement

2. Maudy Ayunda

Maudy Ayunda

Maudy Ayunda via https://instagram.com

Udah kita tau semua kalo cewek yang suka belajar ini concern banget sama pendidikan. Terbukti, dengan ketekunannya selama ini, ia sampai diterima kuliah di 2 universitas top dunia untuk studi S1 dan S2 nya. Kerennya lagi, Maudy gak hanya concern sama pendidikan untuk dirinya sendiri, tapi juga orang lain. Maudy pernah membuat program mentorship untuk mahasiswa yang baru masuk kuliah dengan visi para mahasiswa tau tujuan mereka dalam menempuh pendidikan.

Gak hanya itu, Maudy juga pernah merilis buku anak-anak berjudul ‘Kina and Her Fluffy Bunny’ dan 'Kina Makes a New Friend' yang bertujuan untuk membantu anak-anak memahami Bahasa Inggris dengan mudah.

3. Tulus

Advertisement

Gak hanya peduli dengan isu lingkungan, pelantun lagu Gajah ini juga peduli banget sama pendidikan. Tulus pernah menggagas program ‘Bantu Guru Belajar Lagi’ guna meningkatkan kualitas guru-guru di Indonesia dengan memberikan pelatihan di sekolah masing-masing. Lewat program ini juga, Tulus berinisiasi untuk mengumpulkan donasi yang dialokasikan untuk pengadaan program pelatihan guru-guru di wilayah.

Gak hanya itu, Tulus juga bergabung dalam gerakan Semua Murid Semua Guru bersama musisi lainnya. Lewat gerakan ini, semua musisi yang terlibat berharap bisa meningkatkan kesadaran dan aksi masyarakat dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

4. Cinta Laura

Cinta Laura

Cinta Laura via https://instagram.com

Cinta Laura juga memiliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap pendidikan. Diketahui kalo Cinta bersama keluarganya mendirikan Yayasan Soekarseno Peduli di Bogor. Sekolah ini tidak memungut biaya sepeserpun untuk murid-muridnya. Selain itu, anak-anak yang bersekolah di sini juga diajarkan pendidikan formal dan non formal.

Kerennya lagi, Cinta juga turut andil dalam memberikan donasi untuk sekolah ini yang digunakan untuk membayar gaji guru dan membelikan buku anak-anak. Oh ya, jika ada waktu senggang, Cinta juga menyempatkan diri untuk mengajar Bahasa Inggris di sana lho!

5. Vidi Aldiano

Vidi Aldiano

Vidi Aldiano via https://instagram.com

Pelantun lagu Definisi Bahagia ini juga concern dengan pendidikan yang ia buktikan dengan menyelesaikan studi magister di University of Manchester jurusan Science in Innovation Management and Entrepreneurship. Gak hanya itu, kepeduliannya dengan dunia pendidikan juga ia salurkan dengan menjadi guru biologi di tahun 2019 lalu.

Menurut Vidi, pendidikan itu sangat penting. Karena, selain bisa mempelajari ilmunya, pendidikan juga bisa membantu mengasah pola pikir dan menyelesaikan masalah.

Nah itu dia 4 seniman muda Indonesia yang menginspirasi kita karena kepedulian mereka terhadap dunia pendidikan dari youngontop.com. Yuk jadikan kisah mereka sebagai penyemangat dan motivasi untuk kita. Selamat Hari Pendidikan Nasional!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Young On Top adalah community-organization nya anak muda Indonesia yang tersebar di 25 kota di Indonesia!

CLOSE