7 Tanda Kamu Sebenarnya Perlu Support Mental. Pahami, Biar Kamu Nggak Tersiksa Sendiri

tanda perlu bantuan profesional

Banyak orang yang tidak menyadari pentingnya kesehatan mental mereka. Terkadang, mereka baru datang ke psikolog atau psikiater setelah kondisi mental mereka kacau. Berikut ini 7 tanda kamu membutuhkan profesional, segeralah temui psikolog atau psikiater kalau kamu merasakannya, ya!

Advertisement

1. Kamu merasa depresi berkepanjangan

Yang pertama, kamu merasakan depresi berkepanjangan. Pikiranmu seolah memikirkan hal yang sedih dan belum tentu terjadi, juga mencemaskan banyak hal yang buruk. Hal ini tidak baik untuk kesehatan mentalmu, apalagi bila sudah berlangsung lama. 

2. Menurunnya minat pada hal yang disukai

Menurunnya Minat

Menurunnya Minat via https://unsplash.com

Kedua, minatmu pada sesuatu yang kamu sukai menurun. Bisa jadi kamu yang dulunya menyukai olahraga, sekarang jadi tak tertarik lagi atau malas mengikuti olahraga. Yang tadinya gemar membaca juga mulai malas membaca buku. Turunnya minat ini juga mempengaruhi kondisi mentalmu, lho.

Advertisement

3. Mudah menangis tanpa sebab

mudah menangis

mudah menangis via https://unsplash.com

Mudah menangis tapi tak tahu sebabnya? Bisa jadi mentalmu sudah sangat tertekan dan membutuhkan pertolongan. Itu adalah cara mentalmu memberitahumu untuk segera bertemu dengan psikolog atau psikiater dan membicarakan masalahmu.

4. Ada niat melukai diri sendiri

Self Injury

Self Injury via https://www.freepik.com

Nah, kalau yang ini sudah bahaya banget. Bila kamu sudah ada niat untuk melukai diri sendiri dengan apa pun caranya, kamu harus benar-benar segera cari pertolongan. Sayangi dirimu sendiri, ya!

5. Merasa sendirian di dalam hidup

Merasa sendirian

Merasa sendirian via https://unsplash.com

Kamu nggak pernah sendiri, percayalah itu. Tetapi kalau kamu sudah merasa sendiri dan kesepian, seakan-akan dunia meninggalkan kamu, ada baiknya kamu mulai cari tahu dengan apa yang terjadi denganmu. Nggak salah kok mencari tahu demi kebaikanmu sendiri.

Advertisement

6. Merasa nggak berarti

Merasa nggak berarti

Merasa nggak berarti via https://unsplash.com

Hey, you're worth it! But sometimes, ada waktunya di mana kita merasa nggak berarti di mata orang lain. Tapi jangan biarkan ini berlarut-larut. Kalau sudah terlalu berlarut-larut dan aktivitasmu terganggu, jangan lupa, segera cari bantuan!

7. Jadi emosional dan suasana hati mudah berubah

suasana hati mudah berubah

suasana hati mudah berubah via https://unsplash.com

Kalau kamu merasa semakin emosional tanpa penyebab yang jelas dan kamu nggak tahu pasti pencetusnya, ada baiknya kamu mulai mempelajari kapan emosi itu muncul.

Kamu bisa mulai mencatat periode perubahan suasana hatimu dan kamu bisa mengkonsultasikannya ke psikolog dan psikiatermu nanti.

Sekali lagi, kesehatan mentalmu itu penting. Jadikan kesehatan mentalmu prioritas dan jangan ragu untuk bertemu profesional. Kamu nggak perlu malu untuk minta tolong dan jangan pedulikan cap negatif di masyarakat tentang pergi ke psikolog atau psikiater.

Semangat, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

mental health and psychology enthusiast. suka nonton anime, tidur, classical head.

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE