Sebagai salah satu destinasi favorit dunia, United Kingdom tidak hanya memberikanmu jawaban tentang makna sebuah senyuman. Tetapi juga akan menawarkanmu dengan curhatan panjang antara dirimu dan masa depan. Menghadirkan beberapa kampus-kampus terbaik di dunia, kota-kota di United Kingdom ini seakan-akan menjadi sebuah jalan untuk melihat gambaran dirimu di masa mendatang.

Kota-kota yang mencetak manusia-manusia berkualitas ini, juga menjadi destinasi wisata favorit internasional lho. Keelokan alam dan kecantikan kotanya menjadi magnet wisata yang dibubuhi untaian ilmu pengetahuan.

Yakin deh, kunjuganmu sekali ke kota-kota ini akan merubah perspektif hidupmu.

Menariknya, beberapa Universitas terbaik di dunia berada di negara ini. Negara manakah itu? Temukan jawabannya di sini!

1. Merangkai Mimpi Di Kota Oxford

Kota tua dan kaya akan sejarah ini terletak di Oxfordshire, Inggris. Kota yang dapat diakses selama 60 menit dari kota London merupakan kota yang memiliki salah satu Universitas tertua di dunia, yaitu Universitas Oxford. Universitas Oxford merupakan Universitas terbaik didunia ini versi Times Higher Education. Kota yang dijuluki sebagai kota pelajar ini didominasi oleh kaum muda yang menggantungkan mimpi di menara-menara Oxford.

Advertisement

Berkunjung ke kota Oxford adalah momen untuk memanjakan pikiranmu dengan bercengkrama diperpustakaan pusat United Kingdom, yang juga menjadi perpustakaan tertua di dunia.Perpustakaan ini dinamankan Bodleian Library yang memiliki koleksi perlengkapan buku, jurnal, dan hal-hal akademis penelitian yang sangat lengkap.

Selain ilmu pengetahuan, kota ini juga menawarkanmu pada kondisi kota yang dipenuhi bangunan-bangunan historis yang terjejer rapi nan asri dan bisa kamu saksikan dimenara St. Mary the Virgin yang menjadi drone untuk melihat kilauan kota Oxord.

Kamu penggemar berat Harry Potter? Cobalah untuk mengunjungi kota Oxford untuk menyaksikan beberapa scene Harry Potter yang memang direkam dikota ini.

Advertisement

Tak cukup dengan itu, keberadaan museum tertua di Inggris juga menjadi daya tarik bagi kamu yang ingin menambah wawasan. Ashmolean Museum of Art and Archaeology yang dibangun pada tahun 1983 menjadi museum tertua di Inggris dengan memiliki berbagai koleksi seni dari Eropa, Mesir, China, karya Islam, alat musik, dan masih banyak lagi.

Walaupun berumur ratusan tahun, museum ini merupakan bangunan kuno ala modern yang dihiasi atrium lebar, dinding kaca yang tembus pandang sehingga memperlihatkan galeri di setiap sudutnya dan juga menyediakan restoran cantik di rooftop.

2. Menata Masa Depan Bersama Cambridge University

Dengan suasana yang indah dan bangunan bersejarah, Cambridge menjadi alasan banyak pelajar internasional yang ingin meraih mimpi di sana. Kota yang memiliki salah satu universitas prestisius di dunia ini menjadi lebih diminati dengan suasan kota yang ramai dan lebih hidup. Dengan mencetak tokoh-tokoh terkenal, wajar saja jika universitas ini menjadi universitas terbaik kedua didunia versi Times Higher Education World University Rankings.

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari London dan bisa ditempuh selama 45 menit membuat kota ini menjadi salah satu destinasi bagi kamu yang menyukai keindahan. Selama perjalanan, kamu akan ditemani dengan keindahan dedaunan pepohonan yang masih terjaga.

Janggal rasanya berkunjung ke Cambridge tanpa menyempatkan diri dan menata hati melalui aliran sungai Cam. Kondisi sungai yang jernih dan masih terjaga membuatnya terlihat lebih menawan. Didukung dengan fasilitas umum seperti beberapa tempat duduk dan pohon-pohon besar di sekeliling sungai membuat lokasi sangat cocok dinikmati bareng pasangan. Untuk menyusuri aliran sungan Cam, di sini telah disediakan perahu-perahu tradisional yang disebut punt.

Pesona sungai Cam akan membuatmu berdecak kagum dan tak henti-hentinya memuja Sang Pencipta

Beberapa landmark terkenal di kota Cambridge yaitu King’s College Chapel, Clare College dan masih banyak lagi, juga menawarkan pemandangan yang berkelas lho.

3. London, Biarkan Aku Menyapamu!

Kota yang menjadi destinasi wisata terfavorit di UK ini, juga menjadi lahan yang mencetak manusia-manusia berkualitas. London, kota metropolitan yang menjadi ibukota Inggris ini merupakan kota yang memiliki kampus terbaik ketiga dibenua Eropa dan menduduki peringkat kedelapan sebagai universitas terbaik didunia lho. Mana nih penggemar kota London?

Imperial College London adalah perguruan tinggi negeri riset di Inggris. Kampus ini dulunya merupakan bagian dari Universitas London namun kemudian ia berdiri sendiri sebagai institut pada ulang tahunnya yang ke-100.

Hmmm, aku ingin jalan-jalan aja-ajalah. Tapi kemana yaa?

Berkunjung ke London, adalah jawaban bagi kamu yang selama ini bingung untuk mencari lokasi liburan. Kota yang dinobatkan sebagai destinasi wisata tebaik kedua di dunia ini versi tripadvisor.com, memiliki segala yang kamu inginkan. Tak ada salahnya bagimu untuk memanjakan jiwamu dengan berkunjung ke landmark menarik seperti Buckingham Palace, Tower of London, dan di Big Ben yang menjadi lokasi terpopuler di kota London.

4. Warna-warni kota Birmingham

Birmingham

Birmingham via https://www.google.com

Sebagai kota metropolitan yang menjadi pusat industri di Inggris, Birmingham merupakan destinasi wisata yang menggiurkan. Dihiasi shopping center terbesar menjadikan kota ini lebih berwarna. Di kota ini juga terdapat landmark populer seperti Birmingham Museum and Art Gallery, Birmingham Science Museum, dan masih banyak lagi.

Dalam dunia pendidikan, kota ini juga mampu bersaing dikancah internasional dengan salah satu universitas terbaiknya yaitu Universitas Birmingham.

5. University College London

Masih di London, peradaban negara yang modern membawa kota ini menjadi salah satu universitas pencetak manusia-manusia berkualitas. Di Universitas ini, terdapat dua puluh delapan persen dari total keseluruhan mahasiswa UCL yang notabenenya merupakan mahasiswa internasional.

London memang tiada duanya….

Itulah beberapa kota menarik yang tidak hanya melebarkan senyummu tetapi juga merangkulmu dengan dengan pengetahuan.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya