#HipweeDaebak-The School Nurse Files, Drama Fantasi Unik dengan Kemunculan Jeli-Jeli.

Review drakor The School Nurse Files

Selama masa pandemi, banyak hal yang dilakukan oleh kaum millenial dan juga emak-emak. Mulai dari kerja dari rumah, belajar online, dan lainnya. Mayoritas kita pasti butuh hiburan dalam masa pandemi ini. Salah satunya adalah dengan menonton drakor.

Selama masa pandemi, drakor alias drama Korea mulai digemari oleh kaum muda bahkan dewasa. Apalagi ketika drama The World of the Married muncul, popularitas drakor semakin naik. Stasiun-stasiun TV mulai berlomba menayangkan drama Korea, juga platform streaming online. Belum lama ini, Netflix meliris sebuah drama baru berjudul The School Nurse Files. Ya! drama ini merupakan drama original Netflix, selain Kingdom 1 dan 2, My Holo Love, atau Extracurricular.

Memang, beberapa bulan ini Netflix banyak meliris drama Korea baru seperti Its Okay To Not Be Okay, dan Record Of Youth, tapi kedua drama itu bukanlah drama original Netflix.  The School Nurse Files bercerita tentang An Eun-Young (diperankan oleh Jung Yu-Mi) adalah guru perawat baru di sekolah. Dia memiliki kemampuan khusus untuk melihat jeli (jelly) seperti monster yang terbuat dari sisa keinginan manusia dan dia juga bisa membasmi jeli tersebut.

Eun-Young menggunakan pisau mainan dan senapan BB untuk mengeluarkan ubur-uburnya. Dia bisa merasakan bahwa peristiwa misterius terjadi di sekolahnya. Sementara Hong In-Pyo (diperankan oleh Nam Joo-Hyuk) adalah seorang guru bahasa Mandarin di sekolah yang sama. Hong In-Pyo memiliki energi khusus. Untuk melindungi para siswa, An Eun-Young dan Hong In-Pyo bekerja sama untuk membasmi jeli-jeli ini.

Drama yang diadaptasi dari novel yang berjudul Bogungyosa Aneunyoung (2015)karya Jung Se-Rang ini disiarkan perdana di Netflix pada 25 September 2020. The School Nurse Files memiliki ciri khas unik yang membuatnya berbeda dari drama lainnya. Yuk simak 5 kekurangan dan kelebihan drama ini versi saya.

Advertisement

1. Drama Fantasi yang Unik

Drama Fantasi yang Unik

Drama Fantasi yang Unik via http://Netflix.com

Yang membuat drama ini unik adalah jeli-jeli yang tidak terlihat tapi berbahaya bagi manusia. Bagaimana tidak? Jeli di sini digambarkan memiliki tubuh yang lucu dan ada juga yang menyeramkan. Dari segi penceritaan juga menarik, drama fantasi ini dikemas dengan gaya horror di beberapa bagian, sehingga penonton juga akan merasakan ketegangan di beberapa scene.

Apalagi drama ini yang mengambil latar tempat sebuah SMA. Tentunya ada beberapa permasalahan yang relate dengan remaja-remaja saat ini seperti jatuh cinta, persahabatan, dan bullying yang digambarkan dengan adanya peran jeli pada setiap permasalahan tersebut.

Advertisement

Dibandingkan dengan drama Korea bergenre fantasi lainnya, saya merasa bahwa drama ini memiliki keunggulan tersendiri. Jika kebanyakan mengangkat tema romance, di drama ini porsi romance-nya cukup minim dan tidak berlebihan.

2. Awalnya kebingungan, lama-lama menegangkan

Awalnya kebingungan, lama-lama menegangkan

Awalnya kebingungan, lama-lama menegangkan via http://Netflix.com

Mungkin, kamu akan merasa kebingungan di episode awal drama ini. Mulai dari siswa yang memanjat pagar rooftop, seperti yang kita lihat di trailer. Kita akan merasa aneh dengan para siswa itu.  Namun, perlahan demi perlahan, mulai dari episode ketiga hingga terakhir, kita akan diajak berpikir, “kenapa dia bisa melakukan hal tersebut?” Dan kita akan diajak untuk mendalami karakter masing-masing tokoh di drama tersebut.

3. Penuh Misteri dan Teka-Teki

Penuh Misteri dan Teka-Teki

Penuh Misteri dan Teka-Teki via http://Netflix.com

Ya! kamu akan diajak untuk mencari tahu lebih dalam tentang permasalahan di drama ini. Detail-detail kecil di episode awal pada akhirnya akan menjadi jawaban di episode terakhir. Saran saya, sebaiknya kamu menonton drama ini dengan fokus dan tidak dipotong-potong agar bisa paham dengan alur ceritanya. Mungkin drama ini kurang cocok untuk kamu yang tidak suka dengan drama yang penuh plot twist.

Advertisement

4. Ending yang Tidak Terduga

Ending yang Tidak Terduga

Ending yang Tidak Terduga via http://Netflix.com

Jika kamu tidak fokus dengan detail-detail kecil di awal episode, mungkin kamu akan merasa kaget dengan ending-nya yang tidak terduga. Sebagian penonton yang fokus pun mungkin akan tidak menyangka bahwa ending-nya akan seperti itu. Drama ini sukses membuat kita bingung, kaget, dan tertawa dalam tiap episodenya.

5. Makna Jeli yang ternyata adalah Keinginan Manusia

Makna Jeli yang ternyata adalah Keinginan Manusia

Makna Jeli yang ternyata adalah Keinginan Manusia via http://Netflix.com

Para penonton pasti akan bingung dengan karakter jeli di sini. Dibilang virus, tapi tidak mematikan. Dibilang hantu, tapi tidak menakutkan. Lalu apa? Ternyata, menurut sang pembuat novelnya, monster jeli di drama ini terbuat dari sisa-sisa keinginan manusia, dan memiliki bentuk serta kepribadian yang unik. 

“Saya pikir tidak ada yang semurni dan mudah terkontaminasi seperti sebuah keinginan. Keinginan bisa lebih menakutkan dari monster atau hantu manapun,” kata Chung Se Rang, dilansir Kumparan.

Itulah 5 kelebihan dan kekurangan drama “The School Nurse Files” versi saya. 

Saya rasa drama ini sebaiknya ditonton dua kali agar bisa benar-benar paham dengan alur ceritanya. Menonton bersama teman atau keluarga juga pilihan yang tepat.  Siapkan diri kamu dan nikmatilah drama ini dengan pikiran yang lepas agar bisa menontonnya dengan fokus.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pelajar SMP Kelas 9, di SMP Al-Hasra. Suka menulis, edit video, dan yang berkaitan dengan teknologi. Sudah pernah nulis di beberapa platform, kebanyakan menulis review film dan series juga drama.

CLOSE