Kamu pernah nggak sih ngalamin kejadian salah beli warna make-up? Pas di counter warnanya kok cantik ya, wah pas nih sama muka aku warnanya. Tapi begitu sampai di rumah ternyata warnanya jadi zonk, atau warnanya ternyata jadi berubah setelah dipakai lama gara-gara teroksidasi. Kayaknya nggak ada yang lebih nyebelin lagi daripada ini, apalagi kalau harganya yang nggak murah atau bahkan kamu perlu sampai nangis darah dulu ngumpulin uang untuk beli salah satu produknya. Nggak cuma di counter-nya, kesalahan beli warna juga pasti sering kamu rasain kalau beli make-up secara online, entah website entah olshop.

Barang make-up yang sering kamu salah beli biasanya nggak jauh-jauh nih sama foundation atau lipstik. Terus kalau salah warna gini jadi harus gimana dong, masa dibuang sih karena nggak bisa dipakai. Kasih ke orang juga kayaknya sayang banget karena kamu juga udah ngincer brand itu udah dari lama.

Ini dia lima hal yang dapat kamu lakukan ketika salah beli make-up.

1. Beli foundation terlalu gelap atau terlalu terang, kamu bisa mencampur keduanya!

udah beli mahal nggak taunya salah warna via http://beautybox.co.id

Foundation jadi salah satu produk make-up yang bisa bikin uang jajan kamu terkuras habis dalam waktu sekejap. Dan kalau ternyata kamu salah beli warna, pasti rasanya separuh jiwamu pergi. Kalau udah begini kamu nggak bisa protes atau minta ganti, tapi bukan berarti kamu cuma pasrah lemah tak berdaya dengan kesalahan yang kamu alami. Kalau kamu salah beli warna foundation entah itu terlalu gelap atau terlalu terang, kamu bisa pakai beberapa cara ini.

Pertama kamu bisa campur warna foundation kamu dengan warna yang lain. Campur sedikit-sedikit sampai kamu dapat warna yang pas di muka kamu. Kalau masih nggak berhasil, tandanya kamu harus berkreasi dengan concelear yang kamu punya, dengan cara kamu aplikasikan seperti sedang mengkontur wajah. Atau kamu juga bisa gunakan colour correcting, kalau yang satu ini kamu harus tau dulu undertone kulitmu supaya bisa dapat warna yang pas.


Yang terakhir dengan teknik counturing ataupun bronzing, ini yang paling aman karena selain kamu bisa menutupi kesalahan warna pada foundation, kamu juga bisa sekalian bikin mukamu terlihat lebih tirus.


2. Beli lipstik terlalu muda warnanya? Tenang, gini cara memperbaikinya!

Advertisement

lah malah kayak orang sakit tipus via http://google.com

Niat hati beli lipstik supaya makin cantik, terlihat segar. Tapi kok malah jadinya terlihat pucat dan kayak orang sakit yang harus di opname. Ini juga salah satu hal yang bikin kepala mendidih tiba-tiba karena ternyata kita salah beli warna. Kalau udah begini jangan dulu putus asa. Kamu tetap bisa pakai kok, dengan sedikit trik. kalau kamu punya lipgloss berwarna, kamu bisa tumpuk lipstik kamu dengan lipgloss berwarna untuk menciptakan kesan segar. Atau kamu juga oleskan warna lipstik merah di bagian dalam bibir, jadinya bibir kamu akan seperti cewek-cewek korea dengan lipstik ombrenya.

Warna mata yang sedikit bold juga bisa membantu lipstik warna pucatmu jadi tidak terlihat, atau kamu bisa membuat warna blush on mu menjadi lebih terang agar warna lipstikmu terbantu dengan warna blush on yang kamu pakai. Efek blush on atau eyeshadow akan membuat penampilan kamu tetap terlihat segar meskipun lipstik yang kamu pakai terlihat lebih pucat. Dengan begitu kamu akan tetap bisa menggunakan lipstik kamu hingga habis dan nggak akan sia-sia

3. Udah beli eyeshadow yang warnanya cantik banget tapi tetep nggak tahan lama? Pakai saja brush basah!

cantik di pallete, nggak cantik di mata. Miris via http://beautystyle.com

Kalau kamu lagi belanja di online shop atau ke konter make-up dan kamu tergugah hatinya untuk memborong beragam warna serta corak eyeshadow dan bayangan akan seperti apa mata kamu jika pakai warna itu. Tetapi ternyata ekspetasi tidaklah seindah realita, pasti bakalan langsung down parah. Bisa tiba-tiba badmood seharian sehingga membuat pacarmu mengira kamu sedang PMS. Jangan sedih dulu, ekspetasi kamu juga bisa tetap jadi kenyataan kok, aku kasih tips mudahnya supaya kamu bisa merubah si tidak ada warna menjadi lebih pigmented.

Kamu bisa pakai eyeshadow base dengan warna kulit, nggak hanya meratakan warna tapi juga bisa bikin warna eyeshadow kamu lebih nempel. Atau kamu bisa pakai cara mudah, dengan basahi dulu sedikit brush kamu sebelum diaplikasikan ke eyeshadow. Inget ya cuma sedikit, jangan sampe basah kuyub kayak abis direndem. Yang paling ampuh pakai dasar cream shadow warna putih, atau eyeliner pencil warna putih juga bisa. Cara pakainya seperti kamu pakai primer atau eyeshadow base, baru habis itu kamu pupuhkan warna eyeshadow yang kamu mau, dijamin warnanya akan lebih keluar. Kalau tidak rubah saja eyeshadow pallete-mu jadi cream eyeshadow dengan alkohol.

4. Kalau bedak yang salah warna bisa alih fungsi jadi bronzer atau highlighter

warna bedak tak sejalan dengan wajah via http://bintang.com

Sebelas dua belas sama foundation, bedak juga sering jadi produk yang salah beli warna. Entah jadi lebih terang atau bahkan lebih gelap. Bedanya kalau foundation masih bisa kita campur dengan warna lain atau dengan cara lain agar sesuai dengan warna wajah.

Kalau bedak agak sedikit sulit, tapi bukan berarti tidak bisa diakali. Mau jenis apapun bedak yang kamu punya kamu bisa siasati kesalahan kamu dengan menggantikan fungsi bedak yang kamu punya. Jika bedak biasanya kamu pakai untuk mengunci semua make-up kamu, kali ini kamu bisa gunakan warna bedak yang salah dengan menggunakannya sebagai bronzer ataupun highlighter. Jadi Kamu tidak perlu buang bedak yang kamu punya tapi justru jadi punya bronzer atau highlighter tambahan.

5. Daripada dibuang ya mending dijual lagi aja. Masih banyak yang mau beli, kok!

Jangan dibuang sis, jual lagi aja via http://caraousell.com

Kalau kamu masih nyerah dengan kesalahan itu dan nggak tahu lagi harus gimana. Kamu tetep punya opsi lain selain membuang barang yang udah kamu beli itu. Dengan cara dijual lagi, atau jadi barang preloved. sekarang ini banyak banget website yang kasih wadah sebagai media untuk kamu menjual barang-barang bekas kamu termasuk make-up. Jadi daripada dibuang, lebih baik kamu jual dengan harga yang sedikit turun sesuai dengan kondisi barang yang kamu punya tentunya. Jangan sampai sudah rusak atau sudah mau habis baru kamu jual dengan harga mahal pula.

Kan lumayan, nggak kepake sama kamu tapi bisa tetep kepake sama orang lain. Dan kamu juga nggak rugi-rugi banget karena setidaknya uang kamu kembali 70% yang bisa kamu gunain untuk beli shade yang seusai dengan kamu. Jaman sekarang banyak kok orang yang beli barang preloved, apalagi kalau cuma baru dipakai satu atau dua kali karena salah warna. Harga yang miring dan juga sesuai dengan pembeli jadi bikin sama-sama untung kan.

Jangan langsung buang dulu, semoga tips ini bermanfaat untuk kamu yang mengalami salah beli make-up.