Self Love itu Penting. Jangan Melulu Fokus ke Orang Lain Hingga Lupa pada Diri Sendiri

Self love penting

Mungkin terkadang kamu terlalu ingin memuaskan orang lain, terlalu sering berpikir bagaimana cara atau langkah agar orang lain terkesima pada apa yang telah kamu lakukan. Sebenarnya berusaha untuk mendapatkan validasi dari orang lain itu nggak salah sih, asalkan kamu sebelumnya bisa menentukannya dengan porsi yang seimbang. Sebelum kamu berusaha membuat orang lain puas atas apa yang telah kamu lakukan, coba pikir kira-kira apa sih yang sudah kamu lakukan untuk kepuasan dirimu sendiri sebagai wujud rasa cinta?

Kamu perlu mencintai dirimu sendiri lebih dulu, agar kamu kemudian bisa mencintai orang-orang di sekitarmu. Cara mencintai diri sendiri gak harus muluk-muluk atau berlebihan kok, bisa dimulai dari cara yang sederhana dan konsisten melakukannya setiap hari. Seperti cara-cara berikut ini!

Advertisement

1. Awali hari dengan ceria untuk asupan jiwa agar lebih baik

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Coba lakukan cara ini terlebih dulu. Harimu akan menjadi baik atau tidak, tergantung dari bagaimana kamu memulainya. Hal buruk yang sudah terjadi kemarin jangan terlalu dipusingin berlebihan. Bangun dengan perasaan ceria bisa menjadi asupan yang baik untuk jiwamu agar semangat melakukan berbagai aktivitas. Mengawali hari dengan perasaan ceria dan senang juga akan membuka peluang dan keberuntungan yang baik untuk menghampirimu, sekaligus membagikan energi positif untuk orang-orang di sekitarmu.

2. Pelajari hal baru di hari ini, selain menambah kepercayaan diri juga baik untuk kesehatan mentalmu

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Dunia ini amat luas dan penuh dengan berbagai warna. Manfaatkan itu untuk mengeksplor diri. Belajar hal baru juga akan membuat dirimu menjadi pribadi yang mudah beradaptasi sekaligus pantang menyerah. Bisa terus bertahan dalam berbagai kondisi dan rintangan ialah salah satu ciri orang yang berkualitas dan orang-orang di sekitarmu akan mengenalmu sebagai orang yang berkarakter. Akan semakin signifikan jika kamu bisa jadi pribadi yang lebih open minded dan fleksibel.

Advertisement

3. Menjaga kesehatan tubuh dengan rutin berolahraga, bisa di rumah dengan melakukan jogging ringan

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Kamu pasti sudah tak asing dengan ungkapan tersebut. Wujud tindakan mencintai diri sendiri salah satunya dengan rutin berolahraga. Jangan menunggu sakit, lalu baru menyadari kalau sehat itu amat berharga. Kalau kamu malas keluar rumah, bisa lakukan jogging ringan di rumah dengan mengelilingi tiap ruangan, atau sit up sambil mendengarkan musik. Rutinitas seperti itu terkesan sepele ya, namun jika dilakukan dengan konsisten akan terasa juga manfaatnya.

4. Stop membandingkan diri dengan orang lain. Entah dari sisi jalan kehidupan, pencapaian, dan hal-hal yang mereka miliki

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Semua manusia yang hidup di dunia ini punya garis start dan finish yang berbeda-beda. Akan tidak adil jika kamu membandingkan lembar halaman hidupmu yang masih di nomor 15 dengan lembar halaman hidup orang lain yang telah sampai di nomor 75. Tidak semua orang  memiliki kondisi dan strategi dalam hidup yang sama persis  satu sama lain. Suatu sebab yang terjadi ialah akibat dari hal-hal yang lainnya. Oleh karena itu, berhenti membandingkan diri bahkan memaksakan diri untuk setara atau mengungguli orang lain.

5. Tak ada gunanya cemas akan hal-hal yang belum terjadi dan belum dijalani

Advertisement
Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Daripada mencemaskan hal-hal yang yang belum jelas terjadi, mending digunakan untuk berpikir positif, membuat rencana untuk masa depan, bahkan memupuk motivasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih konsisten dan berkualitas. Apapun yang ada di pikiranmu masih berada di bawah kendalimu. Kuasai pikiranmu, bukan pikiran yang menguasaimu. Dengan membuang rasa cemas, maka kamu bisa mengawali apapun dengan penuh semangat dan di akhiri dengan kesuksesan yang membuatmu respect terhadap dirimu sendiri. Apapun yang dimulai dengan energi positif, pasti akan berakhir dengan baik. 

Percayalah mencintai diri sendiri itu lebih mudah dibandingkan kamu berusaha mencintai orang lain. Apabila kamu bisa mencintai dirimu sendiri dengan baik, maka kamu telah membuat ruang yang lebih luas untuk bisa mencintai orang lain dengan tulus. Dengan kamu mencintai diri sendiri lebih dulu tanpa syarat, maka kamu juga bisa untuk terus membagikan cintamu ke orang-orang yang berada di sekitarmu. Jika kamu bisa mencintai dirimu sendiri lebih baik, maka kamu bisa membuat dirimu terus berkembang menjadi pribadi yang berkualitas, dan memperbaiki kerapuhanmu menjadi sebuah keindahan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Everything lowkey

CLOSE