#AyoKeUK

United Kingdom adalah sebuah system negara kesatuan yang terdiri dari England atau Inggris, Wales, Scotlandia, dan Irlandia. Negara-negara yang termasuk dalam United Kingdom memiliki banyak tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di sana. Baik tempat yang kental unsur sejarahnya maupun tempat yang memiliki pemandangan super duper indah. Tempat-tempat tersebut dapat menarik wisatawan untuk datang lagi dan lagi tanpa ada kenal jenuh.

Tetapi dari sekian banyak tempat yang memiliki banyak hal yang dapat membuat wisatawan tidak pernah jenuh datang lagi dan lagi ke tempat tersebut. Banyak tempat-tempat yang meskipun sudah memiliki makna seperti keindahan, sejarah yang amat kental dan lain sebagainya. Tetapi tempat-tempat tersebut memiliki makna yang sangat dalam atau makna lebih. Terebih bagi orang yang merasakan makna tersebut dan yang telah kehilangan orang yang mereka sayangi di tempat tersebut. Tempat-tempat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Manchester Arena

Manchester Arena adalah sebuah arena indoor di Hunts Bank di Manchester, Inggris. Terletak di sebelah utara pusat kota, sebagian besar arena berada di atas Stasiun Manchester Victoria.

Pada tanggal 22 Mei 2017, sebuah ledakan terjadi di luar Manchester Arena, Manchester, Britania Raya, pada penghujung konser penyanyi asal Amerika Serikat, Ariana Grande. Ledakan terjadi pada pukul 22:33 waktu setempat, menewaskan 22 orang, dan melukai 59 orang. Seorang laki-laki bernama Salman Abedi. Seorang pria keturunan Libya. Disinyalir menjadi orang yang meledakkan bom tersebut. Manchester Arena ini, akan menjadi saksi bisu meninggalnya orang-orang yang tidak bersalah.

2. Westminster Bridge

Polisi Mengevakuasi

Polisi Mengevakuasi via http://www.2gb.com

Advertisement

Westminster Bridge adalah jembatan lalu lintas di atas Sungai Thames di London, Inggris. Memiliki keindahan dan komposisi warna yang mampu membuat wisatawan berdecak kagum ketika melihatnya.

Pada tanggal 22 Maret 2017, serangan teroris terjadi di Jembatan yang sangat indah ini. Pelaku menabrakkan kendaraan ke pejalan kaki di Jembatan Westminster dan kerumunan orang dekat gerbang istana, lalu menusuk seorang polisi. Pelaku kemudian ditembak mati oleh polisi lain yang menyaksikan kejadian tersebut.

Empat orang termasuk dua pejalan kaki di jembatan, polisi yang ditusuk, dan pelaku dinyatakan tewas. Polisi menyatakan peristiwa penabrakan ini adalah ulah teroris. Padahal jembatan Westminster Bridge adalah jembatan yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Sekarang banyak turis yang meletakkan bunga di tempat kejadian penabrakan tersebut. Sebagai wujud belasungkawa dan rasa sedih yang amat dalam bagi korban.

3. Bandar Udara Internasional Glasgow

Personil Keamanan

Personil Keamanan via https://news.detik.com

Advertisement

Bandar Udara Internasional Glasgow terletka 8 mil (13km) barat pusat kota Glasgow, dekat kota Paisley dan Renfrew di Renfrewshire, Skotlandia, Britania Raya. Glasgow merupakan bandar udara terbesar dan tersibuk di Soktlandia. Bandar Udara Glasgow merupakan bandar udara pertama yang berhasil mencapai 1 juta penumpang dalam jangka waktu sebulan.

Pada 30 Juni 2007, sehari setelah bom mobil di London. Sebuah mobil Jeep Cherokee yang terbakar ditabrakan ke pintu masuk terminal satu. Dua orang melarikan diri sebelum ditangkap oleh gabungan polisi. Insiden ini dikait-kaitkan dengan ulah teroris.

4. London Underground

Sejumlah petugas

Sejumlah petugas via https://dunia.tempo.co

London Underground (juga disebut the Tube atau the Underground) adalah jaringan angkutan cepat listrik yang melayani daerah kota London dan London Raya seperti Buckinghamshire, Hertfordshire dan Essex. Jaringan ini memiliki panjang rute total 402 km dengan 270 stasiun. Underground merupakan sistem angkutan cepat tertua di dunia, sudah mulai beroperasi sejak 10 Januari 1863 pada Metropolitan Railway yang sekarang bagian dari Jalur Lingkar dan Jalur Hammersmith dan City dan Jalur Metropolitan.

Ledakan di salah satu gerbong di London Underground, menyebabkan setidaknya 22 orang mengalami luka-luka dan insiden ini disinyalir sebagai tindakan terorisme, kata kepolisian Inggris. Ledakan terjadi pada pukul 08:20 pagi waktu setempat, Ini adalah kejadian kesekian kalinya terjadi di Inggris.

Tragedi yang tak tahu sedang menyerang dengan strategi atau menyerang tanpa arah dan mengatasnamakan agama, suku atau ras tertentu. Itu semua hanya bisa dijawab oleh seseorang yang dengan keji dan tanpa belas kasihan melakukan ini semua.

5. Borought Market

Bertugas Memperketat

Bertugas Memperketat via https://www.kaskus.co.id

Borought market adalah pasar grosir dan retail makanan di southwark, London, Inggris. Pasar ini merupakan salah satu pasar makanan terbesar dan tertua di London.

Pada tanggal 22 Maret 2017, kejadian ini terjadi sama dengan kejadian penabrakan di Westmister Bridge. Pelaku yang telah melaksanakan aksinya menabrak para pejalan kaki di Westminster Bridge. Lalu keluar dari mobil tersebut dan menyerang membabibuta pengunjung di Borought Market menggunakn pisau. Menurut saksi mata banyak orang yang terluka akibat kejadian penusukan tersebut.

Itulah tempat-tempat yang mungkin sebelumnya memiliki makna seperti keindahan, unsur sejarah yang amat sangat kental dan makna-makna lainnya. Tetapi sekarang tempat-tempat ini memiliki makna sangat mendalam. Terutama bagi orang-orang yang tidak akan pernah meilhat lagi orang yang mereka sayangi untuk selamanya.

Tempat-tempat tersebut dapat menunjukan bahwa tragedi kemanusian baik itu pembunuhan, terorisme dan lain sebagainya. Yang dapat menyebabkan hilangnya nyawa seseorang. Terjadi bukan karena dorongan agama, suku, ras untuk melakukan hal tersebut. Melainkan kejahatan yang terjadi murni dari keinginan pelaku. Karena sehebat-hebatnya seorang motivator tidak bisa memotivasi atau merubah orang yang dia motivasi. Jika orang tersebut tidak ingin berubah.

Jadi dari tempat-tempat tersebut kita harus mempelajari bahwa kekerasan atau kriminalisasi timbul dari dalam diri orang yang ingin melakukan kekerasan atau kriminalisasi tersebut. Bukan karena dorongan atau perintah agama, ras, atau suku. Pengaruh dari luar tidak akan merubah seseorang jika dirinya tidak ingin berubah, peristiwa-peristiwa diatas memberikan efek buruk bagi United Kingdom (UK).

Karena mampu membuat turis atau wisatawan yang ingin berwisata ke United Kingdom (UK) was-was dan merasa takut. Tetapi di sisi lain United Kingdom juga mendapatkan pengalaman yang amat sangat berharga atas kejadian-kejadian mengerikan tersebut. Yaitu dapat memberikan jaminan kepada semua orang baik turis maupun warga sipil bahwa kejadian tersebut takkan terjadi lagi. Karena seindah apapun suatu tempat tidak akan bisa kita nikmati keindahannya bila kita tidak merasa aman.

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Manchester_Arena

https://id.wikipedia.org/wiki/Pengeboman_Manchester_Arena_2017

https://internasional.kompas.com/read/2017/05/23/23310571/salman.abedi.pelaku.bom.bunuh.diri.di.manchester.siapa.dia.

https://en.wikipedia.org/wiki/Westminster_Bridge

https://id.wikipedia.org/wiki/Serangan_Westminster_2017

https://www.tripadvisor.co.id/Attraction_Review-g186338-d211708-Reviews-Houses_of_Parliament-London_England.html

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya