Jalan Jajan seru ke Kota Batu dan Malang merupakan trip pembukaan yang saya lakukan di awal tahun 2016 ini dan memang benar-benar berkesan deh. Saya mau berbagi dengan teman-teman Hipwee tempat-tempat yang harus banget dikunjungin kalau main ke Malang dan Batu.

1. Omah Kayu Paralayang

Wisata Seru Omah Kayu

Wisata Seru Omah Kayu via https://siogie.com

Tujuan pertama di Kota Batu. Omah Kayu Paralayang dapat ditempuh dengan waktu 15 – 20 menit dari The Batu Villas. Sesuai dengan namanya lokasi ini biasanya bisa dipakai untuk olahraga Paralayang, hanya saja waktu kemarin ke sana tidak sempat mencoba karena waktunya sangat mepet.

Advertisement

Akhirnya di sana hanya foto-foto saja. Selain Paralayang ada juga penginapan atau Tree House dengan nama Omah Kayu yang berharga mulai dari Rp. 350.000 / malam dan merasakan sensasi tidur di antara hutan pinus. Ngga usah khawatir dingin karena tersedia 2 kamar mandi umum yang ada water heaternya dan bersih juga.

2. Jatim Park 1 & 2

Jatim Park 1 & 2

Jatim Park 1 & 2 via https://siogie.com

Jatim Park 1 terdiri dan Museum Bagong atau lebih dikenal sebagai Museum Tubuh, 3D Theatre, Kolam renang dan masih banyak lagi. Karena keterbatasan waktu saya hanya mengunjungi Museum Tubuh, yang didalamnya ada berbagai macam penjelasan mengenai organ tubuh manusia (penyebab penyakit dan lainnya). Contoh: ada bagian dari Gigi, kenapa gigi bisa berlubang dan syaraf apa yang rusak atau diserang ketika gigi berlubang.

Ada juga yang namanya ruang Cadaver yaitu tempat organ organ asli manusia yang diawetkan secara medis dengan formalin. Pertama dan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, sayangnya tidak boleh foto-foto didalam ruangan Cadaver untuk menghormati orang yang diawetkan.

Advertisement

Cukup menarik untuk dikunjungi. Selanjutnya adalah Jatim Park 2 yang terdiri dari Batu Secret Zoo, Museum Satwa dan Eco Green Park. Kemarin membeli tiket paket 2 yaitu masuk Jatim Park 2 + Museum Bagong seharga Rp. 85.000 / orang / hari.

3. Museum Angkut

Museum Angkut

Museum Angkut via https://siogie.com

Jarak dari Jatim Park 2 ke Museum Angkut hanyalah 15 menit menggunakan motor. Tempat ini salah satu atraksi yang saya favoritekan untuk di kunjungi jika ke Kota Batu (maklum doyan otomotif). Tiket masuk ke Museum Angkut adalah Rp. 60.000 (hanya museum) atau Rp. 70.000 (museum angkut dengan galeri topeng) *harga weekday, untuk harga weekend hanya selisih Rp. 10.000 saja*

Bagi yang membawa DSLR / Digicam / Action Cam diharuskan membayar lagi sebesar Rp. 30.000. Memasuki pintu utama Museum Angkut sudah terlihat puluhan koleksi yang sangat-sangat luar biasa kerennya dan berbagai merk mulai dari Ford, Porsche, Mercedes sampai dengan Bat Mobile aja ada loh (kerennn kannn). Lebih keren lagi coba deh liat foto-foto saya :p.

Sedikit berjalan ke arah belakang ada semacam jalan yang dibuat semacam Broadway di luar sana dengan mobil-mobil tua yang berjejer di pinggir jalan buat kalian yang pengen ke broadway nggak usah jauh-jauh ke luar negeri. Nih di Museum Angkut ada kok 😀 dan ngga kalah deh kerennya. Capek nggak? Capek! Wong guedeeee kok ini museumnya sampe ke belakang-belakang!

Ada Bat Mobile dan ada Hulk juga yang dirakit dari sparepart bekas mobil dan motor! Keren! Ada mobilnya Scooby Doo pulaaa Hahahahaha. Penyuka film Ghost Rider juga bisa foto bareng sama motornya (dirakit juga dari sparepart usang yang sudah tidak terpakai).

4. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular via https://siogie.com

Batu Night Spectacular atau disingkat BNS sebenarnya berisikan wahana-wahana permainan layaknya Dunia Fantasi (DuFan) di Ancol – Jakarta yang membedakan adalah jam bukanya mulai dari jam 15.00 sampai dengan 23.00 (Weekday). Untuk tiket masuk terusan seharga Rp. 100.000 bisa naik semua wahana kecuali gokart dan beberapa wahana yang saya agak lupa.

Jika hanya ingin masuk tanpa naik wahana cukup membayar Rp. 20.000 saja (saya beli yang ini) :p.Begitu masuk saya langsung menuju ke Taman Lampion karena penasaran sebagus apa sih(?). Masuk ke Taman Lampion harus bayar lagi Rp. 15.000 jika ngga beli tiket terusan, ya sudah apa boleh buat namanya juga penasaran.

5. Kota Malang

Kota Malang

Kota Malang via https://siogie.com

Setelah 2 malam di Kota Batu, hari berikutnya pun saya turun ke Kota Malang dan menginap semalam di sana.

Menjelang makan siang saya berjalan kaki menuju Jalan Pahlawan karena ada bakso bakar yang direkomendasikan oleh supir yang mengantar saya dari Batu ke Malang. Rasa dari bakso bakar di tempat ini tidaklah terlalu istimewa, yang menurut saya enak adalah es cincau hitamnya bikin suegerrrr.

Kebetulan ada teman yang tinggal di Malang jadinya ada yang bisa ngajak jalan dan kulineran, lokasi selanjutnya adalah es krim yang cukup terkenal di malang yang berada di Toko OEN. Es krimnya ga seperti es krim yang dijual di mini market, terasa sekali rasa tradisional dan khasnya, rasa manisnya pun pas dan tidak berlebihan, ya seperti kita makan es krim di Ragusa Jakarta atau Tip Top di Yogyakarta.

Sudah kenyang makan bakso bakar dan es krim di Toko OEN, saya pun diajak ke bundaran Kantor Walikota Malang, sangat tertata rapih dan asri banyak pohon rindang yang mengelilingi serta taman yang hijau didalam lingkar tugu tersebut. Lumayan buat footage video. Hehehehe.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya