Ya, hidup traveling memang sudah melekat sama kaum milenial zaman now! Di Instagram sudah banyak bertebaran akun-akun traveler yang namanya makin lama makin aneh bin unique dan nyeleneh! Bisa dibilang, hampir semua orang yang saya follow di Instagram, semuanya upload foto tentang perjalanan ke berbagai tempat wisata yang selalu membuat saya gatal-gatal pengin banget ke sana.

Tak salah, belakangan ini menjadi seorang traveler sudah menjadi primadona di kalangan anak muda! Biar bisa berbaur  di zaman yang makin hari makin aneh bin ajib!  Apalagi dengan banyaknya tempat-tempat wisata baru yang bermunculan, mengakibatkan hasrat dan keinginan untuk menjelajahi dunia yang indah!

Sebelum melakukan suatu perjalanan, para traveler juga mempunyai persyaratan yang nggak boleh dilupakan. Apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang traveler zaman now?

Ini dia, starter pack para traveler zaman now yang wajib dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan. Jangan sampai ketinggalan!

1. Kolaborasi Ciamik Backpack + Travel Bag Organizer

Backpack Traveler

Backpack Traveler via http://pexels.com

Karena saya juga termasuk traveler zaman now, maka bahasa yang bakal saya gunakan juga harus zaman now, dong! Yang pertama dan utama, backpack adalah tempat menyimpan segala jenis peralatan buat kelancaran traveling. Backpack berguna untuk nyimpan baju, celana, celana dalam, sampai obat  puyeng kalau-kalau ntar ada yang mabuk berat selama perjalanan. Bagi kaum traveler, menjinjing barang nggak modis lagi dan lebih memilih untuk membawa backpack biar lebih mudah dan tentunya bakalan kelihatan modis.

Advertisement

Seiring perkembangan zaman, ada satu barang lagi hal yang harus disiapkan bagi traveler zaman now sebelum memasukkan berbagai peralatannya ke dalam backpack, yaitu mempersiapkan Travel Bag Organizer (TBO)terlebih dahulu.

Jadi, TBO  ini berguna untuk mengelompokkan beberapa jenis peralatan mulai dari baju, peralatan mandi, peralatan elektronik, dan peralatan lainnya. Gunanya, biar ntar pas di dalam backpack semuanya tertata rapi dan nggak ribet lagi buat ngeluarin barang-barang yang kita perlukan nantinya. 

2. Toiletries Bag

Toiletries Bag

Toiletries Bag via http://pexels.com

Membawa perlengkapan mandi tentu sangat penting buat traveler zaman now! Namun sebelum memasukkan perlengkapan mandi ke dalam tas, kamu harus menyediakan Toiletries Bag terlebih dahulu biar ntar sabun dan odol nggak berlepotan di mana-mana. Kamu nggak mau kan, kalau ntar baju yang kamu pakai rada bau-bau sabun mandi?

3. Quick Dry Towel (Handuk Ajib Cepat Kering!)

Handuk yang cepat kering bakalan menghemat waktu

Handuk yang cepat kering bakalan menghemat waktu via http://pexels.com

Advertisement

Handuk travel cepat kering atau quick dry towel biasanya terbuat dari microfiber, lebih mudah menyerap air, dan lebih cepat kering dibanding handuk biasa. Tentunya ini bakal membantu banget dan kamu ngga perlu lagi buat menjemur lama sampai bisa memakai handuk ini lagi. Kalau kamu bepergian ke daerah yang panas dan ngerasa bakalan mengeluarkan banyak keringet berlebih, handuk ini bisa menjadi senjata ampuh selain bawa handuk dari hotel!

4. Smartphone, Lovely Charger dan Universal Adapter

HP dan Charger yang Nggak Boleh dilupakan

HP dan Charger yang Nggak Boleh dilupakan via http://pexels.com

Ini mah sudah pasti nggak boleh terlupakan. Bisa nggak hits nih kalau sampai nggak kebawa. Saat mau berlibur, kamu juga harus mempersiapkan smartphone dengan aplikasi-aplikasi yang bakal membantu nanti. Misal seperti aplikasi GPS dan peta seperti Google Map, Waze, aplikasi Hhtel, currency converter, dan lain-lain.

Jangan lupa, siapkan juga chargernya biar kamu nggak kalang kabut kalau baterai handphone udah sekarat.

Satu lagi dan penting banget! Jangan lupa buat bawa universal adapter jika kamu jalan-jalan ke luar negeri. Karena setiap negara punya versi masing-masing buat colokan buat nyolokin.

5. Kuota Internet

Media sosial

Media sosial via http://pexels.com

No kuota no party!

Tanpa kuota internet, para traveler zaman now bakalan kehilangan gairah buat update dan berkomunikasi dengan orang lain. Dampaknya? Nggak semangat coy buat traveling!

Nggak bisa dipungkiri kalau nggak ada kuota internet merupakan musibah bagi kaum milenial zaman now!

Teman saya pernah bilang, “Lebih baik galau karena pacar daripada galau karena kuota internet nggak ada!”. 

6. Membawa Kamera Digital

Kamera digital buat mengabadikan momen

Kamera digital buat mengabadikan momen via http://pexels.com

Bagi kaum milenial, nggak lengkap rasanya traveling kalau nggak membawa kamera digital buat menangkap momen-momen berharga yang ada. Entah untuk dokumentasi atau gaya-gayaan, kamera digital sudah menjadi starter pack yang nggak boleh ditinggalkan bagi kaum zaman now! Apalagi kalau mau melakukan perjalanan.

7. Earphone Biar Gak Mati Gaya!

Gak mati gaya!

Gak mati gaya! via http://pexels.com

Sebagai kaum milenial jaman now! Mati gaya merupakan sebuah aib yang nggak seharusnya diperlihatkan kepada khayalak ramai. Saat menunggu kereta, bus atau pesawat di bandara, earphone bakalan membantu banget biar kamu nggak kelihatan mati gaya dan selalu fashionable!

8. Power Bank

Jangan lupakan Power Bank

Jangan lupakan Power Bank via http://pexels.com

Power bank sepertinya sudah jadi salah satu barang yang wajib dibawa saat melakukan perjalanan. Kamu pastinya bakal membawa smartphone ataupun kamera digital, dan tidak jarang kapasitas baterai hengpon kamu kurang besar. Apalagi jika secara terus-menerus dipakai untuk membuka aplikasi peta, GPS, browsing tempat wisata, foto-foto selfie ataupun membuka sosmed.

Power bank bakal membantu banget saat gadget kamu kehabisan baterai. Pilih power bank dengan kapasitas besar, bentuk dan dimensi yang ramping biar ngga makan tempat, dan fitur tambahan yang cukup bagus yang bisa dugem party 24 jam! Jika bisa, pilih juga dari merk yang bagus, bair lebih awet dan tahan lama.

9. Sepatu dan Sandal yang Instagramable

Sepatu kece badai!

Sepatu kece badai! via http://pixels.com

Sepatu bukan cuma sebagai alas kaki saja, tetapi juga merupakan bagian dari fashion dan stylist zaman now yang nggak boleh dilupakan. Bakalan kurang nyaman rasanya kalau berfoto nggak pake sepatu, apalagi berfoto di daerah perkotaan yang ramai. Ntar dikiranya kamu gelandangan!

Dan sandal juga perlu kamu persiapkan apabila kamu bepergian ke daerah pantai. Kamu nggak mau kan, kalau sepatu yang kamu pakai kemasukan pasir, pasti nggak enak banget deh!

10. Baju Distro + Kacamata Hitam

Tampil kece!

Tampil kece! via http://pexels.com

Di zaman now ni baju distro menjadi ciri khas tersendiri di kalanan anak milenial. Bagi kamu traveler pemula, jangan lupa mempersiapkan baju distro dan kacamata hitam biar perjalananmu makin kece badai dan nggak norak!

11. Obat-obatan Untuk Keadaan Tak Terduga

Pertolongan pertama

Pertolongan pertama via http://pexels.com

Kita nggak bakal tahu keadaan apa aja yang bakalan kita hadapi nantinya selama perjalanan. Ada baiknya mempersiapkan beberapa obat-obatan untuk keadaan tak terduga seperti obat masuk angin, mabuk cinta, plester kalau hati kamu terluka, obat maag, minyak kayu putih dan jangan lupa helm level 3!

12. Persiapkan Uang Tunai

uang! uang! uang!

uang! uang! uang! via http://pexels.com

“Uang tidak bisa membeli kebahagiaan jika uangnya tidak ada!”, mojok.co

Sebelum bepergian, jangan lupa buat untuk menyiapkan uang tunai, karena dijamin bakalan susah mencari ATM di tempat tujuan nanti apalagi kalau kamu bakalan melakukan perjalanan ke tempat-tempat terpencil yang ada di dunia. Oh iya, kalau kamu mau traveling ke luar negeri, tukarkan terlebih dahulu mata uangnya di Indonesia ya, biar ntar pas sampai di negeri tujuan kamu nggak bakalan kalang kabut lagi mau nyari tempat penukaran uang dimana.

13. Persiapkan Dokumen Penting

Jangan pernah melupakan dokumen-dokumen penting Ferguso!

Jangan pernah melupakan dokumen-dokumen penting Ferguso! via http://pexels.com

Dokumen penting yang saya maksud adalah KTP, Passport (kalau kamu traveling ke luar negeri), tiket pesawat (jika kamu nggak mau disuruh pulang balik oleh petugas bandara), dan dokumen penting lainnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya