Indonesia memiliki tujuan wisata yang sangat menggiurkan, sebagai negara maritim yang memiliki banyak kepulauan tak salah bila wisata laut menjadi salah satu destinasi terbaik. Pulau Kalimantan yang berada di timur Indonesia salah satunya, tepatnya di Kepulauan Derawan yang berada di kabupaten Berau Kalimantan Timur.

Kepulauan Derawan merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat di minati karena keindahan alamnya yang sangat Instagramable. Seiring dengan mengeliatnya sosial media para traveller berlomba-lomba menampilkan dokumentasi terbaiknya untuk di tampilkan. Kepulauan Derawan menjadi salah satu tujuan para traveller karena ke eksotisan alamnya dan keramahan warga lokal.

Para traveller akan di manjakan oleh eksotisme alam yang di sajikan di kepulauan ini, tidak hanya kepulauan Derawan traveller juga bisa melakukan hopping island di kepulauan yang berada di sekitar Derawan, seperti Pulau Maratua, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki dan Pulau manimbora yang mengagumkan.  Banyak yang dapat di lakukan selama traveller berada di kepulauan Derawan ini, selain hopping island, snorkling, menikmati sunset dan juga sunrise menjadi kegiatan yang wajib dilakukan.

Ber-snorkling adalah kegiatan yang harus di lakukan saat berkunjung ke pulau. Berikut beberapa lokasi snorkling di kepulauan Derawan ini adalah keharusan saat berkunjung ke kepulauan Derawan. 

1. Snorkling di Pulau Maratua

Terjun dari dermaga Maratua

Terjun dari dermaga Maratua via https://www.facebook.com

Siapkan peralatan snorkling kalian! di spot ini traveller akan di sambut oleh ikan-ikan cantik berwarna warni yang berada tidak jauh dari dermaga. Traveller bisa terjun bebas ke air dari bibir dermaga, setelah itu bisa menikmati keindahan bawah lautnya.

Advertisement

Selain memiliki spot snorkling yang cantik, pulau Maratua ini menyediakan penginapan water villa yang langsung menghadap ke laut.

2. Snorkling di pulau Kakaban

Berenang bersama ikan yang cantik

Berenang bersama ikan yang cantik via https://www.facebook.com

Sama seperti Maratua, snorkling di pulau ini terletak tepat dari dermaga dan langsung di sambut dan di kelilingi oleh ikan warna warni yang cantik. Lokasi snorkling di pulau Kakaban ini terletah di bagian depan alias di dermaga tempat kapal bersandar.

Biasanya, snorkling di sini setelah selesai berenang bersama ubur-ubur yang berada di danau Kakaban yang terletak di bagian dalam pulau ini.

3. Snorkling bersama ubur-ubur di Danau Kakaban

Ubur-ubur yang tidak menyengat

Ubur-ubur yang tidak menyengat via https://www.facebook.com

Advertisement

Berada di pulau yang sama, di lokasi snorkling ini menyajikan ubur-ubur cantik yang akan naik ke permukaan. Tenang saja di lokasi ini ubur-ubur tidak akan menyengat namun harus tetap berhati-hati karena ubur-ubur ini tidak selincah ikan jadi jangan membuat gerakan-gerakan cepat yang dapat menganggu mereka.

Di lokasi ini traveller akan dilarang menggunakan fin saat berenang karena pergerakan fin dapat menggangu ubur-ubur. Lokasi danau ini berada di bagian dalam dari pulau Kakaban, walaupun ini adalah sebuah danau tetap harus waspada karena ada arus yang tidak terlalu besar namun dapat mendorong traveller menjauh dari posisi awal, karena adanya pelarangan menggunakan fin di lokasi ini jadi usahakan traveller memakai life jacket atau pelampung agar dapat menghemat tenaga.

4. Snorkling di labuan cermin

menyelusuri di balik kejernihan air Labuan Cermin

menyelusuri di balik kejernihan air Labuan Cermin via https://www.facebook.com

Labuan Cermin dikenal sebagai salah satu lokasi yang memiliki kecantikan air yang sangat jernih. Gradasi kejernihan air nya membuat kita bisa melihat apa yang ada di balik air. Di lokasi ini traveller tidak hanya berburu foto di atas kapal yang ikonik di sini, tapi juga bisa ber-snorkling namun sayang tidak banyak ikan yang bisa di lihat dan tidak seindah lokasi snorkling lainnya.

5. Snorkling di bmi Derawan resort

Menarik ikan untuk berkumpul

Menarik ikan untuk berkumpul via https://www.facebook.com

Tanpa perlu menggunakan kapal untuk ke lokasi snorkling ini, lokasi ini dapat di susuri dari pantai yang berada di pulau Derawan. Traveller bisa menyusuri pantai di pulau ini untuk ke lokasi. Pada lokasi ini traveller akan bertemu ikan-ikan hias yang sangat cantik dan sesekali ada penyu yang menemani traveller berenang di lokasi ini.

Demi menjaga keamanan jangan lupa tetap gunakan pelampung atau life jacket karena berfungsi agar tetap mengapung di atas permukaan air dan juga menghemat tenaga kita selama snorkling. Tidak perlu ragu bagi traveller yang tidak membawa atau memiliki peralatan snorkling, di pulau Derawan terdapat banyak penyewaan alat snorkling.

Tidak di ragukan lagi keindahan bawah laut kepulauan Derawan, sekarang siapkan ranselmu dan mulailah berkelana.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya