Suka Nonton Drakor? Ini 6 Makanan Khas Korea yang Cocok Dikonsumsi Vegetarian

Ngga cuma enak, tapi juga sehat dan bergizi

Korea tidak hanya terkenal dengan industri musik dan filmnya saja, tetapi juga makanannya. Buat kamu pecinta drama korea, pasti sudah sering melihat makanan-makanan khas Korea yang membuat kamu ingin mencicipnya. Nah, berikut ini adalah 6 makanan khas Korea yang juga bisa kamu nikmati sebagai seorang vegetarian. Penasaran apa saja?

Advertisement

1. Bibimbap

hipfoodiemom.com

hipfoodiemom.com via https://hipfoodiemom.com

Bibimbap adalah masakan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang. Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu. 

Untuk kamu yang vegetarian, kamu bisa menikmati sayuran-sayuran seperti timun yang dipotong kecil seperti korek api, bayam, lobak, jamur, wortel, dan sayuran lainya. Lalu, aduk rata semuanya bersama nasi. Dan, bibimbap versi vegetarian siap kamu nikmati.

Advertisement

2. Kimchi

koreanbapsang.com

koreanbapsang.com via https://www.koreanbapsang.com

Kimchi, salah satu makanan asal korea yang populer. Kimchi adalah makanan sejenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Sayuran yang kerap dijadikan sebagai kimchi adalah kubis yang difermentasikan bersama campuran bawah putih, kecap ikan, tepung beras, garam, jahe, lobak, hingga wortel. Kimchi difermentasikan dalam wadah pot dari tanah liat atau onggi. 

3. Tteokbokki

futuredish.com

futuredish.com via https://futuredish.com

Tteokbokki adalah makanan ringan Korea yang berbahan dasar kue beras yang dimasak dengan saus pedas. Biasanya tteoboki dimakan bersama eomuk atau fish cake sebagai pelengkap. Tteoboki berbentuk seperti batang dengan tekstur yang kenyal serta rasanya yang lezat. Di Korea, kamu bisa menemukan para penjual Tteokbokki di pinggir jalan. 

4. Pajeon

foodnetwork.com

foodnetwork.com via https://www.foodnetwork.com

Kalau di Indonesia ada camilan bakwan, di Korea ada Pajeon. Pajeon adalah pancake gurih ala Korea yang berisi sayuran daun bawang yang dicampur dengan tepung beras, tepung terigu, adonan telur dan bahan-bahan tambahan lainnya. Pajeon bisa dinikmati dengan saus sambal supaya lebih nikmat.  

Advertisement

5. Japchae

hipfoodiemom.com/

hipfoodiemom.com/ via https://hipfoodiemom.com

Japchae, menu makanan Korea berbahan dasar soun/bihun yang terbuat dari tepung kentang, membuat teksturnya lebih kenyal. Japchae kemudian dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi.

Untuk kamu yang vegetarian, bisa mengganti daging sapi dengan menambahkan lebih banyak sayuran seperti wortel, daun bawang, paprika, jamur shiitake, dan bawang bombay. Kemudian dicampur dengan bumbu yang ditumis terpisah, berupa bawang putih, kecap asin, dan gula pasir serta dan ditumis dengan minyak wijen. 

6. Kimbap

hmyfoodrecipes.com

hmyfoodrecipes.com via https://www.ohmyfoodrecipes.com

Kimbap atau sushi korea ini berbahan dasar nasi putih yang digulung dengan lembaran rumput laut kering atau gim dan dibumbuhi garam serta minyak wijen. Untuk isiannya, bisa ditambahkan sayuran berupa timun, wortel, bayam, atau sesuai seleramu. Setelah digulung, kimbap dipotong sesuai selera dan siap untuk dinikmati. 

Kimbap sendiri punya 3 varian yaitu, Samgak kimbap yang berbentuk segitiga, Chungmu kimbap yang hanya berisi nasi dan biasanya dinikmati bersama bayi gurita saus lada merah, dan Chamchi kimbap yang berisi ikan tuna saus mayones.

Wah, sungguh menggugah selera ya! Tertarik untuk mencobanya?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Halo! Nama aku Michelle Maryeta. Aku suka berbagi cerita dan pengetahuan dengan menulis. Temui hal lain tentang aku di Instagram : michellmaryeta

CLOSE