Dalam hidup, tentunya kamu memiliki beragam kegiatan yang menyita waktumu. Entah itu kuliah, bekerja, ikut organisasi ini itu, seminar lokal hingga internasional, atau bahkan olimpiade yang menjanjikan masa depan cerahmu. Namun, pernahkah kamu merasakan ada ruang kosong di dalam hatimu? Ruang kosong yang bahkan prestasi internasionalmu nggak dapat menyembuhkan itu.

Akhirnya kamu menyadari bahwa kamu terlalu fokus pada dirimu sendiri hingga melupakan orang lain di sekelilingmu. Hidupmu nggak hanya harus berarti untukmu saja, namun hidupmu juga harus berarti untuk orang lain. Kalau kata Barack Obama, lakukanlah hal-hal baik, maka kamu akan mengisi dunia dengan harapan, juga kamu akan mengisi dirimu sendiri dengan harapan. Inilah alasan mengapa kamu sebaiknya mencoba melakukan kegiatan kesukarelawanan, meskipun hanya sekali dalam hidupmu.

 

1. Bahagiamu Perlu Kamu Bagi ke Orang Lain

berbagi bahagia bikin tambah bahagia via http://s3bubble.com

Punya segalanya terkadang nggak cukup membuatmu bahagia. Kamu perlu sesekali membagikan kebahagiaanmu kepada orang-orang di sekitarmu. Akan tetapi, nggak selamanya berbagi uang dan materi juga bisa membuat orang lain turut bahagia. Terkadang yang mereka perlukan hanyalah waktu dan kesediaanmu mendengar cerita mereka.

Buatmu yang suka berbagi cerita, kegiatan sukarelawan sangat cocok kamu lakoni. Berbagi bahagia bisa kamu lakukan dengan berbagi pengalaman, wawasan, dan motivasi yang dapat membuat mereka nggak putus asa di tengah kesulitan mereka. Apalagi jika kamu mudah dekat dengan anak-anak. Kamu bisa menjadi volunteer untuk membantu mereka mewujudkan mimpi menjadi nyata. Buat mereka percaya bahwa masa depan yang lebih baik itu nyata dan dapat diusahakan.

2. Kamu Akan Selalu Bersyukur

senantiasa bersyukur via http://smubr.com

Advertisement

Dalam hidup, tentunya kamu memiliki daftar berbagai hal yang kamu inginkan agar bisa tercapai. Langkahmu menuju hal-hal yang kamu inginkan sangat sulit dan terkadang kamu nggak terima saat kamu gagal mencapainya. Mungkin itu artinya kamu perlu mencoba jadi volunteer.

Kegiatan kesukarelawanan akan memperlihatkan kepadamu realitas kehidupan masyarakat golongan menengah ke bawah. Mereka mungkin sangat kurang dalam ekonomi, atau hanya mampu menempuh pendidikan dasar, namun mereka senantiasa bersyukur dalam menjalani hidup. Pada awalnya, kamu mungkin nggak akan percaya bahwa di sekelilingmu masih ada orang yang kesulitan menempuh pendidikan, hanya mampu makan nasi sekali dalam sehari, atau bahkan kesulitan mendapatkan akses air bersih. Namun, jika mereka mampu bersyukur dalam situasi itu, tentu kamu juga lebih mampu bersyukur dalam setiap kesulitanmu.

3. Bertemu Orang Baru yang Memiliki Kehebatan Masing-Masing

orang-orang hebat bisa kamu temui melalui kegiatan volunteer via http://hipwee.com

Melalui kegiatan kesukarelawanan, kamu pasti akan bertemu dengan banyak orang baru. Bukan nggak mungkin kamu akan bertemu dengan bermacam orang dari seluruh Indonesia, bahkan dari luar negeri. Kegiatan volunteer memang acapkali nggak mensyaratkan asalmu dari mana, yang lebih penting adalah niatmu untuk berbagi dan membantu sesama.

Advertisement

Bahkan, kamu bisa bertemu orang-orang hebat sebagai sesama volunteer. Tentunya kamu mengenal Pak Ridwan Kamil, bukan? Wali Kota Bandung ini pernah berpartisipasi menjadi relawan pengajar dalam gerakan Kelas Inspirasi Bandung pada awal tahun 2016. Kamu akan bisa menemui relawan yang memiliki pengalaman hebat di bidangnya masing-masing. Inilah saatnya kamu bisa menambah wawasanmu dengan menjalin relasi dengan mereka.

Jangan sia-siakan kesempatanmu berbagi untuk orang lain, karena kamu tidak akan pernah tahu siapa yang akan kamu temui dan pelajaran apa yang akan kamu dapat.

4. Kamu Belajar Banyak Hal Baru

kegiatan baru, belajar hal baru via http://mongabay.com

Melalui kegiatan kesukarelawanan, nggak dipungkiri kamu akan mendapatkan pengalaman baru dan belajar hal-hal baru. Misalnya, kamu belum pernah mengajar anak-anak sebelumnya, tapi kamu mencoba bergabung di kegiatan sukarela yang mengharuskanmu mengajar anak-anak usia sekolah dasar. Di lain kesempatan, kamu yang belum pernah hidup tanpa sinyal telepon atau listrik harus menerima apa adanya ketika kamu dikirim menjadi sukarelawan ke daerah pelosok di perbatasan negeri.

Kamu pun bisa belajar dari siapa saja, bisa dari pembimbing kegiatanmu, teman sesama volunteer, juga alam di tempat kamu mengabdi. Bahkan, bisa jadi bukan teman volunteer-mu yang mengajarimu hal baru, tapi mereka yang seharusnya kamu bantu justru mengetahui hal yang nggak kamu ketahui sebelumnya.

5. Orientasimu dalam Hidup Bukan Lagi Uang

uang bukan segalanya via http://worldslastchance.com

Kamu akan merasa beruntung meskipun kamu sedang berada dalam kesulitan karena kamu tahu bahwa ada orang lain yang jauh lebih kurang beruntung dibanding kamu. Kamu nggak lagi berorientasi bahwa uang adalah segalanya untuk hidupmu. Kamu terus mencari kebahagiaan, namun kamu tahu bahwa bukan uang medianya. Menjadi volunteer tentu membawa dampak positif bagimu, salah satunya adalah kamu nggak mudah menghalalkan segala cara untuk memperkaya diri. Karena kebahagiaan nggak bisa diukur dengan seberapa banyak uang yang kamu dapatkan.

Kalian terlalu berharga untuk dibayar dengan uang.

Dan akhirnya, kamu akan ketagihan untuk jadi volunteer lagi dan lagi.

Jadi, kapan mau coba menjadi volunteer?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya