Apa kamu bangga dengan dirimu sekarang? Sering dipuji dan terus membayangkan pujian-pujian itu?
Tunggu dulu! Jangan terlalu dimasukkan ke hati karena bisa saja pujian itu tidak tulus dan ada konspirasi di balik trik pujian yang diungkapkan orang-orang di sekelilingmu. Berikut ini trik yang bisa kamu waspadai agar kamu tidak GR karena dipuji, yuk simak!

1. Mereka Terus Menyanjungmu Seolah Tanpa Cela

Banyak orang memujimu? Jangan GR dulu!

Banyak orang memujimu? Jangan GR dulu! via http://3.bp.blogspot.com

Hati-hatilah dengan mereka yang bicara padamu penuh dengan pujian tanpa mengkritik atau menyebut kelemahanmu. Bisa jadi, pujian mereka tidak tulus. Mereka ingin merasa aman agar bisa mendapat sesuatu dari kamu dan bisa memanfaatkan kamu.

Advertisement

Orang ini biasanya membeberkan kelebihanmu, kadang ada yang tidak sesuai kenyataan. Mereka juga suka membandingkan kelebihanmu dengan kelemahan orang lain.

Mereka mengeluhkan orang lain dan mengatakan kamu lebih baik.

Hati-hati, artinya mereka ingin kamu memperhatikan mereka, lebih dekat pada mereka, percaya pada mereka, sehingga kamu tidak sadar kamu sedang dimanfaatkan.

Advertisement

Kalau kamu sudah termakan pujian, kamu tidak pikir panjang untuk memberi apa yang mereka minta. Kamu ingin pujian itu terus bertahan karena kamu takut orang-orang yang memujimu pergi.

2. Setelah Memuji Mereka Minta Sesuatu

Waspada penjilat

Waspada penjilat via https://1.bp.blogspot.com

Setelah hatimu senang, matamu berbinar-binar polos, mereka mengungkapkan keinginan sebenarnya. Entah itu memanfaatkan uangmu, memanfaatkan skill kamu, atau memanfaat jaringan pertemanan yang kamu punya.

Ini beda dengan basa-basi untuk minta tolong. Kalau orang basa-basi dengan niat menghargai kamu lebih dulu sebelum minta tolong, mereka tidak akan memujimu, mereka biasanya akan turut membicarakan tentang dunia yang kamu sukai.

Mereka mau mendengarkanmu, tidak memotong pembicaraanmu. Ada juga yang kembali menawarkan keuntungan buat kamu jika mau menolong mereka.

3. Mereka Tidak Langsung Minta, Tapi Bakal Sering Minta

Halah, kamu lho cuma dimanfaatkan

Halah, kamu lho cuma dimanfaatkan via http://www.dinamikakepri.com

Mereka mungkin tidak hari itu juga minta sesuatu dari kamu.

Mereka memuji kamu sebagai modus pendekatan awal.

Kemudian, mereka minta sesuatu ke kamu, memuji, dan terus minta sesuatu ke kamu. Tapi ketika kamu yang minta tolong, mereka enggan.

Mereka akan bilang bahwa kamu yang paling bisa mereka andalkan. Bahwa kamu yang paling mereka sayang. Bahwa kamu yang paling mereka sukai. Tapi itu semua hanya supaya kamu mau memberi apa yang kamu minta lain kali. Modus-modus orang suka ngutang begini nih.

4. Mereka Memuji untuk Kepuasan Batin

Mereka senang ternyata kamu ke-GR-an

Mereka senang ternyata kamu ke-GR-an via https://encrypted-tbn0.gstatic.com

Percaya nggak sih ada orang yang mendapat kesenangan batin dengan melihat kelemahan orang lain?

Ada orang yang senang memuji orang lain untuk melihat betapa kamu mempercayai pujian itu, padahal dalam hatinya mencibir kamu habis-habisan.

Cara ini juga bisa disebut balas dendam terselubung sih. Mereka sebenarnya benci kamu tapi mereka melampiaskannya dengan melihat betapa bodohnya kamu, betapa GR-nya kamu.

5. Hati-Hati Jika Banyak Orang yang Memuji Kamu

Cross check dulu pujiannya

Cross check dulu pujiannya via http://al-falahiyah.hol.es

Jika kamu merasa dimana-mana orang memuji kamu maka berhati-hatilah. Coba introspeksi lagi, coba pikirkan lagi apakah pujian mereka itu benar adanya? Hati-hati karena jika kamu terkubur dalam pujian-pujian itu, kamu bisa lupa diri, kamu jadi sombong.

Saat kamu jatuh karena lupa diri, orang-orang yang tadinya memuji kamu bakal senang karena itulah yang mereka inginkan. Baiknya, tanyalah pada orang yang tulus menyayangi kamu, apa benar kata mereka yang menyanjungmu itu.

Misalnya, orang tua dan saudara kandungmu, sahabat yang selalu ada buatmu dalam suka dan duka, atau guru yang selalu memarahimu.

Sekali-sekali dengarkan kata orang tentang keburukanmu lalu kamu bandingkan dengan pujian-pujian itu.

6. Hingga Saatnya Kamu Jatuh

Jempol yang tadinya di atas berputar 180 derajat

Jempol yang tadinya di atas berputar 180 derajat via http://www.kabarmakkah.com

Cepat amati, cepat sadari, cepat renungkan sebelum kamu jatuh karena lupa diri.

Kamu lupa bahwa kamu harus memperbaiki kelemahanmu. Dengan begitu, kamu bisa fokus pada potensi dirimu yang sebenarnya dan mengembangkan potensimu itu.

Well, pujian penting sih untuk memotivasi kita biar lebih semangat. But, hati-hati kalau terlalu sering dipuji.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya