Apa kalian pernah melihat di pemain di drama Korea Selatan mengenakan kaus kaki saat tidur? Mungkin banyak yang mengira menggunakan kaus kaki hanya untuk mengatasi udara dingin. Padahal, masih banyak lho manfaat yang bisa kalian dapatkan.

Menurut National Institute of Health, tidur sangat diperlukan oleh manusia agar tubuh dan otak berfungsi dengan baik. Sangat penting untuk tubuh mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Nah, kaus kaki akan membantu kalian dalam hal ini. Cocok digunakan bagi kalian yang memiliki masalah kesulitan tidur.

Selain itu, menggunakan kaus kaki saat tidur juga memberikan dampak pada kesehatan kulit kaki kita, lho. Mulai dari mencegah jamur, tumit pecah-pecah dan menghaluskan kulit kaki. Untuk penjelasan selengkapnya, kalian bisa simak di bawah ini.

1. Mengatur suhu tubuh tetap hangat

Kaus Kaki Memberi Kesan Hangat dan Nyaman

Kaus Kaki Memberi Kesan Hangat dan Nyaman via http://bit.ly

Saat cuaca dingin, biasanya tidur akan terganggu. Kalian akan banyak bergerak, baik untuk membenarkan selimut atau pergi ke kamar kecil. Udara dingin dapat dikatakan sebagai musuh berat tidur nyenyak. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian dapat menggunakan kaus kaki saat tidur.

Advertisement

Dengan menggunakan kaus kaki, tubuh akan terasa lebih hangat. Rasa hangat tersebut akan memicu respon vasodilatasi, yakni pembuluh darah yang tadinya menyempit akan melebar. Kalian bisa menggunakan kaus kaki tebal yang terbuat dari wol. Selain itu, pastikan pilih kaus kaki yang lembut agar tak mengganggu tidur kalian.

2. Membuat tidur lebih cepat dan nyenyak

Tidur Jadi Lebih Pulas Dengan Kaus Kaki

Tidur Jadi Lebih Pulas Dengan Kaus Kaki via http://bit.ly

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengenakan kaus kaki saat tidur akan terlelap lebih cepat dan lebih baik. Hal ini merupakan efek dari vasodilatasi yang terjadi ketika mengenakan kaus kaki. Seperti diketahui, suhu tubuh akan mulai menurun menjelang malam. suhu tersebut akan mempengaruhi jam biologis tubuh yang mengendalikan waktu tidur sehingga membuat seseorang merasa mengantuk dan lebih cepat tidur. Ketika seseorang mulai tertidur, suhu tubuh akan menurun sebanyak satu hingga dua derajat celcius.

Nation Sleep Foundation mengungkapkan bahwa menghangatkan kaki sebelum tidur membantu memberi sinyal pada otak bahwa sekarang adalah waktu tidur. Nah, bagi kalian yang mengalami susah tidur, kalian bisa mencoba menggunakan cara ini.

3. Mencegah penyakit Raynaud

Dengan Kaus Kaki Penyakit Mampu Dihindari

Dengan Kaus Kaki Penyakit Mampu Dihindari via http://bit.ly

Advertisement

Selain membuat tidur lebih nyenyak, mengenakan kaus kaki saat tidur dapat mencegah raynaud. Penyakit tersebut merupakan suatu kondisi yang memengaruhi pembuluh darah di kulit saat kedinginan atau stres. Saat serangan ini terjadi, aliran darah ke tangan atau kaku menjadi berkurang sehingga mati rasa dan kulit berubah warna menjadi biru atau putih.

Dengan mengenakan kaus kaki saat tidur, pemicu raynaud yang dipicu oleh udara dingin dapat dicegah. Hindari mengenakan kaus kaki yang ketat karena akan mengurangi sirkulasi udara. Selain itu, cara lain yang dapat kalian lakukan adalah meletakkan botol air hangat di bawah kaki atau mandi dengan air hangat.

4. Mencegah tumit pecah-pecah dengan kaus kaki

Melindungi Kaki dari Tumit Pecah

Melindungi Kaki dari Tumit Pecah via http://bit.ly

Tumit pecah-pecah merupakan permasalahan kulit yang membuat sebagian orang tidak percaya diri. Tumit yang pecah-pecah membuat kita ragu untuk menggunakan sepatu yang terbuka. Kondisi ini dapat dicegah dengan menggunakan kaus kaki saat tidur.

Salah satu penyebab tumit pecah-pecah adalah cuaca dingin. Kondisi yang dingin pada ruangan dapat membuat kulit menjadi kering dan menyebabkan tumit yang pecah-pecah. Dampak negatif cuaca dingin dapat dicegah dengan kaus kaki tersebut.

5. Infeksi jamur dan bakteri dapat dicegah

Kaus Kaki Membuat Kuman Jadi Lari

Kaus Kaki Membuat Kuman Jadi Lari via http://bit.ly

Manfaat lainnya dari mengenakan kaus kaki saat tidur adalah mencegah munculnya infeksi jamur dan bakteri. Debu yang menempel di kaki mengandung banyak bakteri dan jamur yang akan menimbulkan infeksi pada kaki seperti kadas, kurap dan gatal-gatal. Nah, maka dari itu, gunakan kaus kaki yang memiliki bahan menyerap keringat, ya. Pasalnya, keringat juga jadi salah satu pemicu timbulnya jamur.

6. Hot Flashes dapat dicegah dengan mengenakan kaus kaki saat tidur

Fenomena Menopause Pun Terhindar Dengan Kaus Kaki

Fenomena Menopause Pun Terhindar Dengan Kaus Kaki via http://bit.ly

Sebagian wanita yang menopause biasanya mengalami hot flashes. Hal tersebut terjadi karena fluktuasi hormon (naik dan turunnya hormon) yang mempengaruhi suhu tubuh. Gejalanya meliputi sensasi hangat menyebar ke seluruh tubuh, berkeringat, denyut nadi meningkat dan wajah memerah. Nah, kalian dapat menggunakan kaus kaki selama tidur mampu menstabilkan suhu tubuh inti, termasuk mencegah adanya hot flashes.

7. Atasi keringat berlebih di kaki

Kaki Terselamatkan Dari Keringat Berlebihan

Kaki Terselamatkan Dari Keringat Berlebihan via http://bit.ly

Keringat kerap muncul berlebih pada kaki saat tidur. Hal tersebut tentunya akan mengganggu waktu tidur. Keluarnya keringat tersebut secara berlebih tersebut sering disebut dengan hiperhidrosis. Saat adanya keringat, kaki akan terasa lengket dan tidak nyaman.

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian dapat menggunakan kaus kaki. Kaus kaki akan menyerap keringat berlebih pada kaki sehingga menjadi lebih kering. Kaki juga tidak akan bau.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya