Pepatah,"Tak Kenal Maka Tak Cinta" ternyata masih layak buat ungkapin rasa cinta seseorang terhadap sesuatu. Yap, kali ini kita akan kenalan dulu nih sama kota cantik nan indah yang jadi ikon Perserikatan Kerajaan di ujung Bumi Utara kita, Britania Raya atau biasanya lebih beken dikenal dengan nama Kerajaan Inggris Raya, alias Inggris.

Kerajaan ini sama seperti di kisah dongeng yang sering kita dengar, istana yang megah, raja yang memimpin didampingi dengan ratu, pangeran yang akan mewarisi tahta kerajaan dan menjalankan pemerintahan ketika sang raja Wafat. Setiap sang pewaris kerajaan tentunya diiringi dengan perubahan terutama dari segi peradaban dan budaya.

Tentunya selain kerajaan yang indah, Britania Raya memiliki banyak sekali destinasi tempo dulu yang sampai saat ini tak kalah viral dengan destinasi jaman now yang lebih modern dan retro. apa aja sih destinasi jaman old yang menjadi kebanggaan dan ciri khas dari negara kerajaan ini? Yuk, mari kenalan dulu sebelum kamu halalin.

1. The Big Ben (jam besaaar, emang gede pake banget kan?)

Pertama kita terbang dulu ke bagian timur Britania Raya menuju sebuah destinasi tua, dua kata ketika sampai, menikmati dan mengagumi. Bagaimana tidak? Landmark dari Negara Kerajaan ini, The Big Ben.

For your information, menara jam yang gede ini ternyata tetanggaan sama Istana Westminster lho guys, karena Istana Westminster kebakaran waktu itu (1834) maka itulah dibangun Istana baru dan 31 Mei 1858 menara jam ini lahir dan berdiri sampai sekarang. Resmi dikenal dengan nama "Elizabeth Tower" karena tepat 60 tahun sang Ratu Elizabeth II memimpin Kerajaan Britania Raya dan Wilayah Persemakmuran.

Advertisement

Faktanya guys, seiring berjalannya waktu. Perlu kamu tahu juga kalau menara jam ini makin kesini makin miring, "Lho, kok bisa?" Ya tentu bisa, namanya juga buatan manusia pasti nggak abadi. Kemiringan ini terjadi tiap tahun, kadang miring ke timur kadang juga ke barat tergantung kondisi thermal dari keadaan tanahnya.

Berbagai kerusakan pun juga sering terjadi diiringi oleh perkembangan jaman, mulai dari musim perang dunia hingga kerusakan akibat cuaca. Namun jam besar ini masih berdiri dengan kokohnya seakan menunjukkan pada dunia bahwa dia ingin selalu tetap hidup di jaman yang serba modern dan kekinian saat ini. Selain ukuran yang besar di dekat istana, bagian lonceng dari jam tersebut seluruhnya dilapisi emas lho!

Dulu saat kita masih SD, pelajaran IPS bilang kalau Big Ben merupakan menara jam terbesar di dunia sebelum sekarang posisinya digantikan oleh menara jam Allen-Bradley, Wisconsin. Nah guys, apa kalian ingin kenalan sama salah satu destinasi jaman old, menara jam 159 tahun ini saat menghalalkan diri traveling ke Britania Raya?

2. Bradvord On Avon (tua-tua kekinian, kereeen!)

Advertisement

Beralih ke bagian barat Britania Raya. Destinasi kedua yang tak kalah kekinian di jaman now ini adalah Kota Tua Britania Raya alias Bradvord On Avon. Begitu kecil, sepi dan tua kesan pertama kali kamu sampai disini, namun tak mengurangi pesona keindahannya loh.

Tempat bertemunya dua sungai, yakni Sungai Avon dan Sungai Thames yang melindungi Rumah Kuno di tepian sungai serta beberapa gedung peninggalan Bangsa Romawi kuno ikut menghiasi kota ini.

Selain itu sempat terkenal pula hasil tenun yang mulai berkembang sejak abad ke-19 sebelum maraknya industri tekstil di Britania Raya yang mengakibatkannya hilang dan yang tersisa hanyalah bangunan-bangunan tua didalamnya,"Miris banget ya guys? But life must go on".

Kota tua ini bakalan cocok nih buat kamu yang butuh banget ketenangan dan kesegaran alam, destinasi ini cocok untuk menyegarkan diri kita dari ramainya kota besar. Eits!, ternyata ada juga beberapa atraksi unik lho di kota ini!

Sebelum lanjut ke destinasi tua selanjutnya, alangkah baiknya kamu mampir tuh ke warung teh tradisionalnya yah, tapi ini bukan soal rasa tehnya yang beda, hanya aja di kota ini tuh viral banget yang namanya tradisi minum tehnya.

Kalau kamu penasaran kayak apa sih caranya, gimana sikap ketika minum teh, kamu mesti coba deh. Gak rugi juga kok, selain belajar tradisi baru juga tubuh lebih rileks saat kita minum teh, gitu. Udah kenal kan? halalin deh kota tua yang tahun 659 ini udah tercantum dalam buku sejarah kalian. Okay?

3. Tower Bridge (sesepuh aja punya gandengan, kamu kapan?" Hihihihi)

Okay, next trip. Keliling bagian utara Kota London yuk! Destinasi ini dijamin juga nggak kalah kerennya lho, desain gandengan yang unik dari arsiteknya menjadi daya tarik tersendiri saat kita akan masuk ke jantung kota London ini. kenapa gandengan? Karena jembatan ini juga bisa ngangkat dan ngegantung lho, mirip dua orang yang gandengan, kan? Hehehe.

Jembatan ini berdekatan dengan Menara London, itulah sebabnya dikenal dengan sebutan Tower Bridge. Meski sudah berusia 124 Tahun, mereka masih setia bergandengan terus loh guys! Hehehe. Yah meski kadang terjadi kerusakan akibat cuaca ekstrim dan umur yang sudah tua. Namun masih bisa berdiri kokoh sampai dengan saat sekarang loh, salut deh!

Selain jadi landmark, faktanya jembatan ini ternyata dikelola oleh lembaga amal dari perusahaan di kota London, Bridge House Estate. Dari segi panorama, bagi kamu yang ingin menikmati senja yang keren, jembatan ini cocok banget buat dijadikan destinasi saat ke Britania Raya meskipun udah tua tapi masih kekinian kok hingga sekarang karena pesona senja yang indah. Selamat bersenja ria ya guys!

4. Royal Observatory Greenwich (satu untuk semua, berkah banget!)

Royal Observatory Greenwich

Royal Observatory Greenwich via https://www.partyingredients.co.uk

Destinasi jaman old yang unik dan kaya akan ilmu serta bermanfaat ini adalah sebuah tempat yang terletak di bagian selatan Kota London, Greenwich. Salah satu landmark yang dimiliki adalah garis meridian utama.

For your information, garis meridian utama adalah garis yang bujurnya terletak di 0° yang membagi bumi menjadi dua bagian, yaitu belahan timur dan barat. Sama seperti khatulistiwa yang juga membagi bumi menjadi dua bagian, belahan utara dan selatan.

Awal mulanya terjadi pada akhir abad ke-19, dimana sebelumnya setiap tempat di dunia hanya menggunakan waktu lokal setempat. Dengan adanya perkembangan jaringan komunikasi dan kereta api setelah tahun 1850-an, kebutuhan akan standar waktu internasional tak terelakkan. Maka pada tahun 1884, resmi diumumkan pada International Meridian Conference bahwa garis meridian utama Greenwich sebagai pedoman standar waktu Internasional sampai sekarang ini. (Greenwich Meridian Time) Sungguh penemuan yang berkah dan bermanfaat bukan guys? Pastinya, ya!

5. Buckingham Palace (kian berisi kian merunduk, bener kan?)

Buckingham Palace

Buckingham Palace via https://pbs.twimg.com

Buckingham Palace ini ada destinasi awal mula Britania Raya. Berada di Tengah kota London, dibangun tahun 1703 dan banyak sekali mengalami pindah kepemilikan. Akhirnya Istana ini menjadi kediaman resmi Ratu Inggris, berfungsi sebagai tempat untuk acara kenegaraan, menyambut tamu negara serta tempat kunjungan pariwisata. Banyak desain yang sudah berubah dari bangunan pertama kali dibangun karena usia bangunan yang sudah menyentuh 315 tahun ini. Demi tetap berdirinya Istana ini maka dilakukan penjagaan yang ketat juga.

Sebagai pelengkap agar Istana nampak Indah dan segar disekitar Istana juga dikelilingi taman yang indah. Salah satu yang terkenal adalah Regent's Park yang merupakan taman tertua yang sampai sekarang pun masih nampak cantik ya guys. Taman ini juga dijadikan sebagai tempat favorit untuk menyaksikan skyline kota London secara langsung lho! Sebuah tempat yang sangat tua yang masih berdiri kokoh dan merupakan ciri khas dari suatu negara kerajaan ini juga masih cocok dijadikan destinasi yang patut dikunjungi di Britania Raya ini.

Dari kelima destinasi jaman old yang sudah kamu ketahui dari artikel diatas, mulai dari ujung timur ke barat, utara dan selatan hingga ke jantung kota London. Menurutmu, apakah kelima destinasi tadi masih bisa viral di jaman now ini nggak sih?

Semoga aja bisa jadi referensi buat kamu yang mau liburan ke negara kerajaan, Britania Raya nanti ya guys :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya