Dalam hidup, tidak semua orang di dunia ini termasuk didalam lingkunganmu mau ataupun paham terhadap keadaanmu, guys. Bahkan, sering kali orang-orang memandang rendah terhadap kita. Entah itu di lingkungan rumahmu, di lingkungan sekolah atau kampusmu, atau bahkan di lingkungan tempat kerjamu. Orang-orang dengan pandangan seperti ini tentu saja akan membuatmu merasa tidak berharga. Kamu selalu dianggap tidak memiliki nilai sama sekali, bahkan ketika kamu berada di hadapan orang-orang, seringkali orang-orang ini bersikap merendahkan walaupun hanya sekadar dengan candaan ataupun mungkin dengan sindiran.

Guys, diremehkan memang sakit, sakit banget. Nggak berdarah, nggak berupa tapi sakitnya nggak ketulungan. Meskipun begitu, ada baiknya kita tidak perlu memikirkan dan memasukannya ke dalam hati. Anggaplah hinaan dari orang-orang yang meremehkanmu adalah sebagai amunisi atau “bahan bakar” untuk lebih memotivasi diri dan melakukan sesuatu yang lebih hebat lagi.

1. Cemooh mereka adalah penyemangat untuk menjadi lebih baik dari mereka

Guys, mari pahami dan resapi kalimat ini dalam-dalam.

Advertisement

“Jangan pernah membalas perbuatan mereka yang memandangmu sebelah mata. Karena itu hanyalah membuang waktumu, pikiranmu dan tenagamu”.

Cobalah untuk belajar bersikap lebih cuek dan tidak peduli terhadap perkataan mereka. Karena perkataan mereka sudah dapat dipastikan justru akan membuat mentalmu down. Tunjukkan kepada mereka bahwa kamu bisa dan akan selalu terus berusaha untuk melakukan yang terbaik, bahkan lebih baik dari anggapan mereka. Bisa jadi yang mengganggapmu sebelah mata selama ini, akan takjub saat melihat perubahanmu nanti.

2. Tersenyumlah, meskipun kamu telah diremehkan

Advertisement

Buatlah mereka yang meremehkanmu merasa tersiksa, dengan cara menampakkan wajah penuh senyum. Tunjukan pada mereka bahwa kamu masih dapat bahagia walaupun mereka terus memberikan komentar jelek, memandang sinis kepadamu, bahkan sampai tidak menganggapmu di tempat kerjamu atau bahkan di lingkunganmu.

Orang yang meremehkanmu atau memandangmu sebelah mata sebetulnya adalah orang-orang yang iri atas usaha atau pencapaian yang selama ini telah kamu lakukan, untuk membuat dirimu lebih berkembang. Karena mereka takut tersaingi olehmu, maka dari itu biasanya mereka akan mencari segala cara untuk menjatuhkan dirimu. Termasuk memutarbalikan fakta tentang bagaimana dirimu.

3. Jangan buang-buang waktu untuk mengurusi hal yang tidak penting

Memang, hidup di dunia ini hanyalah sebentar dan bersifat seementara. Maka dari itu, manfaatkanlah waktumu yang berharga. Selagi masih ada untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positf, lakukanlah hal-hal yang berbau positif guys. Kembangkan dirimu sebaik mungkin. Daripada hanya sekedar mendengarkan penilaian mereka tentang dirimu yang hanya akan membuatmu pusing dan sakit hati ada baiknya waktu tersebut kamu gunakan untuk mengembangkan dirimu.

Tunjukan kepada mereka bahwa semakin mereka mencacimu, maka kamu akan semakin bahagia meskipun mereka menjelek-jelekan dirimu.

4. Saat kamu diremehkan, jangan terlalu memendamnya dalam hati

Terlalu memikirkan ucapan yang buruk tentang diri kita kemudian memendamnya dalam hati justru hanya akan membuat diri kita terlarut dalam kesedihan dan membuat kita stress. Kejengkelan yang dipendam kan berubah menjadi benci, alhasil kita justru akan cenderung membenci orang-orang yang meremehkan kita karena kita berpikir bahwa mereka adalah orang-orang yang jahat,.

Sebelu m pada akhirnya kamu berubah menjadi orang yang jahat, alangkah baiknya bila kita tidak menggubris omongan jelek mereka tentang diri kita terlalu keras, terlebih sampai dimasukkan ke dalam hati. Jangan sampai hati kita menjadi sempit karena diisi kebencian. Lebih baik, mari kita ubah perasaan kesal kita menjadi hal yang lebih positif, misalnya dengan menulis di Hipwee.

5. Ambil sisi positifnya dengan memaksimalkan potensi dirimu

Sebelum kita terlarut dalam kesedihan ataupun rasa kesal yang mendalam, ada baiknya kita mengajukan oertanyaan ini kepada diri kita. “Apa yang menyebabkan orang-orang disekitarmu mereemehkanmu?” Bisa jadi, mereka meremehkanmu karena melihat sesuatu yang kurang dari dirimu. Sehingga kekuranganmu dihadikan celah untuk menjatuhkanmu.

Untuk itu, kamu perlu berusaha lebih keras lagi agar kekurangan yang kam miliki tidak menjadi bahan hinaan bagi mereka. Caranya? Dengan lebih giat memperbaiki diri. Tidak perlu menjadi pribadi yang sempurna, cukup berusaha untuk terus menjadi yang terbaik.

6. Tunjukkan bahwa selama ini mereka telah salah menilai orang

Di setiap ligkungan terdekat kita, entah pada lingkungan kerja,kuliah atau apapun pasti akan ada orang yeng selalu meremehkanmu. Akan selalu ada orang yang menganggapmu tidak mampu, tidak cekatan, tidak aktif, dan sejumlah penilaian buruk lainnya yang siap mereka tempelkan pada imagemu.

Guys, kalau ada yang begitu, trust me! Biarkan saja, biarkan mereka menjustifikasi  diri kita dengan penilaian dan asumsi yang mereka inginkan. Karena apa? Karena mereka akan tahu dengan sendirinya bahwa orang yang mereka remehkan saat ini justru adalah orang yang akan menolong mereka suatu saat nanti.

7. Berterimakasihkah pada orang-orang yang meremehkanmu

Ketika kamu berhasil meraih impin dan kesuksesan, jangan lupa untuk berterima kasih kepada mereka yang telah meremehkan dan merendahkanmu. Karena merekalah, pemicu perjuanganmu selama ini. Jika kamu tidak dihina, tidak dipandang sebelah mata, tidak dihargai dengan baik, mungkin saat ini kamu akan tetap berada di 'zona nyaman' tanpa tahu apa artinya pengorbanan. Tunjukkan tindakan berterima kasih disertai dengan senyum lebar penuh kemenangan terhadap mereka yang dulu menganggapmu sebagai orang tak berguna.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya