Namanya pelajar ya, pasti semua pernah ngerasain bosen atau jenuh gitulah. Hal tersebut itu wajar banget karena sesuatu kegiatan yang kita lakukan berulang-ulang setiap hari pasti kerasa rada gimana gitu. Gak heran kalo dulu pas masih smp mikirnya "enak ya yang udah sma" dan pas udah sma mikirnya "enak tuh yang udah kuliah, jadi pengen cepet-cepet kuliah" yang pada akhirnya setelah semua ngerasain yang mereka mau mereka malah pengen balik lagi ke masa lalu. Haft, manusia. Itu sebab kita lagi bosen aja dengan keadaan yang ada makanya kita pengen berganti rutinitas yang baru. Rutinitas yang belum pernah kita coba yang sekilas kita liat kayanya nikmat banget buat dijalaninnya. Bosen itu manusiawi, tapi kalo terus-terusan bosen gak bagus dong gak produktif nanti kehidupanmu. Yuk semangat belajarnya, apa aja si yang harus kita lakuin pas lagi down dalam belajar? Kuy simak.

1. Inget Jasa Orang Tua

dearest parent via https://id.pinterest.com

Sebenarnya nomer 1 banget itu kita harus niat karena Tuhan, kalo semua yang kita lakuin udah ikhlas, pasti bakal enjoy dan bakal dikasih yang terbaik. Setelah itu baru deh inget orang tua dirumah, seberapa keras mereka berjuang demi anaknya bisa ngerasain pendidikan yang layak. Mereka berjuang Cuma demi kita loh, bahkan setiap kita minta apa-apa ibu sama bapak selalu ngusahain kan. Mereka emang moodboster paling kuat banget deh kalo untuk urusan ini. ga ada alesan untuk males-malesan lagi kalo udah nginget mereka. Pokonya everything lah. Kita semua sebagai anak gamau lah pastinya ngecewain mereka apalagi bikin mereka sedih, tapi apapun yang kita lakuin gak bakal bisa ngebayar jasa yang udah ibu sama bapak kita lakuin untuk kita, Gak bakal bisa. Jadi, ga ada yang lebih baik selain belajar yang rajin dan jadi anak yang nurut sama orang tua.

2. Nonton Video Motivasi atau Baca Kisah Inspiratif

read your book via https://id.pinterest.com

Salah satunya seperti videonya Merry Riana di akun Youtube miliknya. Recommended lah pokonya, jadi setelah menonton video bisa lebih bersemangat ngapa-ngapain. Atau baca kisah inspiratif tokoh-tokoh yang udah sukses, apalagi yang suksesnya diusia muda apalagi kalo lebih muda dari kita. Iri rasanya, tapi iri yang membawa kita ke hal yang lebih positif ya. Contohnya kaya kak iman usman pendiri start up ruangguru.com. bisa dicek biografi dan kisah suksesnya digoogle. Dan masih banyak tentunya tokoh-tokoh yang cerita dan kisahnya mampu mengangkat semangat kita.

3. Bandingkan Diri dengan Teman-teman yang Lebih Baik

Advertisement

Biasanya berawal dari iri nih liat ada temen yang dengan mudahnya mereka cepet nyelesain tugas-tugas, kaya tanpa hambatan. Terus mereka bisa ikut banyak kegiatan dengan tanpa ribet manage waktunya kaya ikut organisasi ini itu ikut lomba ini itu gampang gitu mereka laluinnya. Nah kalo udah mengamati temen-temen sekeliling yang cerdas gitu langsung deh mikir "eh dia aja bisa, harusnya gua juga dong" langsung terfikiran dihati apa-apa aja yang harus dilakuin supaya gak jadi generasi yang merugi alias males-malesan.

4. Renungkan Sudah Berapa Banyak Hal yang Bisa dan Belum Kita Kuasai

Ilmu kan luas banget ya luaaaaaaaaaaaaas sekali. Jadi, pasti banyak lah yah hal yang belum kita kuasai. lalu apa alesan kita masih santai-santai sementara diluar sana banyak anak muda yang berjuang keras untuk masa depannya, kita gamau dong ketinggalan. Setiap hari adalah hari yang baru banyak hal menarik yang bisa kita pelajari setiap harinya. Belajar sesuatu yang baru itu asyik loh, dengan begitu kita bisa dapet pengalaman yang baru. Bisa lebih semangat jika kita sudah sangat penasaran dengan satu hal yang belum pernah dicoba sebelumnya even itu diluar bidang akademik kita gak papa tekunin aja siapa tau iseng-iseng berhadiah.

5. Do Something That Make You Happy

Lakuin sesuatu yang membuatmu bahagia, kayanya maksudnya ini lebih ke ‘coba refreshing dulu’. Kan lagi jenuh sama rutinitas jadi perlu melakukan sesuatu yang beda dulu. Yang bikin bahagia contohnya kaya apa sih, hmmmm makan chocolate? aaa bisa jadi, siapa si yang nggak suka coklat yekan, makan coklat bisa bikin mood membaik dan bahagia loh pastinya. Menertawakan hal-hal konyol bersama sahabat juga seru, selain keluarga sahabat emang orang yang paling berharga banget yang kehadirannya selalu memberi banyak warna baru untuk hidup kita. So bersenang-senanglah dengan mereka, lupakan keluh kesahmu sejenak. Alihkan kejenuhan mu ke hobi, ini juga usulan yang pas karena namanya hobi pasti sesuatu yang kita suka, kita pasti enjoy ngelakuinnya jadi bisa membuat kita bersemangat setelahnya. Apapun itu yang membuatmu bahagia lakukan, supaya semangat dan motivasimu dalam belajar bertambah dan meningkat.