Penyakit Jantung merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menimbulkan kematian di seluruh Dunia. bahkan akhir akhir ini, kamu sendiri pasti seringkan mendengar berita bahwa ada banyak sekali orang yang meninggal karena serangan jantung? Sampai yang terbaru, ada pesepakbola asal Italia yang bermain untuk Fiorentina Football Club yakni Davide Astori yang meningkat karena serangan jantung bahkan saat dirinya sedang tidur sebelum bertanding. Duh mengerikan ya?

Mendengar kata serangan jantung, mungkin kebanyakan orang hanya tahu bahwa penyakit ini hanya dialami oleh orang yang sudah berusia Tua, jika begitu, maka kamu salah besar. masih ingat dengan Mike Mohede? Salah satu tokoh terkenal di Indonesia? Mike juga saat itu dikabarkan meninggal karena serangan jantung di usianya yang masih terbilang muda. So, bagi kamu yang masih muda, mulai sekarang jaga kesehatan tubuh selalu ya, agar resiko serangan janntung tidak terjadi pada dirimu, masih sayang hidup kan?.

Ada begitu banyak pola hidup sehat yang bisa diterapkan untuk mencegah terjadinya serangan jantung dan itu sangatlah mudah untuk kita lakukan, bahkan di kebiasaan kehidupan sehari hari kita pun bisa saja menerapkannya. Tapi sebelum itu, saya ingin mengajak kamu untuk tahu dulu, sebenarnya apa sih definisi serangan jantung? Di bawah ini adalah kutipan dari Prof. Dr. dr. Budhi Setianto, SpJP, dari FKUI.

Penyakit jantung disebabkan adanya penyumbatan di pembuluh darah menuju jantung, yang mengakibatkan proses oksigenisasi otot jantung menjadi jauh berkurang. Jika kondisi ini dibiarkan, lama-kelamaan otot jantung menjadi rusak. Sakit yang diderita berupa serangan mendadak pada jantung yang dapat mematikan penderitanya dengan seketika,”

1. Sebisa Mungkin Jaga Berat Badan Agar ideal, Bukan Hanya Untuk Penampilan, Tapi Kesehatan.

menjaga berat badan itu penting!

menjaga berat badan itu penting! via https://www.dokterkamu.com

Biasanya, orang orang yang berjuang keras untuk mengidealkan berat badannya menjadi lebih ideal. adalah mereka yang memiliki berat badan yang berlebih dan itu semua dilakukan untuk kepentingan penampilan. Namun terlepas dari itu, sebenarnya bukan cuma untuk penampilan, tapi juga untuk kesehatan lho!

Berat badan yang ideal akan menurunkan kadar lemak yang ada dalam tubuh, kadar lemak jahat sendiri bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada jantung apalagi lemak yang berada di sekitar perut.

2. Hindari Konsumsi Junk Food yang Berlebih, Perbanyak Makanan Serat

konsumsi junk food berlebih itu tidak baik

konsumsi junk food berlebih itu tidak baik via http://hipwee.com

Advertisement

Tak bisa dipungkiri bahwa makanan seperti Junk Food adalah salah satu makanan yang begitu enak dan lezat untuk disantap. Banyak sekali orang yang suka mengonsumsi makanan ini. Namun yang jelas, junk food tentu tidak baik untuk kesehatan karena mengandung kadar kolesterol atau lemak jahat yang bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit seperti serangan jantung. Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung serat.

3. Bukan Hanya Fisik, Pikiran Juga Butuh Istirahat!

jangan sampai stress, tenangkan pikiran!

jangan sampai stress, tenangkan pikiran! via http://hipwee.com

Saking banyaknya aktivitas, tentu lama kelamaan kita akan menjadi banyak pikiran yang akibatnya bisa membuat kita menjadi stress. Hal ini bisa saja memicu penyakit seperti serangan jantung. Bagaimanapun, pikiran juga perlu untuk istirahat. Bagi kamu yang sering lembur dan memiliki banyak pikiran karena berbagai hal, luangkan waktu sejenak untuk istrirahat dengan tidur yang cukup, kalau perlu traveling atau melakukan suatu hal yang menyenangkan. Seperti kata pepatah, hidup itu cuma sekali, jadi apa salahnya menikmati hidup? Iya kan?.

4. Rutin Berolahraga, Solusi Semua Penyakit.

sering olahraga

sering olahraga via http://hipwee.com

Saat ini minat olahraga masyarakat Indonesia sendiri bisa dibilang masih minim, apalagi sekarang banyak anak muda yang justru lebih tertarik dengan gadget atau smartphone dan teknologi, sehingga menyebabkan olahraga makin ditingaalkan.

Advertisement

Padahal, olahraga sangatlah penting untuk menjaga tubuh agar selalu fit dan sehat, salah satunya adalah untuk keperluan menjaga kesehatan jantung dan agar terhindar juga dari penyakit serangan jantung.

5. Lakukan Pemeriksaan Tekanan Darah Rutin

pemeriksaan kesehatan rutin

pemeriksaan kesehatan rutin via http://hipwee.com

Memeriksa tekanan darah merupakan salah satu cara yang juga tidak boleh kita sepelekan. Banyak sekali manfaatnya, kita jadi tahu berapa tekanan darah kita agar kita tetap bisa memantau kesehatan tubuh kita.

Sebisa mungkin, rutinlah per 1 bulan sekali periksa tekanan darah dan jika dalam kondisi kurang normal baik itu karena tekanan darah terlalu tinggi atau rendah, segeralah berkonsultasi ke dokter, semua ini demi menjaga agar tidak terkena penyakit jantung.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya