Masa SMA sudah di penghujung jalan nih! SNM-SBMPTN sampai seleksi Mandiri bakal siap diterjang sama kamu-kamu yang punya semangat tinggi untuk melanjutkan ke jenjang kuliahan. Yuhu…. Semoga yang sekarang sedang berjuang, harapannya dikabulkan. Semangat, perjuanganmu nggak akan sia-sia kok! Bahasa gaulnya, sanss…. nah, berbicara soal kuliah, kamu tau gak gimana suasana kampus itu?

No no no! Jangan bayangkan seperti yang kamu angan-angankan. Ataukah kamu emang bener-bener sudah tau sehingga kamu mantap pergi kuliah? Kalau belum, yuk yuk chek list di bawah ini, hal-hal yang harus diperhatikan bagi kamu yang mendambakan menjadi seorang MABA tahun ini

1. Kuatkan Mentalmu, Dek!

Niatkan hatimu

Niatkan hatimu via http://pinterest.com

Iya bener! Yupss! Firstly, kuatkan mental kamu sebelum kamu mengimajinasikan kehidupanmu yang baru di dunia perkuliahan. Saranku, point pertama ini memang HARUS benar-benar kamu persiapkan sejak sedini mungkin. Tanyakan pada hatimu, benarkah kamu memang ingin melanjutkan di Perguruan Tinggi? Benarkah kuliah adalah kebutuhanmu setelah SMA?

Advertisement

Benarkah jika kamu kuliah bisa membantumu mencapai cita-citamu? Dan, yang paling penting sejauh mana gambaranmu tentang dunia kampus. Kamu harus tahu, setelah putih abu-abumu kau simpan rapi di almari kenangan, itu berarti dunia baru telah siap memelukmu. Dunia yang tidak bisa kamu sikapi dengan sikap kekanak-kanakanmu seperti halnya yang kamu lakukan semasa SMA.

Dunia di mana kamu membutuhkan kesiapan lahir-batin, pokok itu intinya. Apalagi buat kamu yang ingin kuliah di luar kota, dan nge-kos. Nah! Bagi kamu yang nge-kos, hidupmu adalah mutlak jadi tanggung jawabmu sendiri. Kamu memang bebas melakukan apapun, tapi kamu terikat dengan tanggung jawabmu menjaga diri sendiri dan kepercayaan orang tuamu di rumah.

2. Ketahuilah dan Kenali Lingkungan Kampusmu.

kenali kampusmu

kenali kampusmu via http://pexels.com

Jangan cuma tempat asyik buat nongkrong seperti kafe, angkringan, mall, bioskop, dan tempat rujukan remaja lainnya aja yang kamu ketahui. Kamu butuh map, denah, arah! Dan semua tempat yang ada di sekitar lingkungan kampusmu. Kenali bagaimana kehidupan mereka, bagaimana mereka menjalani kehidupan di sana.

Advertisement

Apakah bentrok dengan kebiasaanmu atau tidak sama suasanannya dengan lingkungan tempat tinggalmu dulu. Mungkin, sebagian besar MABA akan mengatakan hal itu. Yang shock culture lah, yang gak betah lah, yang pengen pulang aja lah, yang kangen rumah lah, yang-pokoknya-serba-mengeluh!

MABA: Yah, Bu. Aku pengin pulang. Aku nggak betah di sini (sambil mewek, maybe wkwkw..peace^^)

Ortu : Kok gitu? Kenapa? Nggak kerasan? Nggak betah? Memangnya di sana nggak betah? (khawatir banget!:( sedih!)

MABA: Nggak enak pokoknya….

Ortu : Yang penting kamu nggak kenapa-kenapa, di kuatin aja, nanti juga lama-lama terbiasa. (sabar banget, padahal sungguh gak tega sama anaknya)

Ya gitulah….. kamu tega buat orang tuamu sedih? Karena keluhanmu tentang lingkungan barumu yang tidak sesuai dengan dirimu. Wajar sih, hari pertama emang kayak gitu, tapi lama-lama terbiasa kok! Kamu bakal beradaptasi dengan lingkungan barumu itu. So, yang penting lingkunganmu itu membawa dampak positif baik bagimu yaa..

3. Perbanyak Jaringan Perkenalan, Biar Temannya Banyak. Pasti Seru!

banyakin temen

banyakin temen via http://pexels.com

Iya beneran seru, yakin deh! Setelah kamu diterima di kampus dambaanmu, kamu pasti cuss, terbang ee kamu berangkat untuk menjemput dunia barumu. Fix, kamu jadi anak kuliahan! Ciee seneng banget hehee… oke, kalau kamu udah menginjakkan kaki di dunia kampus, kamu harus secepatnya cari teman. Iyup! Perbanyakin kenalan, entah itu temen se ospek.

Eh se-PKKMB yaa… temen se-jurusan, kakak tingkat-apalagi biar tahu gimana lingkungan utamamu di jurusan itu, sampai kenalan se-tingkat kampus pun, sangat disarankan. Kalau kamu sudah punya banyak kenalan, secara otomatis, banyak hal-hal mulai informasi kampus, beasiswa, kehidupan kampus, dan segala macam berita kampus pasti kamu telan-telan banyak, and jadinya, kamu MABA terkece-ter update! Iya. Dijamin deh, kehidupan kuliahmu pasti seru! Selamat perbanyak kenalan!

4. Bermainlah ke SC atau ke PKM, Biar Tambah Greget!

Aktivis kampus

Aktivis kampus via http://pinterest.com

Student Center, atau yang kerap disebut SC ialah pusat kegiatan mahasiswa tingkat kampusmu. Jadi, SC ini semacam kayak gedung pusat kegiatan ekstrakulikuler kalau ditingkat SMA. Segala macam kegiatan non-Akademik ngumpul di tempat itu. Wehh… tempat yang tidak akan pernah sepi sedetik pun. Bahkan jika tidak ada peraturan jam malam, pasti bakal 24 jam tempat itu ramai.

Atau di PKM, ialah pusat Pusat Kegiatan Mahasiswa, bedanya PKM berada ditingkat per fakultas. Jadi, ditiap fakultas pasti ada gedung PKM nya, bedanya juga kebanyakan di PKM itu untuk pusat kegiatan HIMA atau Himpunan Mahasiswa per jurusan, gitu. Main-mainlah ke kedua tempat itu, kamu bakal makin tahu gimana mahasiswa di kampusmu bergerak di luar kelas kuliah. Kamu pun juga bisa ikut Unit Kegiatan Mahasiswa apapun itu, yang penting sesuai bakat minatmu deh! Tinggal pilih, seru kan!

5. Tentukan Pilihanmu, dek!

your chose!

your chose! via http://pexels.com

Iyups! Nah point terakhir ini juga tak kalah pentingnya dengan point-pint sebelumnya. Buat dedek gemes, kamu harus tentukan pilihamu! Pilih dia atau aku? Ehh… bukan itu yaa! Pilihan di sini maksudnya kamu harus memilih menjadi sosok yang seperti apa kamu nanti jika sudah menjadi Mahasiswa beneran. Banyak tipe mahasiswa, ada yang kupu-kupu atau kuliah pulang, ada kura-kura atau kuliah rapat, ada kuker atau kuliah kerja, dan tipe-tipe lainnya yang masih buanyak lagi!

Mau jadi mahasiswa yang berprestasi dibidang akademik? Silakan. Mau jadi aktivis? Itu keren juga, silakan. Mau jadi mahasiswa yang aktif dikelas dan aktif pula diorganisasi? Wew ekstra keren itu. silakan pilihan terbuka lebar yang penting jadilah mahasiswa yang benar-benar mahasiswa, mulai dari sikap mahasiswa dan pemikiran mahasiswa terhadap lingkungannya. Jadilah mahasiswa yang berprestasi, dan tentunya bermanfaat bagi bangsamu, selamat jadi MABA! Dan semangat menggapai cita-cita!

Salam Mahasiswa!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya