Mungkin kamu punya badan yang kurus dan kecil. Lalu kamu mencoba untuk menambah berat badan dengan banyak makan. Namun apa daya, badan masih segitu-segitu saja. Saat orang lain gampang menambah timbunan lemak, kamu justru harus kerja keras setengah mati mewujudkannya.

Pasti kamu pernah bertemu atau memiliki teman bahkan mungkin kamu sendiri yang bertubuh kurus namun porsi makannya banyak, melebihi orang gemuk tapi tetap saja kurus.

Hmm, mungkin hal ini terlihat sangat menyebalkan dan membuat iri orang-orang yang susah payah diet habis-habisan namun tetap gemuk atau meski sudah makan sedikit tapi berat badan cepat naik.

Jangan pernah menyalahkan orang tersebut, ternyata ada alasan medis yang mendasari kenyataan tersebut. Berikut beberapa fakta mengapa orang kurus yang makannya banyak tetap saja kurus.

1. Makan Saat Lapar

Makan disaat tidak lapar

Makan disaat tidak lapar via https://goo.gl

Kebanyakan orang bertubuh kurus makan hanya saat mereka benar-benar terasa lapar. Jarang sekali makan hanya untuk sekadar ngemil atau memuaskan hasrat mereka untuk mencoba suatu makanan. Hati-hati! Orang yang porsi makannya sedikit tapi intensitas ngemilnya lebih sering, justru akan cepat gemuk.

2. Berhenti Sebelum Kenyang

Makan sebelum lapar

Makan sebelum lapar via https://goo.gl

Meskipun orang kurus kebanyakan memiliki nafsu makan yang begitu besar, namun mereka hanya mengisi perut mereka sebanyak 80% alias tidak sampai kekenyangan. Hal ini merupakan kebiasaan yang patut dicontoh. Jangan sampai kamu begitu kalap dalam melihat makanan hingga perut menjadi begah.

3. Tidak Makan Sambil Nonton TV

Terbiasa makan didepan TV

Terbiasa makan didepan TV via https://goo.gl

Advertisement

Makan sambil nonton TV memang menyenangkan. Namun tanpa disadari, Anda tidak mengontrol makanan yang Anda masukkan dalam tubuh karena keasyikan nonton. Sehingga tidak terasa berat badan Anda pun akan bertambah. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak melakukan kegiatan apapun saat makan.

4. Bukan Seorang Emotional Eater

Nafsu makan

Nafsu makan via https://goo.gl

Emotional eating merupakan kesalahan terbesar yang tanpa disadari membuat berat badan kamu semakin bertambah. Kamu pernah lihat kan, ada orang yang jika sedang patah hati larinya ke makanan atau sedang bahagia bawaannya ingin makan. Ya, saat emosi mereka tidak stabil, mereka akan makan.

Saat marah atau depresi bahkan saat bahagia pun, mereka makan. Sehingga bisa ditebak bahwa kenapa orang gemuk sulit sekali menurunkan berat badan mereka.

5. Memilih Buah Sebagai Camilan

Favorite

Favorite via https://goo.gl

Advertisement

Salah satu kebiasaan baik dari orang kurus adalah mereka memilih buah untuk camilan mereka. Bukan cokelat, es krim ataupun makanan berlemak lainnya. Sehingga berat badan mereka selalu stabil.

Memiliki tubuh yang ideal tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun, apa daya jika sudah melakukan segala upaya, tapi tetap saja tubuh nggak kunjung menjadi ideal. Meskipun begitu, kita harus tetap bersyukur.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya