5 Tanda yang Menunjukkan Kalau Kamu Sudah Benar-benar Dewasa. Salah Satunya sih Jadi Lebih Bijaksana~

tanda kamu sudah dewasa

Dewasa bukanlah kata benda melainkan sebuah kata sifat. Oleh sebab itu pula, dewasa tidak bisa dinilai dengan umur. Semua akan mengarah kepada perubahan karakter diri seiring dengan bertambahnya usia. Meskipun kadang sulit untuk diukur, 5 hal ini mampu menunjukkan bahwa kamu telah dewasa.

Advertisement

1. Sifat egois mulai memudar

photo by  @omarlopez1 on Unsplash

photo by @omarlopez1 on Unsplash via https://unsplash.com

Hal pertama yang bisa menunjukkan bahwa kamu telah dewasa adalah keegoisan yang mulai memudar. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena seseorang yang benar-benar dewasa mulai paham arti mengalah dan mengimbangi kepentingannya bersama kepentingan orang lain.  Dengan begitu, kamu bisa menempatkan kepentingan pribadi dan kepentingan kelompok secara bijaksana.

2. Memahami nasihat orang tua sebagai sesuatu yang bertujuan baik

Photo de Andrea Piacquadio provenant de Pexels

Photo de Andrea Piacquadio provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Jika di masa remaja kamu merasa terkekang karena sering mendapati larangan orang tua, maka berbeda halnya jika kamu sudah dewasa. Saat kedewasaan itu tiba, kamu akan paham bahwa larangan-larangan yang selama ini diberikan orang tua kepadamu tidak lain merupakan bentuk kasih sayangnya. Dengan begitu, kamu lebih sering mengucapkan terima kasih atas kasih sayang dalam bentuk nasihat tersebut.

3. Mulai bisa mengatur keuangan sendiri dan bertanggung jawab atasnya

Photo by @maitreerimthong on Pexel

Photo by @maitreerimthong on Pexel via https://www.pexels.com

Saat dewasa, kamu akan tau bahwa keuangan adalah satu hal yang cukup pelik. Kamu juga akan tau bahwa mencari uang bukanlah hal yang mudah. Kamu akan mulai enggan untuk meminta uang jajan kepada orang tua sehingga melakukan upaya berusaha sendiri untuk mendapatkan uang. Untuk itu, atas segala kebutuhan, kamu akan lebih bijak mempertanggungjawabkan setiap pemasukan dan pengeluaran.

4. Punya perencanaan masa depan

Photo de Natasha Fernandez provenant de Pexels

Photo de Natasha Fernandez provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu tanda bahwa kamu telah sampai di taraf dewasa ialah mulai terpikir mengenai masa depan. Tidak hanya itu, kamu sudah mulai mempersiapkan perencanaan yang matang. Entah itu prihal pendidikan, pekerjaan, bisnis dan lainnya. Dengan begitu, hidup kamu lebih terarah karena menemukan target dan cara-cara yang harus dilakukan untuk mencapainya.

5. Mampu mengendalikan emosi dengan baik

Advertisement
Photo by @wilsonvitorino on Pexel

Photo by @wilsonvitorino on Pexel via https://www.pexels.com

Nah, yang terakhir adalah mampu mengendalikan emosi. Dengan begini,kamu bisa menyikapi suatu hal dengan lebih jernih dan logis. Secara sederhananya kamu tidak akan mudah marah lagi. Menelaah sesuatu secara lebih kritis, barulah kemudian menanggapinya dengan penuh kesabaran.

Itulah 5 hal yang mampu menunjukkan bahwa kamu benar-benar telah dewasa. Semoga kamu sudah mulai memilikinya ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE