Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui air terjun mistis di Indonesia ini. Objek wisata berupa air terjun memang mampu menghipnotis siapapun. Indahnya aliran air yang begitu deras, jernih dan menenangkan dengan dikelilingi pepohonan besar nan asri menjadi alasan banyak orang sengaja mendatangi air terjun.

Selain menjadi objek wisata, ada beberapa orang yang menganggap air terjun sebagai tempat keramat, lantaran memiliki cerita misteri atau legenda mistis dibaliknya. Dan inilah beberapa air terjun cantik yang punya legenda mistik.

1. Air terjun Sedudo, Nganjuk

Air terjun Sedudo

Air terjun Sedudo via https://www.google.co.id

Yang pertama adalah Air Terjun cantik di desa Ngliman Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Di balik kecantikanya Air Terjun Sedudo ini diyakini menyimpan legenda mistik. Menurut cerita warga, air terjun yang diduga telah ada sejak zaman Majapahit ini merupakan tirta suci yang dialirkan dari kayangan.

Advertisement

Keluarga Kerajaan pun diceritakan sering membilas tubuh mereka dengan air ini agar awet muda dan terus dianugrahi keselamatan.

Selain untuk awet muda, di hari-hari tertentu berdasarkan penanggalan Jawa Kompleks Air Terjun Sedudo juga ternyata dijadikan lokasi pencucian pusaka. Banyak kolektor keris yang datang untuk menggelar ritual termasuk juga moment Malam Satu Suro.

2. Air Terjun Matayangu , Sumba Tengah

Air Terjun Matayangu

Air Terjun Matayangu via https://www.google.com

Selanjutnya adalah air terjun Matayangu di Nusa Tenggara Timur. Karena air  yang sangat jernih serta lokasinya di tengah-tengah hutan membuat Surga Tersembunyi ini disukai banyak orang. Namun tak hanya cantik, air terjun ini mempunyai legenda mistis yang dipercayai warga sekitar.

Advertisement

Salah satunya adalah adanya keyakinan bahwa air terjun Matayangu ini adalah tempat tinggal roh manusia sebelum mencapai langit. Selain sebagai tempat singgah roh manusia, menurut warga air terjun yang memiliki kedalaman lebih dari 500 meter ini dilindungi oleh sosok gurita raksasa yang misterius.

Kepercayaan tersebut diperkuat karena ada seorang penduduk yang mengaku melihat gurita besar sedang berjemur di bebatuan air terjun. Benarkah misteri ini?

3. Air Terjun Kakek Bodo di Prigen

Air Terjun Kakek Bodo, Prigen Pasuruan

Air Terjun Kakek Bodo, Prigen Pasuruan via https://www.google.com

Air Terjun Kakek Bodo di wilayah lereng gunung Welirang Jawa Timur ini dikenal sebagai tempat yang memiliki panorama yang sangat cantik. Di balik namanya tersebut, warga setempat percaya bahwa area air terjun ini dahulu merupakan tempat bertapa seorang kakek yang bekerja untuk keluarga Belanda yang kaya.

Dan kala itu, sejumlah orang Belanda menjulukinya si Kakek bodoh, karena dianggap punya perilaku aneh. Dari julukan bodohnya ternyata si Kakek dipercaya mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa, karena kebiasaan nya bertapa.

Mitosnya, dulu si Kakek sering memanfaatkan kekuatannya untuk menolong orang-orang.

4. Air terjun Madakaripura di Probolinggo

Air terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura via http://www.google.co.id

Air terjun cantik Madakaripura di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur ini diyakini menyimpan kisah mistik tersendiri. Yang paling terkenal adalah legenda tentang kemunculan harimau putih.

Menurut cerita, sosok harimau putih tersebut adalah perwujudan gaib dari sahabat Patih Gajah Mada yaknini kyai Dodo Putih. Keberadaannya di sekitar air terjun Madakaripura disebut-sebut sebagai penjaga.

Meski dulu sosok mistik tersebut disebut kerap muncul di beberapa titik sekitar air terjun tiap tahunnya. Setelah tempat ini ramai dikunjungi oleh orang-orang, sosok harimau putih itu mulai jarang terlihat lagi.

5. Air terjun Nglirip di Tuban

Air terjun Nglirip

Air terjun Nglirip via https://google.com

Air terjun yang mempunyai legenda mistik berikutnya ada di Tuban. Inilah Air Terjun Nglirip di desa Mulyoagung Kecamatan Singgahan yang berjarak kurang lebih 35 km dari pusat Kota Tuban.

Warga sekitar menganggap air terjun ini penuh misteri, karena hubungan pasangan yang datang ke tempat ini dipercaya akan putus kurang dari 40 hari. Menurut legenda kutukan itu datang dari Putri Nglirip yang ada pada zaman dulu memadu kasih dengan pemuda desa bernama Djokolelono.

Namun karena ada ketidak setujuan dari keluarga Sang Putri, pemuda itupun dibunuh. Putri Ngilip yang mengetahui hal tersebut kemudian kabur dan mengasingkan diri ke Goa yang berada di balik air terjun.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya